26
Nov
15

KesMas : Prihatin, Papua Masih Didera Malaria

Prihatin, Papua Masih Didera Malaria

Jakarta – Sungguh memprihatinkan, Rabu pagi (25/11), mendengar berita dari RSUD Mimika bahwa dr Eleonora Lasma Sinaga, dokter PTT di Timika Papua terkena malaria.

“Prihatin kalau membandingkan dengan cerita bahwa penyakit tropis seperti malaria itulah yang antara lain mendorong dibentuknya Sekolah Dokter Djawa tahun 1851 di gedung Rumah Sakit yang kini bernama RSPAD Gatot Subroto,” ungkap Inisiator Majelis PEMUDA Indonesia, Padji R Hadinoto, Rabu (25/11/2015).

“Dan kini mutu kesehatan lingkungan di Papua ada yang masih seperti situasi dan kondisi 165 tahun yang lalu di pulau Jawa,” tambahnya.

Lebih daripada itu, lanjutnya, lokasi penugasan dokter.memang perlu diperlakukan dalam beragam kategori tingkat resiko misalnya seperti sangat rawan (hazardous area), rawan, kurang rawan dan tidak rawan.

“Ketiadaan pengaturan ini dapat dianggap terjadi kelalaian dalam penyediaan jaminan keselamatan kerja bagi pekerja negara oleh pemerintah,” tandas Pandji.

“Dan sungguh pula ironis bahwa 50 tahun Freeport berkiprah di tambang mineral Papua, kesehatan masyarakat Papua ternyata masih didera penyakit tropis seperti malaria ini,” tegas mantan Aktivis ITB ini.

Menurut Pandji, sebaiknya peristiwa malaria tersebut dapat menambah amunisi pemerintah bernegosiasi dengan Freeport khususnya CSR (Corporate Social Responsibility) bagi program-program Kesehatan Lingkungan dan Masyarakat yang lebih berperikemanusiaan yang adil dan beradab serta lebih berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya rakyat di Papua sesuai platform ke-4 Maklumat Nawa Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015 yang lalu. (Red)

 


0 Responses to “KesMas : Prihatin, Papua Masih Didera Malaria”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,062,175 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: