07
Aug
15

Teknologi Rakyat : BIOPORI ENERGI NUKLIR MATAHARI SOLUSI ATASI KRISIS AIR

Logo NasPan45

pdip jatim - sugeng pujianto fraksi pdip jatimSURABAYA – Musim kering yang melanda wilayah Jawa Timur menyebabkan krisis air di beberapa daerah kabupaten seperti Trenggalek, Ngawi dan lain lain. Sebagai solusi mengatasi situasi krisis ketersediaan air ini, Komisi D DPRD Jatim mengusulkan kepada pemerintah Jawa Timur untuk membangun embung dengan tambahan biopori yang menggunakan teknologi metode energi nuklir matahari.

“Teknologi ini murah dan ramah lingkungan. Teknologi ini menggunakan bronjong biopori sebagai medianya,” kata Drs. Sugeng Pujianto, anggota Komisi D, yang juga anggota Fraksi PDI Perjuangan, usai Sidang Paripurna, di Gedung DPRD Jatim, Kamis, (6/8/2015).

Menurutnya, bronjong ini dapat dibuat dengan biaya murah karena hanya memerlukan bahan sesek bambu sebagai bahan utamanya. “Bronjong biopori ini berukuran 1,5 Meter, dengan diameter 40 Cm. Kemudian bronjong biopori ini diisi dengan formula khusus yang bisa menangkap efek nuklir sinar matahari,” urai Sugeng.

Karena bahannya yang sederhana dan cara pembuatannya yang sederhana, maka bronjong ini dapat dibuat oleh rakyat dan bisa dproduksi dalam jumlah yang besar. “Komisi D sangat merekomendasi pembuatan bronjong ini dapat dilakukan secara masif sehingga dapat menciptakan padat karya bagi rakyat,” tambah dia.

Bronjong ini sangat bermanfaat bukan saja untuk menyediakan sumber air di musim kering, tapi juga dapat mengurangi genangan air di musim penghujan. “Bronjong biopori ini memang inovasi hebat yang merupakan hasil kreasi kelompok intelektual fisika dari Jawa Timur. Kita sudah minta Dinas Lingkungan Hidup membuat percontohannya,” jelasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data pemetaan bencana Jawa Timur, sebanyak 24 daerah kabupaten dan kota di Jawa Timur masuk dalam wilayah yang rentan terhadap krisis ketersediaan air. Bronjong biopori ini diharapkan menjadi solusi dalam mengatisipasi dampak kekeringan yang menimbulkan kerugian keekonomian dan kesengsaraan lainnya. (guh)

Advertisements

0 Responses to “Teknologi Rakyat : BIOPORI ENERGI NUKLIR MATAHARI SOLUSI ATASI KRISIS AIR”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,195,878 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: