28
Jun
15

Perekonomian : 5 Negara Terbesar Di Dunia pada 2050, Indonesia No. 4 ?

merah-putih

Minggu, 28 Juni 2015 , 06:05:00

Ini Saran untuk JokoWi Demi Selamatkan Ekonomi RI

 Presiden Joko Widodo. Foto: Dokumen JPNN.com
Presiden Joko Widodo. Foto: Dokumen JPNN.com

JAKARTA – Ketua Umum DPP Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi menegaskan, sektor ekonomi Indonesia sudah berat sekali. Bahkan, ia menyebut sudah sampai pada tahapan emergency call. Karenanya, Budi menegaskan, Presiden Joko Widodo harus mengambil langkah cepat agar negeri ini tidak terpuruk lebih dalam.

“Kita harus hati-hati dan kerja keras untuk selamatkan negara dan bangsa ini dari kejadian yang luar biasa,” ungkap Budi dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (27/6).

Dijelaskan Budi, tantangan ekonomi Indonesia benar-benar sangat berat karena melambatnya pertumbuhan hingga melemahnya kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Karenanya, kata dia, memburuknya perekonomian akan berimbas kepada semua pihak.

“Kalau ekonomi memburuk, maka semua terkena kerugian drastis,” ujarnya.

Dia pun mengaku telah menyampaikan secara lisan kepada Presiden Jokowi agar segera mengganti menteri di bidang ekonomi.

“Ya, secara lisan sudah kita sampaikan,” tegasnya.

Juru bicara Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsudin mengatakan kondisi bangsa saat ini sedang dalam keadaan tidak baik.

“Sebagai (partai, Red.) penyeimbang yang baik tentu hal-hal yang baik kita dukung.‎ Tapi situasinya sekarang jauh dari baik,” katanya di kesempatan itu.

“Kita ingatkan agak keras supaya pemerintah mendengar,” timpal Didi. (boy/jpnn)

On 06/24/2015 05:12 PM, Awind wrote:

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/06/24/085751126/Ini.5.Negara.Dengan.Perekonomian.Terbesar.di.Dunia.pada.2050.Di.Mana.Indonesia.

Ini 5 Negara Dengan Perekonomian Terbesar di Dunia pada 2050, Dimana Indonesia ?
Rabu, 24 Juni 2015 | 08:57 WIB
alt
Bloomberg, EIU Daftar negara perekonomian terbesar

KOMPAS.com – Economist Intelligence Unit memprediksi terdapat lima negara yang bakal menguasai perekonomian global pada 2050.

Dalam laporan Economist Intelligence Unit (EIU) sebagaimana dikutip dari Bloomberg, Rabu (24/6/2015), lima negara itu adalah China, Amerika Serikat, India, Meksiko dan Indonesia.

Laporan itu menyebutkan, Meksiko akan menggeser posisi Rusia, sementara Indonesia akan menggeser posisi Italia dalam kurun waktu 10-35 tahun mendatang.

China sebagai negara berpenduduk terbanyak di dunia akan menggeser posisi AS pada awal 2026 dalam hal produk domestik bruto.

“Sisanya, Indonesia, Jerman, Jepang, Brasil, dan Inggris merupakan negara-negara yang berada di urutan selanjutnya,” tulis EIU.

Dalam hal pendapatan per kapita, China diproyeksikan hampir setara Jepang pada tahun 2050, dan berada di bawah pendapatan per kapita AS per 2014.

Masih menurut laporan sama, PDB Asia diperkirakan akan mencapai 53 persen pada tahun 2050, dengan pangsa Eropa menurun. Tapi untuk peningkatan populasi usia kerja, Afrika dan Timur Tengah kemungkinan akan mengalami pertumbuhan signifikan.

“Banyak negara Eropa dan Asia Timur akan mengalami penurunan angkatan kerja, di mana Jepang diperkirakan mengalami penurunan terbesar lebih dari 25 persen. China dan Korea Selatan dapat melihat kontraksi 17 persen menjadi 18 persen pada tenaga kerja mereka, sementara Yunani, Portugal dan Jerman diperkirakan akan turun lebih dari seperlima,” tulis laporan tersebut.

Economist Intelligence Unit juga mengingatkan munculnya dua raksasa perekonomian di Asia harus diimbangi dengan kekuatan politik yang lebih besar. “Mengingat kekuatan ekonomi China dan India, mereka akan mengambil peran lebih besar dalam mengatasi isu-isu global seperti perubahan iklim, keamanan internasional dan tata kelola ekonomi global, ” tulis laporan tersebut.

“Dalam jangka menengah, ini akan membutuhkan support dari kekuasaan dunia yang ada – terutama AS – untuk membiarkan India, dan terutama China, memainkan peran yang lebih besar di panggung dunia dan beradaptasi dengan lembaga-lembaga internasional untuk memungkinkan mereka menggunakan pengaruh yang lebih besar,” tutup laporan Economist Intelligence Unit.


Penulis : Estu Suryowati
Editor : Bambang Priyo Jatmiko
Sumber : Bloomberg
__._,_.___


0 Responses to “Perekonomian : 5 Negara Terbesar Di Dunia pada 2050, Indonesia No. 4 ?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,060,795 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: