05
Jul
16

Kaum Pemuda Indonesia Terlibat Dalam Upacara Bela Negara

Kaum Pemuda Indonesia Terlibat Dalam Upacara Bela Negara

Share on Facebook
Tweet on Twitter

Radarpolitik.com, Jakarta – Organisasi kepemudaan Kaum Pemuda Indonesia (KPI) mengikuti upacara peringatan hari bela negara yang digelar di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, hari ini (Sabtu, 19/12).

Dalam acara tersebut selain unsur KPI, juga dihadiri oleh elemen masyarakat dan kalangan seniman. Upacara ini digelar Kementerian Pertahanan dalam rangka mengenalkan kembali konsep bela negara kepada masyarakat.

Seperti dikutip Halloapakabar.com, dalam sambutannya Menhan Ryamizard Ryacudu menjelaskan, tanggal 19 Desember dipilih mengingatkan sejarah perpindahan kekuasaan Belanda ke tangan pemerintah Indonesia pada tahun 1947. “Bela negara adalah sikap mencintai negara sendiri dengan melakukan apa yang bisa disumbangkan untuk negara,” kata Menhan.

Sementara itu, menurut Majelis Pemuda Indonesia DR. Pandji R Hadinoto mengatakan, pihaknya sangat mendukung konsep bela negara yang menjadi program pemerintah.  “Karena itulah kita selalu siap untuk menjadi kader bela negara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan,” jelasnya.

Anggota KPI yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia sudah diintruksikan untuk mengikuti progam bela negara. “Hari ini kita hadir di lapangan Monas, sebagai bentuk partisipasi aktif dari AMK untuk ikut dalam upacara peringatan hari bela negara,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Kesbangpol Pemprop DKI Jakarta, Ratiyono mengungkapkan, bahwa pendidikan bela negara yang ada saat ini adalah alur yang tepat untuk menuju wajib militer demi menjaga NKRI.

Sedangkan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, mengajak rakyat Indonesia untuk belajar dari sejarah, bela negara bukan saja dengan mengangkat Senjata, tetapi juga berdaulat di bidang politik. Tantangan konkret adalah perdagangan bebas, kejahatan trans internasional.

“Untuk itulah kita harus hadapi sesuai bidangnya masing masing. Lihat bagaimana seorang petani yang berjuang untuk ketahanan pangan, juga merupakan bela negara. Guru yang mendidik dan mencerdaskan bangsa, juga termasuk bela negara.

Kesadaran bela negara tidak tumbuh dengan sendiri, tetapi harus dengan cara kreatif, inovatif. Hanya dengan kebersamaan dalam kemajemukan justru mampu membela negara lebih baik,” paparnya.

Acara bela negara juga memberikan penghargaan kepada anggota masyarakat yang berjasa kepada Malik Hidir dan Umi Wahidah yang mengharumkan nama bangsa atas dedikasi di bidang pendidikan dan temuan ilmiahnya. (hans/rdp)


0 Responses to “Kaum Pemuda Indonesia Terlibat Dalam Upacara Bela Negara”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,060,880 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: