21
May
15

Pangan : Cara Bedakan Beras Asli dan Plastik



Rabu, 20/05/2015 17:11 WIB

 Polisi Ajari Pedagang Cara Bedakan Beras Asli dan Plastik

Imam Wahyudiyanta – detikNews

Polisi Ajari Pedagang Cara Bedakan Beras Asli dan Plastik

Surabaya – Polisi melakukan razia beras terkait beredarnya beras plastik yang berbahaya bagi kesehatan. Polisi juga mengajarkan bagaimana membedakan antara beras asli dan palsu.

Polsek Pabean Cantikan melakukannya di Pasar Babaan Jalan Kebalen. Polisi sengaja melakukan razia ke pedagang pengecer dan bukan di agen. Sebab beras plastik dikabarkan beredar di tingkat pengecer, bukan di agen.

“Pasar ini juga sebagai tempat masuknya beras dari Pelabuhan Tanjung Perak,” kata Kapolsek Pabean Cantian Kompol I Ketut Madya kepada wartawan, Rabu (20/5/2015).

Sejumlah pedagang beras justru belum mengetahui jika ada beras plastik yang sudah masuk ke Indonesia. Beras plastik tersebut biasanya dioplos dengan beras asli dalam peredarannya.

Polisi kemudian mencoba mengajari pedagang cara untuk membedakan beras asli dan palsu. Caranya dengan memasukkan beras ke dalam air dan mengaduknya. Jika ada beras yang mengambang, bisa dicurigai jika beras yang mengambang itu adalah beras plastik.

“Nanti cara ini akan saya coba. Saya juga rugi kalau sampai ketipu membeli beras plastik,” ujar Azizah, salah satu pedagang.

Razia serupa juga dilakukan oleh Pemprov Jatim bersama Polrestabes Surabaya. Razia tersebut dilakukan di empat lokasi berbeda yakni di Pasar Bendul Merisi, Pasar Wonokromo, DTC dan Pasar Tembok.

“Kami masih kesulitan mendeteksi secara langsung beras plastik tersebut karena kami belum punya contohnya. Kami hanya tahu ciri-cirinya saja,” ujar Kepala Seksi Pengawasan Barang Edar dan Perlindungan Konsumen Disperindag Jatim Eka Setyabudi. 

Eka juga menggunakan cara merendam beras untuk mengetahui manakah yang asli dan plastik. Namun Eka menambahkan bahwa cara itu belum valid benar. Jika memang nantinya ditemukan beras plastik dengan cara seperti itu, maka kepastiannya akan diteliti lebih lanjut.

“Jika ditemukan seperti itu, maka akan kami bawa ke laboratorium untuk megetahui kandungannya, apakah benar beras plastik atau tidak,” tandas Eka.
__._,_.___

Posted by: “K. Prawira” <k.prawira@ymail.com>

Kamis, 21 Mei 2015 , 06:30:00

Ingin Tahu Beras Plastik atau Bukan ? Begini Caranya

JAKARTA- Masyarakat Indonesia kini harus lebih berhati-hati saat membeli beras. Pasalnya, kini ada beras plastik yang beredar di pasar. Namun, ada cara mudah untuk mendeteki keaslian beras.

“Cara mengujinya sederhana. Bakar sampel beras tersebut, lihat hasilnya apakah meleleh atau tidak. Jika meleleh itu berarti beras palsu,” kata Menteri Perdagangan, Rahmat Gobel di Jakarta, Rabu (20/5).

Gobel meminta masyarakat juga turun tangan langsung dalam melakukan pengawasan. Dia mengimbau masyarakat segera melapor jika menemukan beras dengan tampilan aneh.

Gobel yakin, cara itu akan mempersempit ruang gerak pengedar beras palsu tersebut. “(Masyarakat) segera lapor, kalau ada laporan saya akan cek langsung,” tandas menteri sekaligus pengusaha itu. (chi/jpnn)

Rabu, 20 Mei 2015 , 06:07:00

Seperti Inilah Bahayanya Jika Makan Nasi Beras Plastik

Hasil masakan beras yang diduga berbahan baku plastik yang berwarna putih bersih dan menggumpal setelah menjadi nasi. Bila dipegang, terasa lembek tapi kenyal. Foto: Ariesant/Radar Bekasi/JPNN
Hasil masakan beras yang diduga berbahan baku plastik yang berwarna putih bersih dan menggumpal setelah menjadi nasi. Bila dipegang, terasa lembek tapi kenyal. Foto: Ariesant/Radar Bekasi/JPNN

SURABAYA – Mulai saat ini, cermatlah memilih beras. Jangan sampai perut kita dipaksa mengonsumsi nasi dari beras plastik. Sebab, beras yang mengandung bahan sintetis sangat membahayakan kesehatan.

Ketua Tim Pangan dan Gizi Jatim Andriyanto mengatakan, plastik bukan merupakan bahan makanan. Sebab, masuknya senyawa plastik ke dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan organ. Misalnya, gangguan hati dan gagal ginjal.

Selain itu, mengonsumsi plastik juga dapat menyebabkan kanker. Sebab, plastik mengandung zat dioksin. Di mana, zat tersebut memiliki sifat karsinogenik. “Efek jangka panjangnya ya kanker,” katanya. Bahkan, dia menambahkan, mengonsumsi plastik juga dapat menyebabkan kematian.

Dia mengatakan, ada sejumlah gejala awal yang harus diwaspadai masyarakat. Mengonsumsi plastik dapat menyebabkan anoreksia atau kehilangan selera makan. Selain itu, gejala lainnya adalah mual dan pusing.

Jika terlalu sering dikonsumsi, kandungan plastik pada beras plastik juga dapat menempel pada lambung. Gejala awalnya perut merasa sakit layaknya orang yang menderita maag. “Tapi jika dibiarkan bisa menyebabkan kanker kolom atau kanker lambung,” jelasnya.

Andriyanto menegaskan, plastik memang tidak layak dikonsumsi. Bahan sintetis hanya boleh digunakan sebagai pembungkus. Itu pun harus dalam pengawasan. “Ada standarnya juga. Tidak semua jenis plastik bisa untuk membungkus makanan,” ujar Andriyanto.

Dengan banyaknya bahaya yang ditimbulkan, Andriyanto mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat membeli beras. Bahkan, pihaknya juga meminta masyarakat untuk melihat dengan jeli beras yang akan dikonsumsi.

Andriyanto menjelaskan, ada tiga kandungan yang terdapat dalam beras. Yakni, karbohidrat, protein, dan vitamin B1. “Kandungan vitamin B itu yang membuat beras berwarna putih pudar,” katanya.

Dia menambahkan, beras sehat dilihat dari warnanya yang tidak terlalu putih dan tidak bening. “Biasanya putih pudar, lalu ada bintik di tengah,” ucap Andriyanto.

Andriyanto berharap pemerintah bisa sigap dengan maraknya peredaran beras plastik. Selain membahayakan kesehatan, mencampur beras plastik ke dalam beras asli sudah masuk ke ranah kriminal.

Sebab, mengoplos beras sangat merugikan konsumen. “Mudah-mudahan pelaku bisa segera ditangkap dan peredarannya bisa dihentikan,” tandas Andriyanto. (rst)


0 Responses to “Pangan : Cara Bedakan Beras Asli dan Plastik”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,063,568 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: