27
Dec
14

Sejarah : misteri peradaban cina kuno

http://www.tempo.co/read/news/2014/12/27/061631157/Misteri-Hilangnya-Peradaban-Cina-Kuno-Terkuak

Sabtu, 27 Desember 2014 | 03:09 WIB

Misteri Hilangnya Peradaban Cina Kuno Terkuak

Misteri           Hilangnya Peradaban Cina Kuno Terkuak

Patung perunggu peninggalan peradaban kuno Sanxingdui, Cina. (livescience)

TEMPO.CO, San Francisco – Sebuah penelitian mengungkap bahwa sebuah gempa bumi hampir 3.000 tahun yang lalu diduga menjadi penyebab hilangnya salah satu peradaban kuno Cina secara misterius.

Gempa besar itu diduga telah menyebabkan bencana tanah longsor, yang membendung sumber air utama budaya Sanxingdui dan mengalihkannya ke lokasi baru.

“Hal itu, pada gilirannya, telah memacu budaya Cina kuno tersebut untuk bergerak lebih dekat ke aliran sungai baru,” ujar salah satu penulis penelitian, Niannian Fan, peneliti ilmu sungai di Universitas Tsinghua di Chengdu, Cina, dalam pertemuan tahunan ke-47 American Geophysical Union di San Francisco, 18 Desember lalu, sebagaimana dikutip Live Science, Rabu, 24 Desember 2014.

Pada tahun 1929, seorang petani di Provinsi Sichuan menemukan batu giok dan batu artefak ketika memperbaiki selokan limbah yang berlokasi sekitar 24 mil (40 kilometer) dari Chengdu. Namun signifikansi temuan itu tidak dipahami sampai tahun 1986, ketika arkeolog menggali dua lubang harta Zaman Perunggu, seperti giok, sekitar 100 gading gajah, dan patung perunggu setinggi 8 kaki (2,4 meter).

“Temuan itu menunjukkan kemampuan teknis mengesankan yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia pada saat itu,” kata Peter Keller, seorang ahli geologi dan presiden Bowers Museum di Santa Ana, California, yang saat ini menggelar pameran dari beberapa harta karun tersebut.

Harta, yang telah rusak dan terkubur seolah-olah mereka dikorbankan, itu berasal dari peradaban yang hilang yang sekarang dikenal sebagai Sanxingdui, sebuah kota bertembok di tepi Sungai Minjiang. “Ini adalah misteri besar,” kata Keller, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Arkeolog sekarang percaya bahwa budaya yang sengaja dibongkar sendiri itu berusia antara 3.000 dan 2.800 tahun yang lalu. “Penjelasan mengapa ia menghilang adalah perang dan banjir, tapi kedua alasan itu tidak terlalu meyakinkan,” kata Fan kepada Live Science.

Sekitar 14 tahun yang lalu, arkeolog menemukan sisa-sisa kota kuno lain yang disebut Jinsha dekat Chengdu. Situs Jinsha, meskipun tidak memiliki perunggu Sanxingdui, tapi memiliki mahkota emas dengan motif ukiran berupa ikan, panah, dan burung yang serupa dengan temuan tongkat emas di Sanxingdui, kata Keller. Hal itu membuat beberapa ahli percaya bahwa orang-orang dari Sanxingdui mungkin telah berpindah ke Jinsha.

Tapi mengapa hal itu tetap menjadi misteri? Fan dan rekan-rekannya bertanya-tanya apakah sebuah gempa bumi mungkin telah menyebabkan tanah longsor yang membendung sungai di pegunungan dan mengalihkannya ke Jinsha. Bencana itu mungkin telah mengurangi pasokan air Sanxingdui, memacu penduduknya untuk berpindah.

Lembah di mana Sanxingdui berada memiliki dataran banjir luas, dengan 7 kilometer dinding bertingkat tinggi yang tidak mungkin dipotong oleh sungai kecil yang sekarang melaluinya, kata Fan.

Beberapa catatan sejarah mendukung hipotesis mereka. Pada 1099 SM, penulis kuno mencatat gempa di ibu kota dinasti Zhou, di Provinsi Shaanxi, kata Fan. Meskipun tempat itu kira-kira 250 mil (400 kilometer) dari situs bersejarah Sanxingdui, kebudayaan terakhir itu tidak menuliskannya pada saat itu. “Sehingga mungkin episentrum gempa benar-benar dekat dengan Sanxingdui-tapi tidak tercatat,” kata Fan. Bukti geologi juga menunjukkan bahwa sebuah gempa bumi terjadi di wilayah itu antara 3.330 dan 2.200 tahun yang lalu, ia menambahkan.

Sekitar waktu yang sama, sedimen geologi menunjukkan banjir besar terjadi, dan dokumen Dinasti Han The Chronicles of the Kings of Shu mencatat banjir kuno mengalir dari gunung di tempat yang menunjukkan aliran yang dialihkan, kata Fan. Sekitar 800 tahun kemudian, warga Jinsha membangun dinding untuk mencegah banjir. Simak berita tekno lainnya di sini.

ERWIN Z. | LIVE SCIENCE


0 Responses to “Sejarah : misteri peradaban cina kuno”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,063,568 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: