07
Jun
15

Kepemimpinan : Kekhilafan Presidensiil

Tempat lahir Bung Karno
Bung Karno : Bapak Dipindah ke Surabaya dan di Sanalah Aku Dilahirkan
Jumat, 05 Juni 2015, 19:06 WIB

Komentar : 19
ANRI
Proklamator Sukarno berkuda sembari menginspeksi pasukan TKR.
Proklamator Sukarno berkuda sembari menginspeksi pasukan TKR.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sejumlah literatur sejarah menyebutkan bahwa Sukarno lahir di Surabaya. Proklamator kemerdekaan RI tersebut pun secara tersirat pernah mengakui lokasi kelahirannya di Kota Pahlawan.

Dalam autobiografi Bung Karno yang ditulis Cindy Adams berjudul ‘Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat’, Presiden RI pertama itu pun membuat testimoni soal tempat kelahirannya. “Karena merasa tidak disenangi di Bali, bapak kemudian mengajukan permohonan kepada Departemen Pengajaran untuk pindah ke Jawa. Bapak dipindah ke Surabaya dan disanalah aku dilahirkan”

Dalam buku ‘Bung Karno Putera Sang Fajar’ karya Solichin Salam, penulis dengan gamblang menceritakan peristiwa lahirnya Bung Karno.

Orang tua Bung Karno yakni Raden Soekemi dan Idayu Nyoman Rai menikah di Bali dengan tata cara Islam. Keluarga Idayu yang notabene seorang hindu dari kasta Brahmana tak terima. Mereka pun diasingkan dari khalayak ramai.

Setelah mealhirkan seorang anak perempuan bernama Soekarmini, Soekemi dan Idayu meninggalkan Bali. Soekemi yang seorang guru dipindahtugaskan ke Surabaya, Jawa Timur. Di Surabaya ini, Bung Karno kemudian dilahirkan.

“Di daerah yang subur serta di kota pahlawan yang masyhur itu – Surabaya – pada hari Kamis Pon tanggal 18 Sapar tahun 1831 windu sanjaya, wuku “wayang”, bertepatan dengan tanggal 6 Juni 1901 di kala fajar menyingsing di Lawang Seketeng (sumber lain mengatakan Bung Karno lahir di gang Pandean III, Surabaya) lahirlah putra dari kandungan Ibu Idayu Nyoman Rai.”

Literatur lainnya, Sukarno Sebuah Biografi Politik karya John D Legge pun mengungkap hal yang sama. Di buku itu tertulis Sukarno dilahirkan usai Sukemi pindah ke Surabaya. “Sukemi mengajukan permohonan dan diizinkan untuk pindah ke Surabaya; dan disanalah Sukarno dilahirkan.”

Sabtu, 6 Juni 2015 – 07:15 wib

Demokrat Pertanyakan Pengetahuan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Okezone)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Okezone)

JAKARTA – Mantan Ketua DPR RI, Marzuki Alie mengaku prihatin dengan kapasitas pengetahuan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) lantaran salah saat menyebutkan tempat kelahiran Presiden Soekarno.

“Sebagai Soekarnois yang melaksanakan cita-cita Bung Karno, harusnya beliau (Jokowi) menguasai Bung Karno secara utuh,” ujar Marzuki kepada Okezone di Jakarta, Sabtu (6/6/2015).

Politikus Partai Demokrat itu menambahkan, menjadi tanda tanya besar kepada publik, apakah pria asli Surakarta, Jawa Tengah itu memang benar-benar titisan dari Soekarno. Seperti yang selama ini dielu-elukan oleh masyarakat.

“Ini tentu menjadi tanda tanya (masyarakat), yang selalu menyatakan Jokowi adalah titisan Soekarno,” cetusnya.

Pertemuan Jokowi dan Habibie

Sebelumnya, saat berpidato di Alun-alun kota Blitar, Jawa Timur untuk memperingati hari lahir Pancasila, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa hatinya selalu bergetar jika datang ke Blitar, tempat kelahiran Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Penelusuran Okezone, tokoh proklamator itu lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901 dan wafat di Jakarta, 21 Juni 1970. Dan Blitar adalah tempat pemakaman Bung Karno, berdasarkan Keppres RI nomor 44 tahun 1970 yang dikeluarkan oleh Presiden RI kedua, Soeharto.

Atas salah sebut tempat kelahiran tersebut, Tim Komunikasi Presiden yang juga penulis pidato Jokowi, Sukardi Rinakit meminta maaf kepada publik, lantaran telah keliru menulis tempat kelahiran dari Soekarno. (awl)

(fmi)


0 Responses to “Kepemimpinan : Kekhilafan Presidensiil”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,060,880 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: