05
Mar
17

ATSI ITB 1968 : Politik Kemakmuran Persada Indonesia

Politik

Suara Warga: Politik Kemakmuran Persada Indonesia

Pandji R Hadinoto/Foto nusantaranews (Istimewa)

NUSANTARANEWS.CO, Jakarta – Alumni Sipil Institut Teknologi Bandung Angkatan 1968 (ALSI-ITB 1968), Pandji R Hadinoto‎, menilai idealitas kemakmuran persada/bumi Indonesia dapat diketahui dari kearifan lokal. Sebagaimana sebuah ungkapan “Mamuyu Hayuning Bawono” yang artinya mengelola, menjaga dan melestarikan alam semesta untuk kepentingan kesejahteraan seluruh penghuni alam semesta termasuk manusia.

Adapun Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Huud (11) : 61 berfirman “Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu memakmurkannya”. Juga dalam QS Asy-Syura (26) : 183 “Dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya, dan janganlah kamu merajalela dimuka bumi dengan membuat kerusakan”, serta QS Al-A’raf (7) : 56* ‘Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah Allah memperbaikinya”.

“Oleh karena itulah, sebagaimana diungkap oleh kolega kami dari ALSI-ITB 1968, Jalan Ganesha No 10 Bandung) tentang rekaman video ikhwal apungan sampah/limbah ulah manusia yang banyak, masif dan panjang terus menerus mengalir di anak sungai yang bertemu ke sungai Citarum, menggugah kami memberikan Advokasi Sosial Teknik (AdSosTek) kepada masayarakat,” kata Pandji di Jakarta, Sabtu (4/3/2017).

AdSosTek tersebut, tambah Pandji, sebagai amalan anak bangsa kepada negarabangsa dalam rangka Home Coming 50 Tahun ALSI-ITB 1968 pada tahun 2018 yang akan datang, sebagai berikut:

Pertama, bahwa Gerakan Rakyat Pedesaan Daerah Aliran Sungai (GeRakDesa DAS) penting didayagunakan berbasis swakarsa seoptimal mungkin dalam turut serta peduli lingkungan hidup terkendali baik dari udik ke hilir sungai bagi kepentingan Kemakmuran Persada/Bumi setempat

Kedua bahwa langkah taktis GeRakDesa DAS adalah pengoperasian jaring2 sekat terkonstruksi sedemikian rupa sebagai penghambat/penangkal apungan sampah2 sungai ulah manusia itu sekaligus berperan sebagai sumber pengepul sampah2 bernilai ekonomis‎ (peran ganda).

Ketiga, bahwa peran pembinaan/pendampingan kelembagaan kewirausahaan pedesaan oleh PemDes/PemKab/PemKot/PemDa melalui BUMDes adalah strategis bagi pendayagunaan sumber2 ekonomis pedesaan DAS dalam hal ini pemanfaatan sampah2 terpilih/terpilah organik non organik termasuk pengorganisasian pemasaran ke pusat2 pengelolaan limbah ulah manusia‎ termaksud.

“Besar harapan kami, AdSosTek di atas dapat jadi jembatan solusi multi manfaat bagi idewalitas versus realitas dan kiranya disambut baik oleh para pemangku kepentingan ‎Kemakmuran Persada/Bumi di Indonesia mengingat bahwa perihal keterpeliharaan lingkungan hidup juga pada gilirannya merupakan nilai tambah kekayaan non migas NKRI bagi pertambahan sumber-sumber pemasukan devisa nasional, berdasarkan Gotong Royong Pancasila per Pembukaan UUD 1945 dan Bab XIV Kesejahteraan Sosial Batang Tubuh UUD 1945 (BRI Th II, 1946 jo LNRI No 75 Th 1959),” harap Pandji. (rep)

Editor: Sulaiman

pancasila-mercusuar-dunia_01

Politik Kemakmuran Persada Indonesia

ilustrasi / warkopanime.com

SHNet – IDEALITA Kemakmuran Persada/Bumi dikenali dari kearifan lokal sebagai ungkapan “Mamuyu Hayuning Bawono” yang artinya mengelola, menjaga dan melestarikan alam semesta untuk kepentingan kesejahteraan seluruh penghuni alam semesta termasuk manusia.

Adapun Allah SWT memfirmankan *QS Huud (11) : 61* “Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu memakmurkannya”, *QS Asy-Syura (26) : 183* “Dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya, dan janganlah kamu merajalela dimuka bumi dengan membuat kerusakan” dan *QS Al-Ar\’fat (7) : 56* ‘Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah Allah memperbaikinya”.

Oleh karena itulah, REALITA sebagaimana diungkap oleh kolega kami dari ALSI-ITB 1968 (Alumni Sipil Institut Teknologi Bandung Angkatan 1968, Jalan Ganesha No 10 Bandung) tentang rekaman video ikhwal apungan sampah/limbah ulah manusia yang banyak, masif dan panjang terus menerus mengalir di anak sungai yang bertemu ke sungai Citarum, menggugah kami memberikan *Advokasi Sosial Teknik (AdSosTek)* ini sebagai amalan anak bangsa kepada negarabangsa dalam rangka Home Coming 50 Tahun ALSI-ITB 1968 pada tahun 2018 yang akan datang, sebagai berikut :

PERTAMA bahwa Gerakan Rakyat Pedesaan Daerah Aliran Sungai (GeRakDesa DAS) penting didayagunakan berbasis swakarsa seoptimal mungkin dalam turut serta peduli lingkungan hidup terkendali baik dari udik ke hilir sungai bagi kepentingan Kemakmuran Persada/Bumi setempat

KEDUA bahwa langkah taktis GeRakDesa DAS adalah pengoperasian jaring2 sekat terkonstruksi sedemikian rupa sebagai penghambat/penangkal apungan sampah2 sungai ulah manusia itu sekaligus berperan sebagai sumber pengepul sampah2 bernilai ekonomis‎ (peran ganda).

KETIGA bahwa peran pembinaan/pendampingan kelembagaan kewirausahaan pedesaan oleh PemDes/PemKab/PemKot/PemDa melalui BUMDes adalah strategis bagi pendayagunaan sumber2 ekonomis pedesaan DAS dalam hal ini pemanfaatan sampah2 terpilih/terpilah organik non organik termasuk pengorganisasian pemasaran ke pusat2 pengelolaan limbah ulah manusia‎ termaksud.

Besar harapan kami  bahwa *AdSosTek* diatas dapat jadi *jembatan solusi multi manfaat* bagi IDEALITA versus REALITA dan kiranya disambut baik oleh para pemangku kepentingan ‎Kemakmuran Persada/Bumi di Indonesia mengingat bahwa perihal keterpeliharaan lingkungan hidup juga pada gilirannya merupakan nilai tambah kekayaan non migas NKRI bagi pertambahan sumber2 pemasukan devisa nasional, berdasarkan Gotong Royong Pancasila per Pembukaan UUD 1945 dan Bab XIV Kesejahteraan Sosial Batang Tubuh UUD 1945 [BRI Th II, 1946 jo LNRI No 75 Th 1959]

Jakarta, 5 Maret 2017

ALSI-ITB 1968,
Pandji R Hadinoto‎, AdSosTek
http://www.jakarta45.wordpress.com

Saatnya Revolusi Daulat Rakyat Kelola SDA dan Ekonomi …

obsessionnews.com › NasionalTranslate this page

Nov 29, 2015 – Jakarta, Obsessionnews – Demi Kehormatan Rakyat Indonesia kini saatnya … di bumi persada Indonesia yang de jure adalah milik rakyat Indonesia … oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. … Kehormatan Rakyat Republik Indonesia) Dr Ir Pandji R Hadinoto MH, … Politik …

Dec 1, 2015 – Jakarta, Obsessionnews – Demi Kehormatan Rakyat Indonesia kini … bumi persada Indonesia yang de jure adalah milik rakyat Indonesia… … negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. … Kehormatan Rakyat Republik Indonesia) Dr Ir Pandji R Hadinoto MH, Minggu (29/11/2015).

Misi Lebih Besar – Pandji Pragiwaksono

pandji.com/misi-lebih-besar/

Apr 13, 2014 – Mimpi besar kami utk ubah politik Indonesia bisa dibaca di sini. Anies Baswedan & TurunTangan ikut konvensi karena konvensi adalah …

[PDF]intervensi kekuatan politik dan ekonomi dalam pelaksanaan hukum …

download.portalgaruda.org/article.php?article=114715&val…
by DANEDPH DAN – ‎Related articles

migas di Indonesia, globalisasi dan intervensi politik dan ekonomi dalam pembentukan hukum dan ….. persatuan dan keadilan (Panji R Hadinoto, 2005).

Mar 2, 2010 – Indonesia Digdaya Pandji R. Hadinoto, DHN45 (*) sumber … Jakarta, 1908) yang berlanjut menjadi Politik Kebangsaan Indonesia melalui Soempah …. daripada kemewahan tersebab semakin meratanya kemakmuran), dan … tempur kolonialis Portugis, Spanyol dan VOC di bumi persada Nusantara, dlsb.

[PDF]Daftar Isi – Jurnal Konstitusi – Mahkamah Konstitusi

Jun 16, 2011 – Negara Indonesia menegaskan bahwa setiap orang berhak … memuat materi-materi konstitusi yang hanya bersifat politik. Tradisi …… daya alam dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kemakmuran ….. Grafindo Persada, Jakarta, 1994. …… Pertamina selaku Pemohon V, dan Dr. Ir. Pandji R. Hadinoto, PE,.

Feb 1, 2010 – Constitutional Question (Antara Realitas Politik dan Implementasi. Hukumnya) ….. duduk PerkArA. Pemohon adalah perorangan Warga Negara Indonesia yang …… bangsa), SP KEP-FSPSI pertamina, Dr.Ir.Pandji R Hadinoto,PE.,MH., …. dipergunakan bagi sebesar besarnya kemakmuran bersama.
Advertisements

0 Responses to “ATSI ITB 1968 : Politik Kemakmuran Persada Indonesia”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,223,246 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: