16
Oct
14

Kepemimpinan : JokoWi Inspirasi Rakyat

Pelantikan Jokowi, Ada Makanan Gratis untuk Rakyat

Pelantikan Jokowi, Ada Makanan Gratis untuk Rakyat  

Jokowi menunjuk seorang pendukungnya, pada saat syukuran atas terpilihnya pasangan Jokowi-JK sebagai presiden Indonesia 2014-2019 di Taman Proklamasi, Menteng, Jakarta, 23 Juli 2014. AP/Dita Alangkara

TEMPO.CO, Jakarta – Relawan Jokowi-Jusuf Kalla akan menyiapkan aneka hidangan dalam syukuran rakyat pada 20 Oktober 2014 mendatang. Di sepanjang jalan yang dipakai untuk mengarak Jokowi-JK, dari Bundaran HI hingga Istana Negara, akan disediakan makanan gratis.

“Makan gratis sampai habis. Kalau ada yang membayar, itu seharusnya ilegal,” kata koordinator Syukuran Rakyat Salam 3 Jari, Jay Wijayanto, dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Rabu, 15 Oktober 2014.(Baca: Amien Rais Ingin Hadir di Pelantikan Jokowi)

Jay mengatakan masyarakat yang memeriahkan acara syukuran rakyat boleh saja menambah makan berulang-ulang, tapi dengan satu syarat: “Tidak boleh take away,” katanya. Makanan yang dibagikan gratis tersebut disediakan oleh asosiasi pedagang bakso, siomai, dan ketoprak.(Baca: Sambut Pelantikan Jokowi, Gedung-gedung Bersolek)

Setelah dilantik MPR pada 20 Oktober mendatang, Jokowi-JK diagendakan langsung menemui rakyat yang terkonsentrasi di Bundaran HI. Relawan dan simpatisan akan melakukan iring-iringan atau kirab untuk mengantar Jokowi-JK menuju Istana Negara. Di sepanjang rute menuju Istana akan terdapat berbagai macam hiburan dan makanan rakyat.(Baca: Teka-teki Kehadiran Prabowo di Pelantikan Jokowi)

NURIMAN JAYABUANA

Berita Lain
Ngopi Bareng Ical, Ini Isi Pebincangan Jokowi
Tahir Beri Megawati Penghargaan dan Uang Rp 1 M
Pemenang Cover Maroon 5 Penggembala Kambing
Jokowi Ajukan Satu Pertanyaan ke Ical

  • Terpopuler Harian
  • Terpopuler Mingguan

Sosok Setya Nevanto Untungkan Jokowi

Laporan Arif Wicaksono

Tribunnews.com, Jakarta – Faisal Basri, ekonom, mengatakan bahwa sosok Setya Nevanto sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) merupakan sosok yang menguntungkan bagi pemerintahan Jokowi – JK, hal ini karena sosoknya yang dianggap tidak bersih.

“Sosok Setya bagus untuk Jokowi, kalau ada masalah banyak hal yang bisa dilakukan karena Setya bukan sosok yang bersih,” kata Faisal Basri, ekonom di jakarta, Rabu (15/10/2014).

Dia menuturkan alangkah tidak baiknya jika sosok pimpinan DPR diisi oleh sosok yang bersih. Karena akan menyulitkan lobi Jokowi dalam menelurkan beberapa kebijakan yang dianggap bertentangan dengan legislatif.

“Kalau begini kan akan mudah karena memang banyak kartu yang bisa dibuka, untuk Setya Novanto, jadi kelemahanya banyak,” katanya.

Sosok Setya sendiri kerap menjadi pergunjingan karena kerap diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Setya sendiri sempat diperiksa dalam beberapa kasus seperti kasus dugaan suap Revisi Peraturan Daerah Nomor 6 tahun 2010 tentang penambahan Biaya Area menambak Riau yang juga .
menjerat Gubernur Riau, Rusli Zainal, yang juga politikus Partai Golkar.

Baca Juga:

Di Bawah Jokowi-JK, Pelaku Bisnis Optimistis Iklim Usaha Membaik

Jelang Pelantikan Jokowi, Pimpinan MPR Temui Hatta, Ical, dan SBY Hari Ini

Polri: Jakarta Kondusif Jelang Pelantikan Jokowi-JK

Berita Lainnya

 

http://indonesiasatu.kompas.com/read/2014/10/15/19252161/jelang.lengser.sby.angkat.beberapa.orang.dekatnya.jadi.dubes?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Khlwp

 

Jelang Lengser, SBY Angkat Beberapa Orang Dekatnya Jadi Dubes

Rabu, 15 Oktober 2014 | 19:25 WIB

 

sabrina/Kompas.com Presiden Susilo Bambang Yudhyono mengumumkan pemerintah resmi menerbitkan Perppu nomor 1 tahun 2014 yang membatalkan Undang-undang nomor 22 tahun 2013 tentang pemilihan kepala daerah dan Perppu nomor 2 tahun 2014 yang membatalkan Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah di Istana Merdeka, Kamis (2/10/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melantik 22 orang duta besar baru menjelang lima hari masa tugasnya berakhir, Rabu (15/10/2014). Beberapa di antaranya yang dilantik adalah orang-orang dekat SBY, seperti Staf Khusus bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah dan Direktur Eksekutif Partai Demokrat Toto Riyanto.

Faizasyah ditempatkan sebagai Duta Besar RI di Kanada dan Toto menjadi Duta Besar RI di Brasil. Tak hanya itu, beberapa di antaranya juga adalah orang-orang di lingkar Istana, seperti Mohammad Oemar yang merupakan Sekretaris Wakil Presiden. Sebelum menjadi Setwapres, Oemar pernah menjadi Duta Besar Italia. Kini, ia ditempatkan SBY sebagai Duta Besar RI di Belgia.

Tak hanya orang-orang dekat SBY, duta besar yang baru dilantik juga ada yang berasal dari pegawai karier di Kementerian Luar Negeri, yakni mantan Wakil Menteri Luar Negeri Wardana dan Direktur Perlindungan WNI dan BHI di Luar Negeri Tatang Budie Utama Razak. Wardana ditempatkan sebagai Dubes RI di Turki dan Tatang menjadi Dubes RI di Kuwait.

Berikut daftar lengkap 22 duta besar yang dilantik Presiden SBY hari ini:
1. Dr Teuku Faizasyah, MSi (Kanada)
2. Bambang Hendrasto (Korea Utara)
3. Marsdya TNI (Purn) Toto Riyanto (Brasil)
4. Drs Dominicus Supratikto (Suriname)
5. Imam Santoso (Etiopia)
6. Wardana (Turki)
7. Jhonny Sinaga (Argentina merangkap Republik Paraguay dan Republik Orientas Uruguay)
8. Drs Endang Dwi Syarief Syamsuri, MSi (Maroko)
9. Letjen TNI (Purn) Hotmangaradja Pandjaitan (Republik Perancis merangkap Kepangeranan Andorra, Kepangeranan Monako, dan UNESCO)
10. Dra Wening Esthyprobo Fatandari, MA (Hongaria)
11. Drs Philemon Arobaya (Cile)
12. Harry Richard James Kandou (Serbia)
13. Yusra Khan (Meksiko merangkap Belize, Republik El Salvador, Republik Guatemala, dan Republik Honduras)
14. Mohamad Oemar (Belgia merangkap Luksemburg, European Union, World Customs Organization (WCO) dan organisasi-organisasi internasional lain yang berkedudukan di Brussels)
15. Ronald Josef Pariaman Manik (Papua Niugini merangkap Solomon)
16. Joko Harjanto (Arab dan Suriah)
17. Aulia Aman Rachman (Republik Ceko)
18. Harry Purwanto (Nigeria merangkap Liberia)
19. Tatang Budie Utama Razak (Kuwait)
20. Peter Frans Gontha (Polandia)
21. Anak Agung Gde Alit Santhika (Republik Uzbekistan)
22. Stephanus Yuwono, SH (Republik Zimbabwe)

__._,_.___

Posted by: “Sunny” <ambon@tele2.se>

res : Apakah bisa DPR (akan) perkuat kelembagaan Komnas HAM, jika lebih dari 200 anggotanya terkait pelanggaran hukum? Apakah ini bukan mimpi?

http://id.beritasatu.com/home/dpr-akan-perkuat-kelembagaan-komnas-ham/97363

 DPR akan Perkuat Kelembagaan Komnas HAM

Rabu, 15 Oktober 2014 | 18:29

Komnas HAM. Foto: setara-institute.org

Berita Terkait

  • Komnas HAM Desak Komitmen Kebebasan Beragama Jokowi-JK
  • Komnas: Kecurangan Pemilu Langgar HAM
  • Komnas HAM Turunkan Tim Pemantau di Lampung
  • Komnas: Perintah Penculikan Aktivis Seharusnya Tertulis
  • Komnas HAM akan Panggil Paksa Kivlan Zen

JAKARTA – Pimpinan DPR RI bertemu dengan perwakilan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia dalam upaya memperkuat kelembagaan Komnas HAM terkait dengan kewenangan dalam penyelidikan dan penyelesaian kasus pelanggaran HAM.

“Sebagai contoh, kami akan memperkuat kelembagaan Komnas HAM melalui penyempurnaan UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM dan UU Nomor 26 Tahun tentang Pengadilan HAM,” kata Ketua DPR Setya Novanto pada konferensi pers di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Rabu (15/10).

Ia menjelaskan, tadinya kewenangan Komnas HAM tidak melalui penyelidikan dan rekomendasi tetapi lembaga yang berwenang memutuskan adanya pelaksanaan pengadilan HAM sehingga kami akan melalukan penyempurnaan Undang-Undang tersebut.

“Penyempurnaan tersebut secepatnya akan ditindaklanjuti setelah Komisi III DPR terbentuk,” katanya.

Selain itu, menurut Setya, DPR juga akan memperkuat Komnas HAM dari segi anggaran dan penyediaan tenaga ahli pendukung Komnas HAM.

Hari ini, enam komisioner dari Komnas HAM yang terdiri atas Hafid Abbas, Siane Indriani, Anshori Sinungan, Manager Nasution, Rochyatul Aswidah, dan Natalius Pigai bertemu dengan Ketua DPR, Setya Novanto dan wakilnya, Agus Hermanto di Gedung MPR/DPR Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut dicapai, bahwa DPR akan memperkuat kelambagaan Komnas HAM dan memberikan perhatian khusus terhadap kasus-kasus pelanggaran HAM. (ID/ant/ths)

__._,_.___

Posted by: “Sunny” <ambon@tele2.se>

res : Dibutuhkan orang-orang bercatatan buruk supaya status  DPR  sebagai “Dewan Penipu Rakyat” tidak berubah! Lihat saja semua partai politik yang duduk dalam DPR tidak ada bersih dari koruptor.

 

http://sp.beritasatu.com/home/kontras-242-anggota-dpr-periode-2014-2019-memiliki-catatan-buruk/67011

 

KontraS: 242 anggota DPR Periode 2014-2019 Memiliki Catatan Buruk
Selasa, 14 Oktober 2014 | 21:26

Ilustrasi pelantikan anggota DPRD. [Google]

[JAKARTA] Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) mencatat ada 242 anggota DPR periode 2014-2019 yang memiliki catatan buruk. Mereka diduga terlibat dalam sejumlah kasus, dari kasus pelanggaran HAM sampai kasus korupsi.

“Jenis-jenis catatan buruk anggota DPR ini, antara lain, pernah menjadi tersangka korupsi, mereka juga diduga terlibat kasus korupsi, aktif membela terdakwa kasus korupsi, pernah melakukan pelanggaran hak asasi manusia, pernah terlibat kasus tindak pidana, pernah terlibat kasus pelanggaran pemilu, juga pernah merima sanksi etik oleh BK DPR, hingga memililki catatan absen yang buruk sejak menjabat sebagai angoota DPR pada periode sebelumnya,” beber Deputi KontraS Farah Fathurrahmi i kantor Kontras, Menteng, Jakarta, pada Selasa (14/10)

Farah mengungkapkan bahwa berdasarkan catatan KontraS, anggota DPR-RI yang memiliki catatan buruk berasal dari fraksi PDIP (57 orang), fraksi Golkar (44 orang), fraksi Demokrat (37 orang), fraksi Gerindra (24 orang), fraksi PPP (20 orang), fraksi PKS (18 orang), fraksi PAN (16 orang), fraksi PKB (11 orang), dan fraksi Nasdem (9 orang).

Terkait kasus korupsi, KontraS mencatat sedikitnya terdapat 160 nama yang berhasil lolos menjadi anggota DPR-RI periode 2014-2019. Dari jumlah tersebut, 5 nama pernah tercatat menjadi terdakwa dalam sejumlah kasus korupsi, meski dibebaskan, nama-nama terebut antara lain; Rachmat Hidayat, Mukhamad Misbakhun, Azam Azman Natawijana, Krisna Mukti, dan Achmad Dimyati Natakusumah. Sisanya, sejumlah 16 nama pernah menjadi tersangka kasus korupsi, 63 orang pernah diperiksa oleh KPK,

“KontraS juga menemukan 4 nama anggota DPR yang cukup getol membela terdakwa-terdakwa kasus korupsi, antara lain: Rufinus Hotmaulana Hutauruk dari fraksi Hanura, Junimart Girsang dari fraksi PDIP, John Kenedy Azis dari fraksi Golkar, dan Heri Gunawan dari fraksi Gerindra,”katanya.

Selain terlibat dalam sejumlah kasus korupsi, lanjut Farah, catatan buruk lainnya dari anggota DPR-RI periode ini ialah diduga terlibat dalam sejumlah kasus pelanggaran hak asasi manusia.

“Sebut saja nama Mukhamad Misbakhun dan Tifatul Sembiring yang pernah terlibat dalam kasus pelanggaran hak kebebasan berekspresi di Indonesia, Ahmad Noor Supit anggota Pansus Trisakti dan Semanggi II yang dianggap tidak memiliki komitmen dalam penegakan HAM karena memutuskan tidak ada pelanggaran berat dalam kasus Trisakti, Mulyadi yang pernah terlibat kasus intimidasi terhadap jurnalis,”bebernya.

KontraS juga mencatat sedikitnya 19 nama pernah terlibat dalam kasus tindak Pidana seperti; pengeroyokan, pemukulan, intimidasi, hingga penipuan, dan 38 nama terlibat dalam kasus pelanggaran Pemilu, seperti; dugaan terlibat politik uang, pemasangan APK sebelum massa kampanye, pemanfaatan ruang publik untuk kampanye, hingga eksploitasi anak di bawah umur dalam kampanye dan kegiatan kampanye yang tidak ramah lingkungan. Sedangkan 16 nama tercatat pernah menerima hukuman dari Badan Kehormatan (BK) DRP, dan 52 nama memiliki catatan absensi yang buruk.

“Buruknya catatan (track record) para anggota Dewan seakan memproyeksikan nasib masa depan penegakkan demokrasi negara ini. Sejumlah regulasi pun dipersiapkan untuk memuluskan jalan para perompak politik untuk membelokkan arah demokrasi Indonesia ke dermaga lama Orde Baru seperti disahkannya UU MD3 dan UU Pilkada,”jelasnya.

Farah mengharapkan rakyat terus mengkawal proses demokrasi yang menjunjung tinggi hak asasi manusia dengan menggunakan seluruh saluran yang ada untuk mempengaruhi posisi politik rakyat.

“Selain itu, aparat penegak hukum sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah juga harus lebih berani dan tegas dalam upaya penegakkan hukum dengan menyeret para pelaku pelanggaran HAM ke pengadilan dan menangkap serta mengadili koruptor, demi keberlanjutan agenda demokrasi dan hak asasi manusia di negara ini,”tuturnya. [YUS/N-6]

__._,_.___

Posted by: “Sunny” <ambon@tele2.se>

Progress 98: Jokowi & istri punya 52 rekening di luar negeri

MERDEKA.COM. Ketua Progress 98, Faizal Assegaf memiliki data tentang kepemilikan rekening di luar negeri atas nama Joko widodo (Jokowi) dan istrinya, Iriana. Jokowi memiliki rekening di luar negeri yang berjumlah 36 rekening, sementara istrinya memiliki 16 rekening yang tersebar di beberapa negara.

Progress 98 mempermasalahkan Rekening tersebut yang tidak dilaporkan Jokowi ke dalam Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Rekening itu ada Singapore, Malaysia, New Zealand, Hong Kong, jumlahnya sekitar USD 8 juta untuk rekening Jokowi,” ujar Faizal saat konferensi pers di kediaman Rachmawati Soekarnoputri, Jl Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (15/10)

Hasil temuan dari Progress 98 jumlah uang di rekening Jokowi yang ada di luar negeri, yaitu USD 8,514,725 sedangkan rekening istrinya, Iriana berjumlah USD 4,666,689.

Senada dengan Progress 98, pendiri Front Pelopor, Rachmawati Soekarnoputri meminta KPK untuk menyelidiki temuan dari Progress 98 itu. Namun, Adnan Pandu Praja, Wakil Ketua KPK menanggapi bahwa tidak ada satu pun rekening di luar negeri atas nama Jokowi.

“Saya minta semua pimpinan KPK diganti, mereka pasti ada muatan politis. Tidak memeriksa tapi sudah klaim tidak ada satupun rekening atas nama Jokowi,” ujar Rachma.

Dalam data yang disampaikan oleh Progress 98, Jokowi disebut memiliki sejumlah rekening di luar negeri, di antaranya di Westpac Banking Corp Honiara, Australia, New Zealand Bancaria Group Limited dan Shanghai Bank Corporation Limited. Sementara Iriana disebut memiliki rekening di Bank Kontrakt, First Caribbean International Bank LT Grand Cayman, dan Fiest Gulf Bank.

Baca Berita Selanjutnya:
Jokowi temui Dahlan Iskan di Kementerian BUMN
Jokowi bakal ‘cegat’ mobil masuk Jakarta
Jokowi minta Dahlan bangun infrastruktur dan transportasi
Pakai kets & kemeja putih, Jokowi bantah ikuti gaya Dahlan
Like us on Facebook | Follow us on Twitter | Follow us on Google+

Sumber: Merdeka.com


0 Responses to “Kepemimpinan : JokoWi Inspirasi Rakyat”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,060,880 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: