22
Nov
14

Al Qur’an : Bisa Menebak Tahun Kelahiran

Subhanallah ! Alquran Memang Istimewa, Bisa Menebak Tahun Kelahiran Manusia

Sabtu, 22 November 2014 12:00 WIB

Subhanallah ! Alquran Memang Istimewa, Bisa Menebak Tahun Kelahiran Manusia
Tribun Pontianak/Galih Nofrio Nanda
Ilustrasi Alquran dengan terjemahannya

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kitab suci umat Islam, Alquran memiliki banyak keistimewaan. Alquran dianggap sebagai kitab penyempurna dari kitab-kitab Allah sebelumnya.

Al-Quran juga memuat ringkasan dari ajaran-ajaran ketuhanan yang pernah dimuat kitab-kitab suci sebelumnya seperti Taurat, Zabur, Injil dan lain-lain. Juga ajaran-ajaran dari Tuhan yang berupa wasiat. Alquran juga mengokohkan perihal kebenaran yang pernah terkandung dalam kitab-kitab suci terdahulu yang berhubungan dengan peribadatan kepada Allah Yang Maha Esa, beriman kepada para rasul, membenarkan adanya balasan pada hari akhir, keharusan menegakkan hak dan keadilan, berakhlak luhur serta berbudi mulia dan lain-lain.

Ternyata tidak hanya berhenti disitu menyoal keistimewaan Alquran. Alquran juga bisa digunakan untuk menebak tahun kelahiran seorang manusia. Secara matematis, sebanyak 114 surat yang ada di Alquran ternyata jika dikurangi usia anda saat ini maka nantinya akan diperoleh tahun kelahiran anda.

Contohnya, usia Presiden Joko widodo saat ini 53 tahun. Apabila kita ingin mengetahui kapan tahun kelahiran Presiden Joko Widodo, maka tinggal dikurangi saja 114 dengan angka 53, hasilnya akan didapat angka 61. Maka tahun kelahiran Presiden Joko widodo adalah tahun 1961, benarkah itu?

Dikutip dari situs resmi Wikipedia, Presiden Joko Widodo tercatat lahir pada tanggal 21 Juni 1961 di Surakarta, Jawa Tengah.

Contoh lainnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden Indonesia ke-6 ini tercatat saat ini berusia 65 tahun. Berapa tahun kelahirannya. Kita akan menggunakan rumus yang sama seperti diatas.

Jumlah surat di Alquran 114 dikurangi usia Presiden SBY 65 tahun. Hasil yang diperoleh adalah 49. Itu artinya Presiden SBY lahir di tahun 1949. Atau tepatnya pada tanggal 9 September 1949.

Namun, hitung-hitungan ini hanya berlaku untuk kalender Gregorian. Jika dihitung berdasarkan penanggalan hijriah, hasilnya tidak akan cocok.

Semisal, seseorang yang berusia 34 tahun saat ini, menurut kalender Hijriah ia tercatat dilahirkan pada tahun 1400 dan sekarang usianya 36 tahun, atau 114-36 mendapatkan hasil 78 jika dihitung berdasarkan kalender Gregorian.

Subhanallah ! banyak sekali keistimewaan Alquran, anda mau mencoba yang satu ini kepada orang-orang terdekat anda, orang-orang yang anda kasihi, selamat mencoba.

Penulis: Willy Widianto

0 Responses to “Al Qur’an : Bisa Menebak Tahun Kelahiran”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,060,795 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: