28
Sep
15

Kenegarawanan : UU Desa Ciptakan 74.093 Singapura Di seluruh Indonesia

UU Desa Ciptakan 74.093 Singapura Di seluruh Indonesia
Jumat, 25 September 2015
Salah satu potret desa di Banten (Ist)Salah satu potret desa di Banten (Ist)JAKARTA- Paradigma pembangunan nasional telah mengalami perubahan radikal sejak lahirnya Undang-Undang Nomor 6/2014 tentang Desa. kemudian diikuti komitmen penuh Pemerintah Joko Widodo untuk menjadikan Desa sebagai bagian utama dalam sembilan program prioritas pemerintah (Nawacita). Oleh karenanya, penataan politik nasional harus dimulai dari desa Hal ini disampaikan oleh Peneliti Forum Masyarakat Pemantau Parlemen (Formappi) Tommy Legowo kepada Bergelora.com di Jakarta, Jumat (25/9).
Ia menyebut lahirnya Undang-undang Desa sebagai sebuah revolusi tanpa darah yang terjadi di Indonesia. Dari sisi progresivitas, Undang-undang Desa sangat dahsyat karena terdapat perspektif baru pemerintahan dengan adanya otonomi berjenjang, yaitu otonomi kabupaten kota dan otonomi desa.
“Jika terimplementasi, Undang-undang Desa akan menciptakan 74.093 Singapura di seluruh Indonesia, karena Undang-undang Desa memungkinkan desa membentuk city state yang sebenarnya,” ungkap Tommy.
Tommy menilai perlu dilakukan pengaturan kapasitas desa agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi city state. Artinya, Desa harus didorong untuk bisa membangun seperti halnya sebuah negara/pemerintahan, baik dalam aspek politik, sosial, maupun ekonomi.
“Pertanyaannya sekarang, bagaimana untuk memenuhi kapasitas yang diperlukan untuk aspekpolitik, sosial dan ekonomi? Dalam kondisi inilah peran pemerintah, khususnya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi sangat menentukan,” terangnya.
Baca Lengkap:
__._,_.___

Wah! Negara Ditopang Pajak Pekerja 15 Persen, Orang Super Kaya Hanya 2 Persen
Sabtu, 26 September 2015
Diskusi di luar agenda utama Sidang Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) bertema Goal 10 SDGs Reducing Inequality: Desirable but is it Feasible? yang diselenggarakan International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) dan lembaga masyarakat sipil internasional di Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) pada Dewan Pewakilan Bangsa-Bangsa di New York, 24 September 2015 (Ist)‏Diskusi di luar agenda utama Sidang Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) bertema Goal 10 SDGs Reducing Inequality: Desirable but is it Feasible? yang diselenggarakan International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) dan lembaga masyarakat sipil internasional di Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) pada Dewan Pewakilan Bangsa-Bangsa di New York, 24 September 2015 (Ist)‏NEW YORK- Penyebab ketimpangan di Indonesia adalah akibat dari pendapatan orang super kaya yang berpenghasilan Rp5-10 miliar per tahun yang jumlahnya terus meningkat sementara pembayaran pajaknya rendah hanya 2 persen. Dipihak lain pajak kelompok pekerja mencapai 15 persen. Hal ini disampaikan oleh Ah. Maftuhan, Peneliti Perkumpulan Prakarsa dalam diskusi di luar agenda utama Sidang Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) bertema Goal 10 SDGs Reducing Inequality: Desirable but is it Feasible? yang diselenggarakan International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) dan lembaga masyarakat sipil internasional di Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) pada Dewan Pewakilan Bangsa-Bangsa di New York, 24 September 2015 pukul 15.00 waktu New York.
Diskusi ini menghadirkan 11 pembicara dan dihadiri lebih dari 60 orang dari perwakilan berbagai organisasi masyarakat sipil internasional dari berbagai negara. PBB akan mengadopsi SDG yang terdiri dari 17 target dan 169 sasaran dalam sidang ke-70 yang berlangsung 25-27 September 2015.
Di sisi lain, meski pendapatannya sangat tinggi, kontribusi total pajak dari kelompok super kaya hanya sekitar 2 persen terhadap penerimaan negara melalui pajak penghasilan. Sedangkan sumbangan kelompok pekerja atau kelas menengah mencapai 15 persen terhadap penerimaan negara.
“Tingkat kepatuhan orang kaya untuk membayar pajak rendah,” kata Maftuhan di New York.
Baca lengkap:
__._,_.___

0 Responses to “Kenegarawanan : UU Desa Ciptakan 74.093 Singapura Di seluruh Indonesia”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,062,175 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: