21
May
15

Kenegarawanan : Unjuk Rasa Mahasiswa 20 Mei 2015

Rabu, 20 Mei 2015 , 18:16:00

Mahasiswa Tuding JokoWi-JK Khianati Trisakti

Mahasiswa dari berbagai Universitas menggelar aksi unjuk 

rasa di depan Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/5). Mereka 

meminta Joko Widodo dan Jusuf Kalla mundur dari 

jabatannya sebagai presiden dan wakil presiden. Foto : 

Ricardo/JPNN.com
Mahasiswa dari berbagai Universitas menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/5). Mereka meminta Joko Widodo dan Jusuf Kalla mundur dari jabatannya sebagai presiden dan wakil presiden. Foto : Ricardo/JPNN.com

JAKARTA – Aksi unjuk rasa ratusan mahasiswa yang tergabung dari berbagai kampus dan organisasi berlangsung di depan istana negara, Rabu (20/5).

Berbagai kritik dan ancaman terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo dan wakilnya, Jusuf Kalla terus dilontarkan melalui orasi dan puisi diatas mobil bak terbuka dengan pengeras suara.

Orator yang berasal dari mahasiswa universitas bung karno (UBK) misalnya. Dia menegaskan jika Jokowi-JK telah melakukan kesalahan fatal dengan menyerahkan harga BBM pada mekanisme pasar. Hal itu menunjukkan pemerintah hanya mementingkan asing dan kapitalis.

“Jokowi-JK telah mengkhianati Trisakti Bung Karno. Cita-cita untuk membuat bangsa berdikari di bidang politik, hukum dan ekonomi makin jauh,” teriak orator di depan Istana Merdeka, Rabu (20/5), seperti diberitakan RMOL (grup JPNN).

Beberapa tuntutan yang disampaikan bergantian oleh keluarga besar mahasiswa UBK di antaranya agar pemerintah Jokowi-JK segera mengimplementasikan trisakti secara penuh.

Selain itu, Jokowi-JK juga harus menasionalisasi aset vital negara dan menolak menyerahkan sistem ekonomi diserahkan ke pasar.

“Jadikan hari kebangkitan nasional sebagai momentum menuju Indonesia mandiri dan berdaulat,” demikian orator. (sam/RMOL)

Kamis, 21 Mei 2015 , 06:25:00

Demo Turunkan JokoWi, HMI Kecam Aksi Represif Polisi

Mahasiswa dari berbagai universitas menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/5). Mereka meminta Joko Widodo dan Jusuf Kalla mundur dari jabatannya sebagai presiden dan wakil presiden. Foto : Ricardo/JPNN.com
Mahasiswa dari berbagai universitas menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/5). Mereka meminta Joko Widodo dan Jusuf Kalla mundur dari jabatannya sebagai presiden dan wakil presiden. Foto : Ricardo/JPNN.com

JPNN.com MAKASSAR – Ketua HMI Cabang Makassar, Sulawesi Selatan Hasan Basri Baso tidak menerima perlakuan polisi yang mengamankan aksi peringatan Hari Kebangkitan Nasional di halaman kantor DPRD Sulsel, Rabu (20/5).

Aksi yang juga mengusung menurunkan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla itu diwarnai dengan penangkapan terhadap 15 pendemo.

Menurut Hasan, polisi sudah melewati batas karena melakukan penangkapan dan pemukulan terhadap pengunjuk rasa.

“Saya sangat mengecam tindakan kepolisian yang membabi buta dan memukuli kader HMI. Kami melakukan aksi damai,” ujar Hasan seperti yang dilansir Fajar Online (Grup JPNN.com).

Pada aksi di DPRD tersebut, mulanya berlangsung damai. Namun tiba-tiba berubah ricuh setelah terjadi pelemparan hingga menghancurkan kaca jendela kantor DPRD Sulsel dari arah pengunjuk rasa.

Bahkan beberapa staf DPRD yang masih menjaga di kantornya meminta pengunjuk rasa yang terbukti melakukan perusakan kaca kantor diperoses sesuai hukum yang belaku.

“Bila tidak diproses, maka akan menjadi preseden buruk pada masa mendatang,” ujar staf DPRD yang minta identitasnya tidak dipublikan.

Polisi membubarkan aksi mahasiswa dengan gas air mata dan melakukan penyisiran mencari pelaku pelemparan.

Para pendemo lari ke rumah penduduk di sekitar Jalan Urip Sumoharjo untuk menyelamatkan diri. Saat penyisiran, polisi menahan sedikitnya 15 orang pendemo yang diduga terlibat dalam perusakan kantor DPRD Sulsel.

Beberapa dari mereka ditangkap saat bersembunyi di showroom Gowa Dinasti Motor di depan kantor DPRD Sulsel.  (jai/awa/jpnn)

Advertisements

0 Responses to “Kenegarawanan : Unjuk Rasa Mahasiswa 20 Mei 2015”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,150,513 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: