05
Mar
14

PusKesMas : Enam Langkah Menjaga Ginjal

Enam Langkah Menjaga Ginjal

inShare0

Dok / National Kidney Foundation

Ginjal adalah organ pembuluh darah, sehingga Anda perlu menjaga kesehatan pembuluh darah.

JAKARTA – Satu dari tiga orang Amerika berisiko sakit ginjal, karena tekanan darah tinggi, diabetes, atau riwayat keluarga yang gagal ginjal. Dalam rangka memperingati Bulan Ginjal Nasional pada Maret dan Hari Ginjal Sedunia pada 13 Maret, Yayasan Ginjal Nasional AS mengajak semua orang untuk mempelajari tentang organ yang mirip kacang merah ini dan terus berusaha untuk hidup sehat.

Awalnya, sebagian besar orang lahir dengan dua ginjal, tapi sebenarnya Anda hanya butuh satu. Setiap hari, ginjal menyaring 200 liter darah dan menghilangkan 2 liter racun, kotoran, dan racun dari dalam tubuh. Dalam proses pembersihan ini, kotoran dan air meninggalkan tubuh melalui urine. Ginjal Anda dapat mengatur tingkat cairan dalam tubuh, tulis Dr. Kerry Willis,Senior Vice President for Scientific Activities di Yayasan Ginjal Nasional, di FoxNews.com, Senin (3/3). 

Ginjal juga melepaskan hormon-hormon yang mengatur tekanan darah, memproduksi sel-sel darah merah, dan merawat kesehatan tulang.

Kerusakan ginjal biasanya perlahan-lahan, sehingga orang mungkin tidak “merasa sakit” sampai ginjalnya benar-benar dalam kondisi buruk. Karenanya, memperhatikan kesehatan ginjal, melakukan pencegahan, dan deteksi dini sangat penting bagi kesehatan ginjal.

Berikut enam tips untuk mengurangi risiko sakit ginjal yang dibagikan Yayasan Ginjal Nasional AS.

1. Melakukan Tes
Jika Anda berisiko sakit ginjal, penting untuk melakukan pemeriksaan ginjal tahunan. Ada dua tes yang perlu Anda lakukan. Pertama, tes urin untuk albumin, sejenis protein dalam kencing yang jadi pertanda awal kerusakan ginjal. Kedua, tes darah untuk mengetahui creatinine, limbah dari metabolisme otot yang dibersihkan oleh ginjal.

2. Kontrol Tekanan Darah dan Tingkat Gula Darah  
Tekanan darah tinggi dan diabetes adalah dua penyebab sakit ginjal. Ginjal adalah “organ pembuluh darah”, artinya mengandung banyak pembuluh darah. Dengan demikian, penyakit akibat kerusakan pembuluh darah, termasuk tekanan darah tinggi dan diabetes dapat merusak ginjal. Bahkan, tekanan darah tinggi “ringan” atau prahipertensi dan kenaikan tingkat gula darah, yang umum disebut pradiabetes dapat merusak ginjal. Jadi,  Dr Willis, mengingatkan Anda agar mencegah kondisi “Pra” dengan merawat kesehatan ginjal Anda.

3. Jaga Berat Badan
Menjaga berat badan sehat berpengaruh penting bagi ginjal. Kelebihan berat badan berarti ginjal harus bekerja keras untuk menyaring racun dan menyesuaikan kebutuhan  metabolisme yang meningkat dalam bobot tubuh. Obesitas juga meningkatkan peluang Anda untuk menderita diabetes dan tekanan darah tinggi, dua faktor risiko utama ginjal. Menurunkan berat badan dapat membantu mengurangi risiko tersebut.

4. Berhenti Merokok 
Merokok dapat memperburuk sakit ginjal dan penyakit yang merusak ginjal, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.  Berhenti merokok mungkin tidak enteng, tapi adalah salah satu perubahan gaya hidup yang paling penting untuk melindungi ginjal dan berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.

5. Olahraga dan Jaga Makanan
Karena kerusakan ginjal biasanya terjadi secara perlahan, keputusan-keputusan harian dapat membuat perbedaan dalam mencegah sakit ginjal. Membuat pilihan-pilihan yang baik setiap hari, seperti olahraga dan menyantap makanan sehat akan mengurangi risiko sakit ginjal. Mengasup makanan yang ramah ginjal dan mencegah tekanan darah tinggi dapat jadi pilihan untuk kesehatan ginjal. Kurangi garam dan perhatikan kadar sodium tinggi dalam makanan olahan, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan merusak ginjal.

6. Hati-Hati Minum Obat  
Banyak resep dan obat-obatan, termasuk obat nyeri, disaring oleh ginjal. Artinya, ginjal akan mengurai obat tersebut dan  mengeluarkan obat itu dari tubuh. Selalu perhatikan label sehingga Anda tahu risiko dan manfaat obat yang Anda gunakan. Hindari penggunaan berlebihan obat yang dapat membahayakan ginjal, seperti ibuprofen dan naproxen.

Sumber : FoxNews.com


0 Responses to “PusKesMas : Enam Langkah Menjaga Ginjal”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,060,880 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: