04
Nov
14

IpTek : Lubang Awan Raksasa Aneh Hebohkan Australia

Lubang Awan Raksasa Aneh Hebohkan Australia

VIVAnews – Kemarin siang cuaca di wilayah Wonthaggi, Gippsland Victoria, Australia cukup cerah. Tapi tiba-tiba, beberapa warga sekitar melihat penampakan aneh di langit. Mereka melihat lubang awan raksasa yang aneh.

Fenomena awan itu semakin menarik saat lubang raksasa dihiasi dengan bercak pelangi di dalamnya. Tak pelak, fenomena aneh itu langsung memunculkan kekaguman sekaligus kebingungan warga di media sosial.

Fenomena awan langka itu dikenal sebagai Fallstreak Hole, atau lubang awan. Pengguna media sosial pun berbondong-bondong mengklaim fenomena itu sebagai ‘pengangkatan’ awan, dilansirDaily Mail, Selasa 4 November 2014.

“Pengangkatan di sini!. Awan aneh dengan pelangi terjadi di Wongthaggi saat ini,” tulis salah satu pengguna Twitter. Sementara itu, pengguna yang lain pun penasaran dengan menanyakan apa yang sebenarnya terjadi di wilayah itu.

Fenomena awan aneh di AustraliaFenomena awan aneh di Australia

Fenomena aneh itu, menurut para ahli yang dikutip Science Magazine, disebabkan oleh fenomena yang disebut ‘pembenihan’. Hal ini terjadi, saat pesawat terbang melalui awan yang menyebabkan partikel es membekukan di udara.

Sedangkan Biro Meteorologi Australia mengatakan fenomena aneh awan itu terbentuk, saat suhu air pada awan di bawah titik beku.

“Tetapi, air belum membeku karena kurangnya partikel inti es,” jelas Michael Efron dilansir dariFairfax Media.

Terkait fenomena warna pelangi yang ada di tengah lubang awan aneh itu, Efron menjelaskan, flek warna itu sering disebut dengan permainan warna yang juga bisa ditemukan pada benda alam seperti kerang laut, gelembung sabun, dan sayap kupu-kupu.

“Jenis permainan warna awan itu terjadi pada awan tingkat tinggi dengan lenturan. Ini berarti, tetesan air merupakan kumpulan cahaya,” terang dia.

Kesaksian warga

Salah satu warga yang menyaksikan fenomena aneh itu, Ben Stewart mengaku sedang bersama keluarganya di Phillip Island.

“Kami hanya melihat ke atas dan ada hal ini yang tampak seperti sesuatu yang muncul dari Hari Kemerdekaan,” katanya.

Stewart yang bekerja sebagai konsultan IT dari Melbourne, mengatakan bahwa ia dan keluarganya sempat menatap langit untuk sementara waktu, mencoba untuk mencari tahu apa itu.

“Orang lain juga melihat itu dan sebagian besar teori tentang apa yang menyebabkannya. Memang telah dilakukan dengan pesawat terbang, atau helikopter, pasti buatan manusia,” katanya.

Fenomena awan aneh di AustraliaFenomena awan aneh di Australia

Stewart mengaku ia sering melihat pola cuaca yang tidak biasa, saat dia tumbuh besar di bagian utara Victoria. Tetapi, lubang awan raksasa itu merupakan salah satu fenomena lebih aneh yang pernah dilihat.

Catatan Biro Meteorologi Australia menunjukkan fenomena awan aneh itu memang jarang terjadi, sehingga wajar membuat takjub warga sekitar.

Fenomena awan aneh sebelumnya terjadi pada awal Oktober di wilayah Perth. Sedangkan pada Mei lalu, juga terjad fenomena awan aneh yang terbentuk di California Utara, yang kemudian memicu perdebatan konspirasi UFO.

Baca juga :

Penampakan UFO Bingungkan Warga AS

Korea Utara Mata-matai Korea Selatan Lewat Ponsel?

(asp)

 

Penampakan UFO Bingungkan Warga AS

VIVAnews – Penampakan yang diduga objek terbang misterius (UFO) kembali tertangkap di langit Colorado, Amerika serikat, baru-baru ini.

Kali ini penampakan itu muncul dalam bentuk piringan bercahaya putih diabadikan warga Hooper, Colorado. Bahkan penampakan piringan bercahaya disebutkan sudah muncul dalam beberapa bulan lalu.

Penampakan terakhir muncul pada Oktober lalu. Menurut salah satu warga pengamat UFO setempat, Judy Messoline, wilayah langit bukit San Luis di kota Colorado, memang sudah terkenal sebagai tujuan penampakan benda terbang asing. Banyak orang berbondong untuk menemukan objek terbang itu.

“Di area ini, mereka telah mendokumentasikan penampakan UFO sejak 1970-an,” ujar Messoline kepada 9News sebagaimana dilansir IBTimes, Selasa 4 November 2014. Selain itu, kata dia, Colorado, juga dikenal sebagai lokasi aktivitas alien.

Messoline mengatakan misteri UFO berbentuk piringan putih bercahaya telah muncul dalam beberapa kali kesempatan pada bulan lalu dan kadang melayang dekat di langit Colorado dalam beberapa menit.

“Seringkali, cahaya itu muncul dalam beberapa menit, terdeteksi sampai ke langit selatan kemudian berhenti dan bercahaya di langit timur. Ini susah untuk dijelaskan,” kata dia.

Sementara laporan lain menunjukkan penampakan yang dimaksud itu kemungkinan balon udara, namun perilaku objek itu tak sama dengan perilaku balon pada umumnya.

Penampakan objek UFO sudah sering muncul di AS. Misalnya pada Juni tahun lalu. Seorang saksi dari Pennsylvania mengaku melihat penampakan misterius di depan rumahnya. Objek terbang misterius berbentuk bola jeruk itu melayang 40 kaki di atas rumah saksi tersebut.

Kesaksian itu pun kemudian dimasukkan dalam Mutual UFO Network (MUFON) dan terdaftar dalam kasus 61106 menyebutkan. Saksi saat itu mengaku tengah duduk di teras rumah pada dini hari dan kemudian tiba-tiba melihat penampakan cahaya terang asing itu. Laporan menyebutkan gambar asing itu sempat direkam selama 40 detik sebelum lenyap dari pandangan.

“Cahaya itu sangat terang, membuat saya sampai tak bisa meihat lampu depan saya. Saya melanjutkan langkah ke jalan depan rumah untuk melihat itu,” ujar saksi yang tak disebutkan namanya.

Penampakan UFO berbentuk segitiga juga terlihat oleh puluhan orang pada pertengahan bulan lalu. Menurut laporan dari 10 orang saksi itu, yang semuanya laki-laki, mereka melihat UFO berbentuk segitiga. Ada 3 buat UFO yang melayang saat mereka sedang berada pabrik batubara di sepanjang jalan Winifrede Hollow, dekat Marmet. Marmet merupakan sebuah kota yang berada di Kanawha County, Virginia, AS.

Penampakan di Virginia didaftarkan di Mutual UFO Network (MUFON) dengan nomor kasus 60631. (ita)

 

 


0 Responses to “IpTek : Lubang Awan Raksasa Aneh Hebohkan Australia”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,063,568 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: