31
Jul
14

PusKesMas : Manfaat Ciuman, Jin Ketat Tak Sehat, Ciri Sperma Sehat

merah-putih

5 Manfaat Berciuman

KlikDokter – Rab, 30 Jul 2014 13:26 WIB

Related Content

  1. com – Berciuman merupakan suatu bentuk tanda kasih sayang terhadap seseorang. Memang terkadang kita berpikir berciuman itu tidak ada efek baik untuk tubuh, malah kadang kita berpikir berciuman itu justru buruk karena salah satu efeknya adalah terjadi penularan beberapa jenis kuman. (Baca: Risiko Sembarangan Ciuman)

Namun, ternyata ada lho efek sehat dari berciuman, apakah efek-efek itu?

  1. Berciuman Baik Untuk Kesehatan Gigi

Berciuman menstimulasi produksi ludah yang ternyata dapat membantu membasmi bakteri-bakteri di gigi sehingga mencegah pembentukan dari karang gigi.

  1. Membakar Kalori

Memang tidak sembanding dengan olahraga namun berciuman ternyata dapat juga membakar kalori. Berciuman dapat membakar 2 -6 kalori per menit. Saat berciuman Anda juga memperkerjakan otot-otot wajah yang dapat membantu melawan kerutan wajah. (Baca: 6 Alasan Kenapa Seks  Menyehatkan Tubuh)

  1. Menghilangkan Stres

Perasaan relaksasi setelah berciuman bukan hanya merupakan pikiran Anda. Sebuah studi kecil pada tahun 2009 menunjukkan bahwa pria dan wanita menunjukkan penurunan kadar hormonn kortisol (hormon untuk relaksasi) yang tinggi pada saat berciuman dibandingkan saat mereka berpegangan tangan.  (Baca: Pria Juga Butuh Cuddling untuk Kesehatan)

  1. Menghilangkan Alergi

Sebuah studi kecil yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa pasangan yang berciuman selama 30 menit memiliki kadar antibodi IgE yang lebih rendah. Dimana antibodi ini yang memicu reaksi alergi.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](EA)

 

Baca juga:

Apakah HIV-AIDS Menular Lewat Berciuman?

Tindakan Awal Ketika Mimisan

3 Solusi Bebas Nyeri Ketika Berhubungan Seks

 

Ditulis oleh:

  1. Alvin Nursalim

Anggota Redaksi Medis

  1. com

Artikel Pilihan Redaksi

5 Keunggulan Susu Kedelai

Begini Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Apakah Bayi Perlu Suplemen Zat Besi?

Rayakan Idul Fitri Bersama Keluarga di Lima Restoran Ini

Hati-hati Infeksi Saluran Kencing

Celana Jins Ketat dapat Mengganggu Kesehatan Pria

KlikDokter

Related Content

  • Lihat FotoCelana Jins dapat Mengganggu Kesehatan Pria
  1. com – Apakah Anda senang memakai celana jins ketat? Para pria mungkin ingin mempertimbangkan kembali hal ini. Bukan hanya memberikan konsekuensi kesehatan jangka pendek seperti rasa tidak nyaman hingga sakit, namun juga dapat menyebabkan efek jangka panjang pada kesehatan. (Baca: 4 Penyakit Akibat Pakaian Dalam Ketat)

Pada sebuah survey pada 2000 pria di Inggris yang dilakukan oleh dr. Hilary Jones untuk TENA Men, ditemukan bahwa 1 dari 10 orang pria yang memakai celana jins ketat mengalami konsekuensi kesehatan yang tidak nyaman.

Secara medis, menggunakan celana jins ketat dan juga pakaian dalam yang terlalu ketat pada pria dapat memicu terjadinya:

infeksi saluran kemih,

overactive bladder (kandung kemih yang terlalu aktif, sehingga terlalu sering berkemih),

menurunnya jumlah produksi sperma dan infeksi jamur di daerah selangkangan.

Proses pembentukan sperma sangat sensitif terhadap suhu. Dibutuhkan suhu optimal sekitar 34-35 derajat Celcius, sesuai dengan suhu tubuh manusia, untuk terjadinya pembentukan sperma yang baik. Adanya masalah jumlah sperma dan pembentukan sperma yang kurang baik pada pria juga diduga karena adanya peningkatan suhu di daerah genital. (Baca: Inilah Ciri-ciri Anda Memiliki Sperma yang Sehat)

Dalam hal ini disebabkan karena suhu yang meningkat di daerah selangkangan karena jins atau pakaian dalam yang terlalu ketat. Peningkatan suhu di daerah sekitar testis telah diteliti dapat menyebabkan menurunnya gerakan sperma, meningkatnya kerusakan sperma dan menurunnya fungsi sperma untuk pembuahan. Gaya hidup tidak sehat dan tidak aktif, lebih sering duduk dan penumpukan lemak di sekitar perut juga merupakan faktor-faktor yang dapat menyebabkan peningkatan suhu di sekitar testis.

Selain itu, celana jins yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan cedera testis pada pria. (Baca: Inilah yang Terjadi Jika Seorang Pria Kehilangan Penisnya)

Untuk itu, disarankan bagi para pria untuk memakai celana jins yang lebih longgar dan memberikan ruangan yang cukup untuk Anda bergerak serta nyaman untuk Anda. Dan, bagi Anda yang ingin berkeluarga, menggunakan celana yang lebih longgar dapat membantu menjaga kesuburan Anda.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](JF)

Inilah Ciri-ciri Anda Memiliki Sperma yang Sehat

KlikDokter – Sel, 29 Jul 2014 19:52 WIB

Related Content

  • Lihat FotoInilah Ciri-ciri Anda Memiliki Sperma yang Sehat
  1. com – Sperma merupakan cairan yang dikeluarkan pria saat ejakulasi. Cairan ini mengandung sel spermatozoa dan penting dalam proses pembuahan. Sperma akan bersatu dengan sel telur untuk selanjutnya berkembang menjadi bakal bayi. Untuk terjadinya pembuahan, diperlukan kualitas sperma yang baik.

Bagaimana kualitas sperma yang baik? Mari kita simak beberapa karakteristik sperma yang normal. (Baca: 5 Hal Penyebab Sperma Sehat)

  1. Volume Cairan Sperma

Volume sperma yang dikeluarkan oleh pria saat ejakulasi adalah sekitar 2-5 ml. Cairan sperma yang baik adalah sperma yang kental dan tidak cair. Jika sperma yang keluar kurang dari 1,5 cc maka volume sperma sedikit dan membuat ejakulasi menjadi kering.

  1. Warna cairan sperma

Sperma umumnya berwarna putih keabuan. Jika air mani berwarna kemerahan, maka diperlukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter untuk menentukan penyebab dari warna kemerahan tersebut. Salah satu penyebab warna kemerahan dari sperma adalah adanya darah pada sperma, yang dapat disebabkan oleh sumbatan saluran kencing atau infeksi. Sedangkan jika warna sperma menjadi kuning, bisa jadi disebabkan oleh infeksi di saluran kencing.

  1. Bau Cairan Sperma

Cairan sperma yang normal berbau seperti daun akasia. Jika sperma Anda menjadi berbau amis, maka perlu diwaspadai adanya infeksi pada saluran kencing, prostat atau struktur lain sepanjang saluran kencing. (Baca: Bahayakah Bila Sperma Tertelan?)

  1. Komposisi Sperma

Hanya sebagian kecil cairan sperma yang terdiri dari sel sperma, namun sekitar 95% dari cairan sperma adalah cairan yang dikeluarkan oleh prostat atau vesikula seminalis. Untuk mengetahui kesehatan sel sperma, diperlukan analisis cairan sperma. Analisis sperma dilakukan dengan mengamati cairan sperma dibawah mikroskop. Sperma yang sehat haruslah cukup banyak, yaitu dalam 1 ml mengandung berkisar 20 juta sel sperma, berbentuk  normal dan bergerak cepat ke depan. (Baca: 5 Makanan untuk Sperma Sehat)

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AN)

 

Baca juga:

Ketika Air Mani Terus Menerus Keluar

Bahayakah Bila Sperma Tertelan?

5 Makanan untuk Sperma Sehat

 

Ditulis oleh:

  1. Alvin Nursalim

Anggota Redaksi Medis

  1. com

 

Artikel Pilihan Redaksi

5 Keunggulan Susu Kedelai

Begini Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Apakah Bayi Perlu Suplemen Zat Besi?

Rayakan Idul Fitri Bersama Keluarga di Lima Restoran Ini

Hati-hati Infeksi Saluran Kencing

 

Baca juga:

Inilah yang Terjadi Jika Seorang Pria Kehilangan Penisnya

5 Tanda Kelainan Penis

Bahayakah Bila Sperma Tertelan?

 

Ditulis oleh:

  1. Jessica Florencia

Anggota Redaksi Medis

  1. com

Baca Juga

Artikel Pilihan Redaksi

5 Keunggulan Susu Kedelai

Begini Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Apakah Bayi Perlu Suplemen Zat Besi?

Rayakan Idul Fitri Bersama Keluarga di Lima Restoran Ini

Hati-hati Infeksi Saluran Kencing

Asma, Diabetes, Kanker Minggir Berkat Bawang Bombai

TRIBUNNEWS.COM – Dari rupanya saja, bawang bombai terlihat kurang menarik. Belum lagi bau mulut dan rasa perih pada mata yang muncul setelah mengonsumsinya atau saat mengolahnya.

Namun jangan remehkan khasiat bombai bagi kesehatan.

“Bombai mengandung komponen sulfur yang cukup tinggi sehingga kaya akan kandungan agen detoksifikasi. Ini pula alasan mengapa baunya sangat menyengat,” ujar ahli gizi Dr. Jonathan Stegall dari Johns Creek, Amerika, seperti dikutip Tribunnews.com dari MedicalDaily.com.

Lantas apa saja manfaatnya? Nah, berikut lima manfaat bombai untuk kesehatan.

1. Peredam Asma

Bombai memiliki seperti efek antihistamine karena kandungan quercetin, antioksidan yang berfungsi sebagai agen antiperadangan. Dalam sebuah penelitian, quercetin terbukti mampu mencegah sel imuno mengeluarkan  histamine, bahan kimia penyebab reaksi alergi, salah satunya asma.

2. Kanker

Bombai juga dapat menurunkan risiko kanker. Efeknya bakal maksimal bila dikombinasikan dengan kunyit. Sebuah penelitian pada 2006 yang dipublikasikan Clinical Gastroenterology and Hepatology menyebutkan sinergi keduanya mampu menurunkan jumlah dan ukuruan sel kanker pada usus. Di samping itu, kombinasi bombai dan kunyit membantu tubuh mendetoks sel-sel penyebab kanker.

3. Diabetes

Allyl propyl disulphide, minyak esensial dalam bombai, diketahui dapat memicu produksi insulin dalam tubuh sehingga menurunkan tingginya kadar gula darah (glukosa) yang disinyalir sebagai penyebab diabetes.

4. Penyakit Jantung

Quercetin dalam bombai diketahui juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Demikian hasil sebuah penelitian yang dipublikasikan The Journal of Nutrition. “Bombai berperan penting dalam menjaga tekanan darah, pembekuan darah di arteri dan menjaha keelastisan arteri,” ujar Stegall.

5. Karies Gigi (Pembusukan Gigi)

Baunya memang tidak enak, namun bombai sangat berkhasiat bagi kesehatan gigi. Cukup menguyah bombai mentah dapat menguatkan gigi dan membunuh bakteri penyebab pembusukan. (Daniel Ngantung) 

Baca Juga:

Hasil Uji Kebohongan dan Medis Jadi Bukti Pendukung


0 Responses to “PusKesMas : Manfaat Ciuman, Jin Ketat Tak Sehat, Ciri Sperma Sehat”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,093,125 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: