17
May
15

PusKesMas : Begini Cara Mencegah Batu Ginjal

Logo Mapindo

http://ambonekspres.com/2015/05/13/begini-cara-mencegah-batu-ginjal/

13 May, 2015

Kesehatan

Begini Cara Mencegah Batu Ginjal

Semua orang pasti ingin terhindar dari penyakit batu ginjal. Pasalnya, batu ginjal sangat berbahaya bagi kesehatan. Ketika batu ginjal membesar dan terjebak di saluran kemih, hal itu bisa menyebabkan sakit parah, membatasi aliran urin dan berpotensi menyebabkan infeksi, Berikut tips mencegah batu ginjal

  1. Tetap terhidrasi

“Penyebab terbesar dari batu ginjal adalah dehidrasi. Mineral dari makanan yang kita makan, seperti kalsium, oxylate, fosfat atau asam urat, mengkristal ketika tidak ada cukup cairan dalam tubuh untuk mencairkan mereka,” kata direktur endourologi, Dr. Julio Davalos, seperti dilansir laman Fox News, Senin (11/5).

Pasien dengan riwayat batu ginjal perlu mengonsumsi sekitar tiga liter cairan setiap harinya, sebaiknya air putih. Urine yang berwarna gelap merupakan tanda dehidrasi dan pasien yang sehat menghasilkan sekitar setengah galon urin setiap hari.

  1. Mengurangi garam
    Diet tinggi natrium bisa memicu batu ginjal karena meningkatkan jumlah kalsium dalam urin Anda. Jika Anda memiliki sejarah batu ginjal, sebaiknya menjaga asupan natrium kurang dari 1.500 mg per hari dengan menghilangkan makanan olahan dan menghindari menggunakan garam meja saat makan.
  2. Kalsium
    Davalos mengatakan, salah satu mitos terbesar tentang batu ginjal adalah terlalu banyak susu, seperti susu, keju dan es krim. Meskipun sebagian besar batu ginjal disebabkan oleh kalsium, Anda tidak harus menghilangkan kalsium dari diet.

Menurut rekomendasi dari National Institutes of Health, orang dewasa yang sehat harus mengonsumsi 1.000 sampai 1.300 mg kalsium per hari. Namun, jika Anda memiliki riwayat batu ginjal, dokter mungkin merekomendasikan asupan kalsium hanya sekitar 800 mg.

  1. Protein
    Makan diet tinggi protein hewani seperti daging merah, unggas dan telur bisa meningkatkan tingkat asam urat dalam tubuh, yang telah terbukti bisa menyebabkan batu ginjal. Makanan ini juga mengurangi sitrat, zat kimia dalam urin yang membantu mencegah batu dari pembentukan. (fny/jpnn)

__._,_.___

Posted by: “Sunny” <ambon@tele2.se>

http://www.beritasatu.com/kesehatan/273961-5-makanan-ini-bikin-berat-badan-naik.html

Kamis, 14 Mei 2015 | 16:06

5 Makanan Ini Bikin Berat Badan Naik

Ikan Salmon

Ikan Salmon (Fitsugar)

Saat sebagian orang terobsesi menurunkan berat badan, sebagian yang lain sibuk melakukan hal sebaliknya. Mereka ingin punya tubuh yang lebih berisi.

Jangan dikira menaikkan berat badan lebih mudah. Nia, remaja 19 tahun, sudah mencoba segala cara. Namun, bobotnya masih tetap di angka 42 kilogram.

Enggak tahu ya apa yang salah. Rasanya saya sudah makan yang banyak, tidur cukup, tapi masih saja kurus,” katanya kepada Beritasatu.com, Kamis (14/5).

Bagi Anda yang memiliki masalah serupa, tak ada salahnya mulai rutin mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut.

  1. Ikan salmon
    Ikan ini mengandung protein dalam jumlah yang tinggi. Makan dua porsi salmon sehari dapat membantu menaikkan berat badan.
  2. Selai kacang
    Kandungan 192 kalori di dalamnya membuat nutrisi tubuh tercukupi. Apalagi, selai kacang juga kaya protein yang mampu menguatkan massa otot.
  3. Telur rebus
    Telur mengandung protein, vitamin, dan zat gizi lengkap yang diperlukan bagi tubuh. Anda yang ingin lebih berisi, konsumsi sedikitnya dua butir telur sehari.
  4. Pisang
    Konsumsi pisang tiga kali sehari dipercaya meningkatkan berat badan dalam waktu yang cepat.
  5. Dada ayam
    Bagian dada adalah yang paling sehat dari ayam. Bagian ini memiliki kandungan lemak yang tidak berbahaya bagi sel tubuh.

Firda Puri Agustine/FIR

Times of India

+++++

http://www.beritasatu.com/kesehatan/273930-4-jenis-lemak-pada-makanan-yang-perlu-anda-tahu.html

Kamis, 14 Mei 2015 | 12:04

4 Jenis Lemak pada Makanan yang Perlu Anda Tahu

Ilustrasi makanan berlemak

Ilustrasi makanan berlemak (Istimewa)

Jakarta – Tidak semua lemak yang dikonsumsi dapat meningkatkan kolesterol ‘jahat’ di dalam darah. Ada juga yang justru bisa menurunkan kolesterol ‘jahat’ dan meningkatkan kolesterol ‘baik’.

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fiastuti Witjaksono, efek yang ditimbulkan dari lemak tersebut sangat bergantung pada jenis lemak serta cara pengolahannya.

“Lemak itu tidak hanya yang berbentuk cair seperti minyak, tapi juga berbentuk padat seperti daging merah atau kuning telor,” kata Fiastuti di Jakarta, baru-baru ini.

Ada empat jenis lemak dengan fungsi yang berbeda-beda. Pertama adalah lemak jenuh yang banyak terdapat pada minyak kelapa, minyak kelapa sawit, lemak hewani, kulit ayam, serta produk susu full cream.

“Asupan lemak jenuh harus kurang dari tujuh persen dari kalori total perhari. Karena jenis lemak ini dapat meningkatkan kolesterol total dan kolesterol jahat,” ujarnya.

Kedua adalah lemak tidak jenuh yang terdapat pada kacang-kacangan, buah zaitun, alpukat, minyak kanola, minyak zaitun, serta minyak jagung. “Lemak ini berfungsi menurunkan kolesterol jahat dan membantuk meningkatkan kolesterol baik,” katanya.

Ketiga, lemak trans yang terbentuk akibat proses hidrogenasi (pemanasan dengan hidrogen pada suhu tinggi untuk membekukan minyak). Lemak ini terjadi pada proses perubahan dari cair ke padat untuk membuat minyak jadi lebih awet.

Lemak trans sering dijumpai pada margarin, salad dressing, crakers, dan fast food. “Walaupun bisa memberikan rasa, namun jenis lemak ini juga bisa meningkatkan kolesterol jahat,” ujarnya.

Jenis lemak keempat adalah kolesterol yang sering dijumpai pada lemak daging, unggas, kuning telur, jeroan, udang, dan cumi. Kolesterol merupakan bagian dari sel dan berfungsi untuk membentuk vitamin D serta hormon.

Berdasarkan anjuran Kementerian Kesehatan, seluruh jenis lemak tersebut hanya boleh dikonsumsi sebanyak 67 gram atau lima lima sendok makan per hari. Namun, konsumsinya juga tidak boleh kurang karena lemak sebetulnya memiliki fungsi sebagai cadangan energi serta sebagai bantalan dan pelindung berbagai organ penting.

“Lemak sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu penyerapan vitamin A, D, E dan K,” katanya.

Herman/FIR

__._,_.___

Posted by: “Sunny” <ambon@tele2.se>

Kesehatan & Seksualitas
Cegah Kanker dengan Rajin Bersihkan Rumah
 
Danar Widiyanto | Selasa, 12 Mei 2015 | 22:11 WIB |
FAKTOR gaya hidup seperti malas gerak dan merokok bisa menghancurkan beberapa kehidupan Anda. Seperti diagnosis kanker.
Namun, masih ada banyak langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk melawan kanker dan mengurangi risiko penyakit mematikan. World Cancer Research Fund pun membuat daftar perubahan sehari-hari yang secara dramatis dapat membantu mencegah risiko tersebut.
Beberapa rekomendasi mereka, mulai dari memilih jenis makanan ringan, memilih rempah-rempah daripada garam, bahkan seperti lebih banyak melakukan pekerjaan rumah tangga untuk membantu mencegah kanker. Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari Dailymail, Selasa (12/5/2015).
Melakukan pekerjaan rumah tangga
Bahkan kebiasaan sederhana seperti menyapu dan mengepel lantai dapat mencegah kanker. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan aktivitas fisik, berperan langsung dalam mencegah kanker seperti kanker usus besar dan payudara.
Meski penelitian lebih lanjut masih dilakukan, sejauh ini ilmuwan menemukan bahwa aktivitas fisik mengurangi risiko kanker dengan menjaga kadar hormon tetap sehat.
Mengunyah wortel lebih banyak
Tidak ada yang salah dengan mengemil, terlebih bila pilihan yang dipilih benar. Makan 100 kalori lebih dari yang dibutuhkan setiap hari saja dapat menyumbang kenaikan berat badan hingga lima kilogram setiap tahunnya.
Seperti yang kita ketahui, memiliki berat badan berlebih atau obesitas berhubungan dengan 10 jenis kanker, termasuk kanker usus besar, payudara, dan liver. Untuk mencegah obesitas Anda tidak perlu melupakan camilan, tinggal memilih camilan sehat seperti wortel.
Ganti garam dengan rempah-rempah
Makan terlalu banyak makanan mengandung garam dapat meningkatkan tekanan darah, juga risiko kanker lambung. Para ilmuwan percaya ini karena garam dapat merusak dinding lambung. Peneliti menyarankan agar kita lebih memilih rempah-rempah sebagai bumbu untuk menambah rasa.
Bawang, lemon, lada hitam, cabai bubuk, jahe, dan rempah herbal lainnya bisa Anda tambahkan untuk menambah rasa pada masakan dengan cepat dan mudah.
Makan hanya sayuran sekali seminggu
Telah ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa makan daging merah meningkatkan risiko kanker usus besar. Haem atau zat yang memberi warna merah pada daging dikatakan bisa merusak dinding usus besar.
Saat daging merah ini disajikan bersama konsumsi rokok, tambahan garam, atau bahan pengawet lainnya, senyawa penyebab kanker dapat terbentuk. Satu cara untuk mencegah ini adalah dengan mencoba sehari diet tanpa daging merah, gantikan dengan ikan atau cobalah menjadi vegetarian. (*)

0 Responses to “PusKesMas : Begini Cara Mencegah Batu Ginjal”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,060,795 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: