30
Jan
15

Kenegarawanan : Petisi TRIPAKTA GASAKNAS

Petisi TRIPAKTA GASAKNAS

Rabu, 28 Januari 2015 – 10:30 WIB

Suara Pembaca:
Petisi TRiPAKTA GASAKNAS

Mencermati uraian Presiden Joko Widodo di MetroTV pada tanggal 27 Januari 2015 pukul 20:00 WIB tentang kenaikan anggaran proyek-proyek infrastruktur yang naik jumlahnya dari Rp 190 Trilyun menjadi sebesar Rp 290 Trilyun di RAPBN-P 2015, maka dipandang perlu dikawal dan diamankan sedemikian rupa guna peningkatan efisiensi pengelolaan proyek.

Untuk itu, komitmen para pelaku dan pengelola proyek perlu ditingkatkan dari format Pakta Integritas di era pemerintahan yang lalu menjadi format TRIPAKTA (Tiga Politik Anti Korupsi Tanpa Akhir) yang berupa tata-nilai ikatan janji sebagai berikut: (a) Tidak mengingkari Konstitusi; (b) Tidak korupsi terhadap nilai-nilai Pancasila dan amanat Pembukaan Undang Undang Dasar 1945; dan (c) Tidak korupsi terhadap APBN dan/atau APBD, BUMN dan/ atau BUMD baik kepemilikan maupun keuangan, serta uang hasil pajak yang dipungut dari rakyat.

TRIPAKTA semula adalah tata-nilai opersionil GASAKNAS yang telah dibudayakan sejak tanggal 9 Desember 2010, namun kini dirasakan perlu untuk diajukan juga sebagai materi Revolusi Mental di dunia konstruksi dan pembangunan infrastruktur.

GASAKNAS menyarankan kepada Pemerintah agar TRIPAKTA ini bersifat mengikat secara hukum yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan dapat dikembangkan kiprahnya pada pengelolaan satuan-satuan mata anggaran lain di APBN dan APBD.

Jakarta, 28 Januari 2015

Tim-11 GASAKNAS (Gerakan Anti Suap dan Anti Korupsi Nasional )

Pandji R Hadinoto, Arief Sofiyanto, Greg Wisnu Rosariastoko, Andre Lukman, Indra Hernawan, Agus Surya, Hartsa M, Imam Bogie Yudhaswara, Suryo Susilo, Vayireh Sitohang, Lasman Siahaan.
Pandji R Hadinoto, Nasionalis Pancasila
PARRINDO – Parlemen Rakyat Indonesia
Politisi Keadilan & Persatuan Indonesia
PKP17845 – Poros Koalisi Proklamasi 17845
Editor http://www.jakarta45.wordpress.com

BERITA LAINNYA

Sumber Berita: http://www.edisinews.com


http://edisinews.com/berita-petisi-tripakta-gasaknas.html#ixzz3QGzYbLmE

Mahasiswa Desak Pentolan KPK Penjarakan Budi Gunawan

Jumat, 16 Januari 2015 – 18:26 WIB

 

Jakarta – Dukungan kepada KPK untuk menahan calon Kapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan terus mengalir. Mahasiswa Universitas Bung Karno yang menamakan diri mereka pergerakan mahasiswa merah putih (PMMP) hari ini, melakukan aksi unjuk rasa untuk mendukung Abraham Cs.

“KPK harus konsisten dalam penanganan kasus Kapolri Budi Gunawan. Jangan Takut dengan Jokowi. KPK harus tangkap dan adili para koruptor tanpa pandang bulu,” teriak orator unjuk rasa di depan Gedung KPK, Jakarta, Jumat (16/1/2015).

Mahasiswa tersebut meminta KPK tidak perlu mengulur waktu mengingat kasus Budi Gunawan sudah rahasia umum. Budi sudah mendapat stabilo merah pada saat diajukan jadi calon menteri tahun lalu.

Lebih lanjut, mahasiswa tersebut menilai kasus Budi Gunawan merupakan salah satu gambaran dari lemahnya peradilan hukum di Indonesia karena (calon) Kapolri adalah seorang tersangka.

Dalam aksi itu mahasiswa juga membawa spanduk besar bertuliskan `Segera Tangkap Budi Gunawan”.(sor)

BERITA LAINNYA

Budi Gunawan Jadi Kapolri, Polisi Bisa Minder

Kamis, 15 Januari 2015 – 21:46 WIB

Calon Kapolri Budi Gunawan bersama Pimpinan DPR. (Tempo)

Jakarta – Peneliti Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada (UGM), Hifdzil Alim, mengatakan pengangkatan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kepala Kepolisian RI akan membuat seluruh jajaran Polri malu. “Malu karena Kepala Polri adalah tersangka. Secara sosiologis mereka akan merasa seperti itu,” kata Hifdzil, Kamis (15/1/2015), seperti dilansir Tempo.

Menurut dia, efek tersebut juga bakal terbawa saat Budi Gunawan menghadiri acara kepolisian tingkat internasional. “Ini tentu juga akan menurunkan martabat bangsa di depan negara lain,” ujar Hifdzil.

Selain itu, ia melanjutkan, pengangkatan Budi Gunawan juga berpotensi memunculkan masalah dalam hubungan Polri dengan lembaga penegak hukum lainnya. “Misalnya, Kejaksaan Agung akan mempertanyakan bagaimana seorang tersangka bisa menerbitkan sebuah keputusan yang berkekuatan hukum.”

Ihwal keterkaitan pengangkatan Budi Gunawan dengan upaya pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi, Hifdzil tak sependapat. “Itu terlalu jauh,” katanya. Menurut dia, kemungkinan Budi Gunawan menarik para penyidik kepolisian dari KPK masih merupakan asumsi.

Adapun sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat akhirnya menyetujui pengangkatan Budi Gunawan sebagai Kepala Kepolisian RI. Keputusan tersebut disetujui setelah melewati lobi antarpimpinan fraksi dan pimpinan DPR. (Tmp)

BERITA LAINNYA

Kredibilitas Jokowi Hancur Jika Lantik Budi Gunawan

Kamis, 15 Januari 2015 – 17:38 WIB

Jakarta – Peneliti senior dari Center for Strategic and International Studies (CSIS),J Kristiadi menilai presiden Joko Widodo melakukan blunder besar jika melantik Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri.

Menurutnya, melantik Budi Gunawan yang berstatus tersangka dugaan gratifikasi itu akan menghancurkan kredibilitas Jokowi.

“Kalau presiden Jokowi melantik Budi Gunawan maka akan hancur kredibilitasnya. Jokowi tidak punya gerbong,” kata Kristiadi di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Kamis (15/1/2015).

Kristiadi menuturkan, selain Jokowi yang akan hancur jika tetap melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri adalah Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Karena Kristiadi memprediksi akan ada punishment dari rakyat jika Jokowi tetap melanjutkan untuk melantik Budi Gunawan.

“(Melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri) akan jadi titik balik masyarakat melawan Jokowi. Karena gerbong Jokowi adalah rakyat,” tuturnya.

Seperti diberitakan, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan mengirimkan surat persetujuan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri. Hal itu sesuai dengan keputusan DPR menyetujui Budi sebagai pengganti Jenderal (Pol) Sutarman.

“Lagi dibuat, hari ini juga,” kata Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (15/1/2015).(sor)

 

BERITA LAINNYA

0 Responses to “Kenegarawanan : Petisi TRIPAKTA GASAKNAS”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,060,880 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: