02
Feb
16

Infrastruktur : Kontroversi Kereta Cepat Jkt-Bdg

KBP45 & GP45

Suara Pembaca :

Bela Negara Tegakkan PerPres No 107/2015

PerPres 107/2015 tentang PERCEPATAN Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Cepat Antara Jakarta dan Bandung
(PerPres Kereta Cepat) SECARA KHUSUS mengatur tentang Kereta Cepat.

Dalam pasal 4 ayat 2 PerPres Kereta Cepat tersebut secara eksplisit diatur bahwa pembangunan Kereta Cepat TIDAK mendapat Jaminan Pemerintah.

Oleh karena itu maka adanya pemberitaan seperti “Kontraktor Kereta Cepat Minta Jaminan Negara, Perusahaan ingin pemerintah ikut menanggung kerugian bila proyek gagal” adalah disharmoni dengan pasal 4 ayat 2 PerPres No 107/2015 diatas

Dalam konteks Bela Negara, disharmoni ini perlu segera terkendali dengan konsistensi tegakkan PerPres No 107/2015 tersebut diatas agar tidak jadi bola liar yang bisa mencuat berujung kegaduhan sosial politik yang potensial lemahkan faktor2 Ketahanan Bangsa di dalam negeri apalagi saat rezim MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) penuh beroperasi.

Jakarta, 29 Januari 2016

Pandji R Hadinoto, DHD45 Jakarta
KBP45 KelBes Pejoang45
Editor www.jakarta45.wordpress.com

 

Image result for kereta cepat jakarta bandung

HST Kreasi Ikon Bisnis Properti
Pandji R Hadinoto.

Jakarta – Kalau saja hitungan Ekonomi Teknik HST (high speed train) ternyata tidak mampu penuhi syarat kelayakan sebagai proyek tunggal B2B (business to business), antara lain tercermin dari ide permintaan Jaminan Pemerintah oleh kontraktornya, maka dapat dimaklumi, kalaupun HST dipaksa jalan terus juga, jelas untuk penuhi kepentingan lain seperti reklame/iklan/ikon bagi daya tarik proyek properti kota-kota baru di lintasan HST itu.

“Artinya, HST sebetulnya adalah proyek turunan atau sekunder daripada proyek primer bisnis properti kota-kota baru tersebut, sehingga BEP (break even point) majemuk yang dikejar. Dengan kata lain HST sebenarnya dapat terbebankan ke anggaran biaya reklame/iklan/ikon dari perusahaan-perusahaan pembangun properti kota-kota baru tersebut,” tandas Koordinator Infrastructural Watch Indonesia, Dr Pandji R Hadinoto, Minggu (31/1/2016).

Dengan demikian, tegas Pandji, tidak ada alasan kuat bahwa HST Jakarta – Bandung itu turut dibiayai oleh dana negara qq rakyat yang disalurkan lewat BUMN (badan usaha milik negara) lokal atau PMP (penyertaan modal pemerintah).

“Lebih bijaksana, dana tersebut dialihkan ke keperluan lain yang lebih mendasar dan strategis misalnya peningkatan/penguatan daya produksi dan pemasaran manufaktur lokal bagi medan ‘pertempuran’ MEA (masyarakat ekonomi ASEAN), dan lain sebagainya,” tutur Pandji.

Dalam kesempatan ini, menurutnya, perlu pula dimengerti bahwa proyek-proyek infrastruktur gigantik adalah produk konstruksi dari produk-produk pabrikan/ manufaktur/industri bahan bangunan olahan, galian sumber-sumber daya bahan bangunan alami dan performa jasa-jasa konstruksi berikut jasa-jasa keuangan konstruksi serta lingkungan proyek-proyek terkait,dan lain sebagainya.

“Sehingga kebijakan puncak tentang proyek infrastruktur gigantik seharusnya perlu komprehensif diselenggarakan, tidak cukup parsial per paket-paket kebijakan presidensiil sesuai persoalan yang muncul dadakan. Harapan kami, hal ini dipertimbangkan juga sembari menunggu acara penjelasan pemerintah tentang HST seperti dijanjikan Presiden JokoWi minggu lalu,” harap mantan Aktivis ITB ini. (Red)

Image result for kereta cepat jakarta bandung

Hst Bahayakan Penumpang

Hubungi kami:
 halo[at]suarapembaca[dot]net

Kontroversi HST (high speed train) Jakarta – Bandung tampaknya segera tamat setelah terungkap bahwa lintasannya terletak di wilayah geologis yang labil stuktural seperti melekat resiko bencana alam terkait sesar Baribis, Lembang, Cimandiri dan zona subduksi lempeng di Samudera Hindia termasuk daerah rawan longsor.

Labilitas geologis beresiko perbaikan jalan darat Cipularang yang seluruhnya terbangun di atas permukaan tanah (above ground) dan berbeban dinamis kendaraan sekarang saja sudah jadi fenomena periodik yang potensial, terhadap keselamatan pengendara.

Dan labilitas geologis di lintasan HST yang sebagian di bawah permukaan tanah (under ground) berkandungan dampak beban dinamis 250 km/jam tentunya beresiko lebih tinggi daripada di jalan darat Cipularang . Floating Foundation berbeban dinamis ringan saja bermasalah menerus,
apalagi Floating Tunnel berbeban dinamis berat yang adalah beresiko sangat berbahaya bagi RollingStock HST yang melintas.

Potensi resiko keselamatan penumpang berikut potensi resiko gagal ekonomis yang dibuktikan dengan adanya permintaan jaminan pemerintah oleh kontraktor B2B (busines to busines) seharusnya dipertimbangkan untuk tidak melanjutkan proyek HST tersebut.

Lebih lanjut, pekerjaan perbaikan konstruksi jalan darat Cipularang di muka tanah masih berhitungan waktu yang terukur sedangkan perbaikan konstruksi di bawah muka tanah seperti terowongan lintasan HST dapat tidak terukur secara cermat, sehingga akan mengganggu operasional HST itu sendiri alias disfungsional total sekaligus berpotensi kegagalan bagi performa bisnis HST tersebut.

Harapan kami, pertimbangan-pertimbangan teknis di atas dapat juga diolah dengan baik oleh pihak-pihak pengambil keputusan paling atas mengingat resiko bagi dana publik yang dilibatkan pula di proyek HST ini.

Jakarta, 1 Pebruari 2016
Pandji R Hadinoto
Infrastructural Watch Indonesia
Image result for kereta cepat jakarta bandung

SINDOnews | Kumpulan Berita Kereta Cepat Terbaru

ekbis.sindonews.com/topic/4003/kereta-super-cepat

Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri BUMN Rini Soemarno beda pendapat soal kereta cepat JakartaBandung. Menteri LHK Beri Ruang Izin …

Berita Tag KERETA CEPAT JAKARTA BANDUNG terbaru – Rini Ungkap Alasan Tiongkok Dipilih di Kereta Cepat.

Berita tag Kereta Super Cepat – Pemerintah memastikan tetap melanjutkan kereta cepat JakartaBandung.

Image result for kereta api cepat jakarta bandung

Jan 4, 2016 – Proyek pembangunan kereta cepat antara Jakarta dan Bandung akan dimulai pada 21 Januari mendatang, menurut Sekretaris Kabinet …

Sebenarnya Ini Jaminan yang Diminta dalam Proyek KA …

bisniskeuangan.kompas.com/…/Sebenarnya.Ini.Jamina…

1 day ago – JAKARTA, KOMPAS.com – Jaminan terkait proyek kereta cepat JakartaBandung yang menjadi polemik sebenarnya bukanlah jaminan dari …

Jalan Terjal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (2) – Kompas.com

bisniskeuangan.kompas.com/…/Jalan.Terjal.Kereta.Ce

5 days ago – KOMPAS.com – Hari ini, Kamis (28/1/2016), tepat sepekan Presiden Joko Widodo memulai fase baru proyek kereta cepat JakartaBandung.

Ada Kebohongan Publik Dalam Proyek KA Cepat Jakarta …

sp.beritasatu.com/…cepatjakartabandung/107453

2 days ago – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno menegaskan, proyek kereta cepat JakartaBandung dikerjakan oleh pihak China …

Fokus : Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung – detikFinance

finance.detik.com/…keretacepatjakartabandung/beri…

Kepala Bappenas, Sofyan Djalil ikut angkat bicara soal kereta cepat. Sofyan memandang perizinan untuk HST harus segera dipercepat.

Banyak pihak berkomentar bahwa proyek kereta cepat JakartaBandung meminta jaminan dari pemerintah, padahal sejak dalam awal proyek ini pemerintah …

Image result for kereta cepat jakarta bandung

0 Responses to “Infrastruktur : Kontroversi Kereta Cepat Jkt-Bdg”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,060,880 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: