08
Dec
14

IpTek : Waspada Satu Juta Asteroid Siap Hantam Bumi

Waspada Satu Juta Asteroid Siap Hantam Bumi

Laporan Wartawan Tribun Manado Charles Komaling

TRIBUNNEWS.COM – Sejumlah ahli astronomi, fisikawan, dan ilmuwan menyerukan agar dunia tidak abai dan tidak lupa terhadap potensi ‘serangan’ satu juta asteroid dari luar angkasa.

“Kita tidak siap untuk mencegah asteroid mematikan (menghantam bumi)” ujar Fisikawan Brian Cox seperti dilansir oleh Mirror.

Seratus nama terkenal, termasuk astronot, astronomer royal hingga gitaris rock Brian May, telah menyerukan peningkatan 100 kali lipat serang asteroid terhadap bumi.  Ada satu juta asteroid di tata surya yang memiliki potensi untuk menyerang bumi, tetapi hanya 10.000 telah ditemukan lintasannya..

Para ahli juga meminta agar tanggal  30 Juni menjadi Hari Asteroid. Hal ini, untuk selalu mengingatkan manusia sekaligus terus mempromosikan upaya-upaya untuk mencegah dampak serang asteroid.

Pada tanggal pada tahun 1908, sekitar 1.287 kilometer persegi  hutan di Tunguska, Siberia, hancur  oleh serangan asteroid. Para ilmuwan percaya, jika kembali terjadi maka  bisa menghapus seluruh kota.

Para ahli menyatakan, peristiwa yang terjadi di  Tunguska adalah kurang dari 1 persen dari ukuran pada umunya asteroid. Tidak seorang pun yang tahu kapan yang besar berikutnya akan datang menghantam bumi.

“Orang-orang  dahulu memahami bahwa langit dan gerakan tubuh astronomi mempengaruhi kehidupan di bumi, hanya saja tidak dengan cara yang mereka bayangkan.  Inilah sebabnya mengapa kita harus membuat misi untuk menemukan asteroid ,sebelum mereka menemukan kita,” ujar Astronomer Royal Lord Martin Rees

Ed Lu, astronot yang telah tiga kali keluar angkasa menjelaskan bahwa persoalan dunia saat ini belum memiliki data akurat soal lintasan asteroid untuk peringatan awal.

“Kami memiliki teknologi untuk membelokkan asteroid berbahaya melalui impactors kinetik dan traktor gravitasi tetapi hanya jika kita memiliki peringatan terlebih dahulu lintasan mereka. Sekarang kita perlu sepakat bahwa ini adalah satu-satunya bencana alam yang kita tahu bagaimana mencegah,”  ujar Ed Lu seperti dilansir Mirror.

Baca Juga:

Waspada Satu Juta Asteroid Siap Hantam Bumi

Blitz Tarigan Yakin Rahmad Darmawan Bakal Bawa Persija Gelar Juara

FITRA: Biaya Reses DPR itu Mahal, Tapi Fungsinya Mandul


0 Responses to “IpTek : Waspada Satu Juta Asteroid Siap Hantam Bumi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,060,880 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: