04
Jul
15

Pangan Sehat : Kurma Mengandung Karbohidrat Kompleks

Kenapa Rasulullah Makan Kurma Waktu Berbuka? (Pembahasan Ilmiah Secara Detail)

kenapa rasulullah menganjurkan makan kurma saat buka puasa

Bukan tanpa alasan ketika Rasulullah mengajarkan kita untuk berbuka puasa dengan kurma, melainkan karena ada hal yang Luar Biasa di dalamnya.

Sebagai salah satu contoh, menurut Indra Kusumah SKL, S.Psi dalam buku miliknya yaitu “Panduan Diet ala Rasulullah” menyatakan bahwa Tak jarang masyarakat melupakan betapa pentingnya kesehatan, padahal jika di umpamakan maka kesehatan itu seakan-akan menjadi mahkota teramat indah di atas kepala orang yang sehat, akan tetapi mahkota itu tidak bisa dilihat kecuali oleh orang yang sedang sakit.

Dengan mengikuti pola makan yang di anjurkan Rasul termasuk mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa, terbukti kini beliau memiliki tubuh yang sehat, kuat, dan bugar.

Karbohidrat Kompleks pada Kurma, Inilah alasan kenapa energi kita tahan lama

karbohidrat kompeks dalam kurma

Karbohidarat dibagi menjadi 2 :

Sederhana = Jenis karbohidrat yang memberi energi lebih cepat, lebih mudah dicerna, tapi energi tersebut cepat habis
Kompleks = Memiliki waktu pencernaan yang lebih lama karena sifatnya yang lebih rumit.

Dalam kurma terdapat Karbohidrat Kompleks, KH kompleks memerlukan waktu lebih lama untuk diubah menjadi energi. Dengan demikian, makanan yang masuk dalam tubuh akan diproses secara perlahan dan tenaga yang terbentuk diperoleh sedikit demi sedikit. Sehingga kita tidak cepat lapar, selain itu energi tersedia dalam waktu yang lebih lama, cukup untuk aktivitas seharian penuh.

Sebaliknya, KH sederhana di proses dengan sangat cepat, menyediakan energi yang cepat pula, tapi akan cepat habis dalam waktu singkat sehingga kita mudah kehabisan tenaga dan lemas.

Kesimpulan:
Saat sahur makanlah makanan berkarbohidrat Kompleks, seperti kurma. Jangan mengkonsumsi KH sederhana karena membuat kita mudah kehabisan energi sehingga cepat lemas.

Kandungan  Kurma, Ada apa Saja ya?


Kandungan yang terkandung dalam 100 gr Kurma :

Karbohidrat 75 gr
Energi 323 kkal/100 gr
Fiber/serat 2,4 gr
Vitamin A 90 IU
Vitamin C 6,1 mg
Vitamin B1 93 mg
Vitamin B2 144 mg
Fosfor 63 mg
Protein 2,35 gr
Lemak 0,43 gr
Asam nikonat 2,2 mg
Zink 1,2 mg
Asam Folic 5,4 mikrog
kalium 52 mg.

Buah anjuran Rasul ini merupakan sumber mineral dan vitamin yang penting bagi tubuh seperti zat-zat yang saya tuliskan di atas, dengan demikian memakan kurma saat bulan ramadhan sama saja kita mengkonsumsi multivitamin yang bermanfaat setiap harinya. Menjadikan kita lebih bernergi, kuat, dan sehat, karena itulah sangat cocok bagi kita yang menjalani ibadah puasa.

Tahukah kamu? 
Fendy Susanto, STP, CPT, CFT seorang ahli gizi dari Nutrifood Research Center menyebutkan buah ini tidak mengandung lemak jenuh, kolesterol, serta sodium sehingga menjadi sumber serat yang teramat baik bagi tubuh kita.

Selain itu ada juga pemaparan dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), bahwa buah ini mengandung polifenol lebih tinggi dari pada buah lain yang Anda konsumsi pada umumnya. Ini disebabkan karena tempatnya tumbuh merupakan tempat yang kering seperti gurun sehingga polifenol lebih banyak terbentuk.

kurma menangkal radikal bebas

Polifenol berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas, radikal bebas sendiri memiliki efek merusak sel-sel dan jaringan dalam tubuh. Radikal bebas sangat banyak ditemukan pada asap rokok dan polusi kendaraan, jadi berbahaya ketika kita terkena radikal bebas seperti pada asap rokok dan asap kendaraan. Selain itu mengurangi resiko penyakit jantung, dan kanker Wah hebat sekali kurma itu :)

Tunggu, JANGAN Berbuka dengan yang MANIS!
lho tadi katanya buah kurma yang manis banyak manfaatnya? Iya, apa yang kamu baca memang benar, tapi baca dulu penjelasannya di bawah ini :
Kita memang di anjurkan mengkonsumsi kurma saat berbuka, namun tidak dengan makanan dengan rasa teramat manis. Buah anjuran Rasul ini memiliki rasa manis yang tidak berlebihan. Lalu apa yang terjadi jika kita mengkonsumsi makanan/minuman dengan rasa yang terlalu manis? Mari simak penjelasan berikut ini :
Tahukah kamu? insulin menurun secara drastis saat kita manjalankan shaum selama seharian.
Ketika makanan dengan rasa manis berlebihan diserap oleh tubuh kita, darah akan berusaha dengan cepat untuk memproduksi insulin dalam jumlah yang Besar. Tingginya kadar insulin membuat kerja pankreas menjadi lebih banyak. Butuh banyak energi dalam proses ini, sehingga konsentrasi energi pada tubuh akan lebih di fokuskan pada pembuatan insulin.

Jangan sampai puasa malah membuat kita jadi gendut

Setelah kadar insulin dan banyaknya gula sudah melewati batas yang dibutuhkan, maka gula akan dirubah oleh insulin menjadi glikogen, glikogen ini lalu akan disimpan ke dalam lemak di bawah kulit kita.
karena banyak makan gula berlebih
Jadi kalian jangan heran jika ada orang yang suka makan makanan manis saat berbuka puasa mudah mengalami penumpukan lemak terlebih pada perut dan juga pinggang. (Bagi yang cewek hati-hati sama menu buka puasa nya ya)
Namun berbeda dengan kurma segar
Rasa manis alami dalam buah-buahan yang tidak berlebih, serta serat yang tinggi memiliki keuntungan, yaitu ketika insulin dalam tubuh cukup rendah kemudian kita memakan ruthabh saat berbuka puasa, menjadikan tubuh mendapatkan asupan gula yang tidak berlebihan, lalu tubuh akan merespon dengan normal, dengan ini insulin yang sebelumnya rendah akan naik secara perlahan. Dengan begitu glikogen tidak langsung disimpan dan menjadikan lemak di bawah kulit.
Apa asupan tepat saat kita tidak memiliki Kurma?
Apabila tidak tersedia Ruthab, maka biasanya Rasulullah akan menggantinya dengan mengkonsumsi air. Air disini dimaksudkan ari putih atau air bening yang belum dicampur dengan sirup, teh, ataupun bahan lain. Kenapa Rasulullah mengganti dengan air?

Menurut penelitian, air putih berfungsi membuat saluran pencernaan kita menjadi siap untuk menerima makanan yang berat seperti nasi. Selain itu masih ada lagi manfaat lainnya, yaitu mempersiapkan usus untuk menyerap makanan dengan lebih optimal.

Kenapa lebih baik meminum air putih tanpa bahan tambahan seperti sirup? ini karena air putih memiliki kinerja yang lebih optimal dibandingkan dengan yang sudah dicampur bahan-bahan lain.
10 Khasiatnya, Sedikit Saja dari Sekian Banyak Manfaat
10 manfaat kurma
1. Tamr berfungsi menjadikan usus lebih kuat serta membantu saluran kencing lebih lancar (apabila kita rebus)
2. Ruthab memiliki pengaruh baik pada saat Ibu sedang melahirkan. Yaitu mengontrol laju gerak rahim serta menambah waktu sistolenya lebih lama (sistolenya yitu kontraksi jantung saat di pompa ke pembuluh nadi). Ruthab juga mencegah terjadinya pendarahan serta mempercepat pengembalian rahim seperti posisi semula, hal ini disebabkan oleh hormone oxytocine.
“Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini” [Maryam : 25-26]
3. Terhadap penyakit gondok, dapat menenangkan syaraf terhadap kelenjar gondok
4. Mengandung vitamin A yang bagus untuk memelihara kelembaban serta kejelian mata, menguatkan kekuatan penglihatan, kekebalan infeksi, dan menenangkan sel syaraf.
5. Dapat mencegah stroke, karena mengandung zat berupa kalium tinggi yang dibutuhkan untuk mengatur denyut jantung, mengatur tekanan darah, dan mengatur konstraksi otot.Para peneliti menyebutkan, mengkonsumsi ekstra kalium dalam jumlah 400mg/hari dapat menurunkan kemungkinan terkena serangan stroke hingga 40%. Ini sama artinya ketika kita memakan Tamr sebanyak 65 gr (lima butir Tamr)
6. Sebagai penangkal racun karena mengandung vitokimia dan zat antioksidan, dengan cara memakan 7 butir kurma setiap harunya.
7. Sebagai sumber energi, yaitu sebanyak 323 kkal dalam 100gr
8. Mencegah terjadinya penyakit kanker usus besar, hal ini disebabkan karena terdapat kandungan serat tinggi sehingga membantu selaput lendir usus serta meningkatkan bahan kimia sehingga dapat mencegah kanker usus besar.
9. Sangat di anjurkan dijadikan menu berbuka puasa, karena membuat tubuh menghasilkan insuline secara perlahan
10. Terdapat karbohidrat kompleks, karena itu kita akan mendapatkan energi yang tahan lama.
Bagaimana Kalau Dijadikan Manisan?
Manisan yang ada di Indonesia ataupun dari hasil import dalam kemasan-kemasan biasanya bukan lagi sebagai “ruthab” hal ini karena sudah terjadi proses pengawetan serta ditambah gula sebagai bahan pengawetnya, karena sudah ditambahkan gula maka kandungan glukosa di dalamnya menjadi berlipat-lipat ganda.
Sepertinya cukup susah mencari manisan dari hasil import yang masih Asli belum ditambahkan gula di dalmnya.
Bijaknya, kita meneliti lebih dulu apakah sudah ditambah pengawet sehingga bertambah kadar gulanya atau belum.
Saya pernah mendengar cerita, ada teman yang pergi ke Timur Tengah. Dia mengatakan kalau memakan kurma “mentah” dengan jumlah banyak akan membuat perut melilit. Entah karena memang perutnya bermasalah atau memang terlalu banyak makan, tapi pastinya Rasulullah menyampaikan sunnah nya hanya memakan 3 butir saja sebagai pembuka.

Yang perlu digaris bawahi ialah, Rasul menyarankan kita makan kurma karena agar perut kita tidak kaget saat menerima makanan berat, serta tidak menjadi sakit perut karena ke kenyangan. Bukankah begitu sahabat Sejarah?

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

“Sesungguhnya telah ada dalam diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah,” (Al-Ahzab [33]: 21).

Dulu umat muslim di dunia hanya mengikuti sunnah Rasul tanpa tahu sebenarnya apa manfaat yang terkandung di dalamnya dalam segi ilmu pengetahuan serta sains karena memang zaman dahulu ilmu pengetahuan tidak se maju seperti zaman sekarang

Namun seiring perkembangan zaman, sekarang banyak sekali penelitian yang membuktikan bahwa khasiat serta manfaat dalam buah kurma sangat besar, bahkan mungkin jika para umat muslim pada zaman dahulu tahu, pastilah keimanan mereka akan bertambah dan bertambah lagi karena tahu dan kagum setelah mengetahui manfaat buah manis yang satu ini.

Dan jika kalian tahu manfaat lainnya, bisa tulis di komentar yang ada di bawah.

Itulah yang bisa saya sampaikan, mohon SHARE ke teman-teman agar mereka juga tahu bagaimana Manfaat sebenarnya dari Kurma. Semoga artikel ini bermanfaat, apabila ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. :)
Salam Sejarah

0 Responses to “Pangan Sehat : Kurma Mengandung Karbohidrat Kompleks”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,062,175 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: