08
Mar
14

Kemahasiswaan : Piagam Suryakencana, Konsolidasi Penyelamatan Konstitusi

Konsolidasi Penyelamatan Konstitusi Telurkan Piagam Surya Kencana

Fadlan Syiam Butho
5 Mar 2014 19:10:30
Konsolidasi Penyelamatan Konstitusi Telurkan Piagam Surya Kencana

Konsolidasi Penyelamatan Konstitusi (Foto: Aktual.co/Fadlan Syiam Butho)
Jakarta, Aktual.co — Mahasiswa dari berbagai daerah yang bersatu dalam Konsolidasi Mahasiswa Nasional Indonesia (Komando) telah menyepakati hasil pertemuan di Cianjur.

Kesepakatan itu diberi nama Piagam Surya Kencana. Nama Surya Kencana diambil dari kultur masyarakat dari daerah yang menjadi tuan rumah dalam konsolidasi ini, yakni Cianjur, Jawa Barat.
“Piagam ini akan menjadi alasan gerak kita depan. Dalam piagam, kami tekankan untuk menyelamatkan Indonesia terutama kekayaan sumber daya alamnya lewat menyelamatkan konstitusi terlebih dahulu,” ujar Juru Bicara Komando, Boma Angkasa, Rabu (5/3).
Amandemen Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 menjadi salah satu fokus mahasiswa kali ini. Karena amandemen tersebut telah memberikan pintu masuk bagi para penjajah asing yang merampok kekayaan Indonesia yang didasari oleh konstitusi.
“Amandemen UUD 1945 terutama pada pasal 33 telah membuka pintu penindasan asing. Karena dari dasar itu, maka lahirlah UU No 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal Asing, sehingga melanggengkan penjajahan gaya baru di Indonesia,” tambah mahasiswa Universitas Pamulang.
Maka dari itu, mahasiswa menegaskan akan terus bergerak untuk merontokan rezim yang melindungi kepentingan asing dan menindas rakyat Indonesia.
“Dengan semangat Pembukaan UUD 1945, Proklamasi Kemerdekaan, Pancasila, dan Tri Sakti maka kami bersumpah untuk terus menggalang kekuatan demi kedaulatan bangsa,” tegas Boma menutup.
Ari Purwanto

Konsolidasi Aktivis Komando Hasilkan Piagam Surya Kencana

By admin on March 7, 2014  

Ahmad Fauzan Sazli

06 03 2014 KomandoCIANJUR, KabarKampus– Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Konsolidasi Mahasiswa Nasional Indonesia Indonesia (Komando) telah menggelar petemuan nasional di Universitas Surya Kencana (Unsur), Cianjur Jawa Barat, dari tanggal 03 – 05 Maret 2013. Pertemuan yang diikuti mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia ini menghasilkan dua kesepakatan yakni Piagam Surya Kencanya dan komitmen gerak.

Boma Angkasa, juru bicara Komando mengatakan, dua kesepakatan yang mereka hasilkan tersebut,  berdasarkan kesadaran bahwa selama ini penjajahan yang ada di Indonesia telah dilindungi oleh konstitusi. Dimana amanden pasal 33 UUD 1945 akhirnya melahirkan UU No.25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal Asing.

Ia menjelaskan, piagam Surya Kencana tersebut menyatakan, bahwa diberlakukannya Undang-Undang Dasar 1945 hasil amandemen merupakan bukti nyata penghianatan terhadap konstitusi. Hal itu karena buah hasil dari amandemen UUD 1945 dari pertama sampai keempat secara nyata membuka pintu penjajahan yang bertolak belakang dengan semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Pembukaan Undang – Undang Dasar 1945, Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Falsafah Bangsa.

“Hal inilah yang menjadi alasan bahwa Amandemen UUD 1945 tidak dapat mempunyai daya imunitas terhadap penjajahan saat ini,” ungkap Boma.

Oleh karena itu, menurut Boma, langkah gerak yang akan mereka lakukan adalah pada tanggal 19 Maret 2014 mendatang akan mereka jadikan momentum untuk mengakumulasi kekuatan dari setiap wilayah di Indonesia.

“Kemudian tanggal 24 Maret adalah waktu dimana kekuatan massa akan masuk ke Jakarta,” ungkapnya.

Selanjutnya, pada tanggal 25 Maret 2014 mendatang akan menjadi pesta besar yang akan mereka gelar demi selamatnya konstitusi Indonesia

 

Selain Piagam Surya Kencana, Mahasiswa Juga Sepakat Bergerak Bersama

6 Mar 2014 16:32:29
Selain Piagam Surya Kencana, Mahasiswa Juga Sepakat Bergerak Bersama

Konsolidasi Penyelamatan Konstitusi (Foto: Aktual.co/Fadlan Syiam Butho)
Jakarta, Aktual.co — Konsolidasi Mahasiswa Nasional Indonesia (Komando) telah selesai diselenggarakan.Dalam konsolidasi yang digelar sejak tanggal 3-5 Maret 2014 kemarin, mahasiswa telah menelurkan Piagam Surya Kencana yang menegaskan penolakan terhadap keterjajahan Indonesia.”Penjajahan terhadap Indonesia telah dilindungi oleh UU No 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal Asing. Hal itu diawali dengan diamandemennya Pasal 33 dalam UUD 1945,” papar Koordinator Komando Cianjur, Yana Sopyan di Cianjur, Kamis (6/3).

Selain Piagam, mahasiswa juga menetapkan langkah gerak nyata.

“19 Maret kami akan akumulasi kekuatan mahasiswa sebagai pra kondisi aksi besar nanti. Dan pada 24 Maret, mahasiswa masuk ke Ibu Kota (Jakarta) untuk melakukan aksi pada 25 Maret,” ujar Koordinator Komando Palembang, Febri di kantor LBH Cianjur. Kamis (6/3).

Febri juga berkata mahasiswa akan terus berkonsolidasi agar jumlah masa akan semakin besar.

Ari Purwanto

0 Responses to “Kemahasiswaan : Piagam Suryakencana, Konsolidasi Penyelamatan Konstitusi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,062,175 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: