14
Apr
14

Pemilu Legislatif : Waspadai Data-data Survei Sesat

Minggu, 13-04-2014 13:04

Waspadai Data-data Survei Sesat!

Penulis :

JAKARTA, PESATNEWS – Ketua Dewan Pakar Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Dr Ir Pandji R Hadinoto SH MH MS mengimbau masyarakat untuk mewaspadai ternyata data-data surveyor sesat dalam hitung cepat (quick count) hasil Pemilu legislatif (Pileg) 2014.

Pasalnya, jelas Pandji, mencermati temuan LitBang DPN PKPI, ternyata perolehan suara PKPI hasil hitung cepat internal tembus 3,7 persen suara. “Karena itu, kewaspadaan publik perlu ditingkatkan sebaik-baiknya guna terhindar dari kesesatan,” tegasnya, Minggu (13/4/2014).

Sebelumnya diberitakan, dari hasil survei yang dilakukan internal PKPI, ternyata perolehan suara PKPI mencapai 3,7 – 4,2 persen. “Survei internal ini dilakukan sebanyak 3000 TPS sebagai sampling yang tersebar di Indonesia,” tandas Ketua Umum PKPI, Sutiyoso di Kantor PKPI, Jakarta, Jumat (11/4/2014).

“Kami menghargai hasil sejumlah hitung  cepat para surveyor. Dari hasil quick count, kami juga melakukan perhitungan dengan sampling 3000 TPS yang tersebar di Indonesia. Data perolehan dari survei internal kami mencapai 3,7 persen dan kemungkinan bisa menembus angka 4,2 persen,” kata Sutiyoso.

Perkembangan politik di Indonesia yang sangat dinamis, Sutiyoso menilai, seolah ada penggiringan opini yang mengara pada kepentingan pihak-pihak tertentu. Sehingga, hal itu secara tidak langsung mendiskritkan PKPI yang dinilai hanya memperoleh 1 persen suara saja.

“Di luar negeri, survei bisa dipertanggujawabkan hasil surveinya. Di Indonesia sudah bukan menjadi rahasia lagi, beberapa survei juga mengarahkan opini untuk yang bayar. Untuk itu, quick count bukan menjadi masalah, hasil akhir perhitungan riil count oleh KPU masih kita tunggu,” jelas Sutiyoso.

“Secara logika aneh ketika survei yang dilakukan internal PKPI dengan 3000 TPS hanya mendapat 1 persen, dan itu sangat berbeda dengan hasil survei yang dilakukan internal partai yang mendapatkan 3,7 persen,” tambahnya.

Dijelaskan, rata-rata dari surveyor Indonesia, jumlah sampling yang digunakan sebanyak 2000 TPS. Quic count yang dirilis 9 April kemarin, lanjutnya, bahkan belum selesai dan masih banyak permasalah. “PKPI itu gabungan dari 13 parpol, kekuatannya 6,7 persen. Saya tak menampik kemungkan ada yang lari sana dan sini. Namun, dengan logika seperti itu, apalagi saat kampanye respon masyarakat sangat baik, jadi sangat tidak masuk akal suara PKPI hanya mendapat 1 persen saja. Ini nanti yang akan kami sampaikan kepada KPU,” paparnya.

Sementara, Ketua Litbang PKPI, Bruno Kakawo menegaskan, dari survei yang dilakukan PKPI, secara jelas dan nyata hasil suara yang didapatkannya. “Kami lakukan dengan 3000 TPS yang tersebar di Indonesia, margin eror 0,2 persen. Metode pengumpulan suara, dari hasil yang diperoleh di setiap  TPS langsung dikirim melalui pesan singkat (SMS),” terangnya. (ira)

Editor : zafira

Jokowi: Kabinet Saya Akan Lebih Banyak Diisi Profesional

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Joko Widodo alias Jokowi menegaskan, koalisi yang akan dibentuk bukanlah koalisi berbagi kekuasaan di kabinet.

Menurut Jokowi, kalau menjadi menjadi presiden, kabinetnya tidak akan diisi tokoh-tokoh yang tidak kredibel. Tapi, kata Jokowi, kabinetnya akan lebih banyak diisi tokoh-tokoh profesional dalam bidangnya masing-masing. Bukan jabatan dari hasil bagi-bagi ‘kue’ koalisi di kabinet.

“Yang banyak profesional,” tutur Jokowi di sela-sela memantau Waduk Pluit, Jakarta Utara, Minggu (13/4/2014).

Karena itu, Jokowi menjelaskan penjajakan politik ke seluruh partai Politik akan terus dilakukan. Selain untuk menjalin koalisi, hal ini juga buat memberikan pandangan mengenai kabinetnya tersebut kepada parpol lain.

Baca Juga:

Waktu Dekat, Jokowi Bakal Luncurkan Aplikasi Games Baru

ICW Nilai Langkah Jokowi Tak Lapor Indikasi Korupsi Disdik DKI ke Penegak Hukum Tidak Tepat

 


0 Responses to “Pemilu Legislatif : Waspadai Data-data Survei Sesat”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,062,175 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: