14
Feb
14

IpTek : Blackberry Teranyar

Ponsel BlackBerry dengan Processor Octacore 64 Bit dan RAM 4GB Akan Dirilis Bulan September

Konten Terkait

TeknoUp.com

Kabar bahwa BlackBerry tengah mempersiapkan System on Chip (SoC) MSM8994 untuk perangkat kelas atas mereka telah beredar pada awal bulan kemarin. Kabarnya, chip ini dibangun dengan pemrosesan 20nm dan terdiri dari CPU octacore 64 bit dengan clock 2,5GHz, RAM 4GB, GPU Adreno 430 dan 4G LTE yang terintegrasi.

Kabar sebelumnya menyatakan bahwa perangkat tersebut baru akan dirilis pada tahun 2015. Namun, menurut kabar terbaru yang beredar baru-baru ini, perangkat BlackBerry dengan processor octacore 64 bit ini sudah dalam tahap pengembangan.

Jika hasil pengembangannya sesuai target, maka perangkat ini kabarnya akan siap untuk dirilis oleh BlackBerry pada bulan September 2014 mendatang untuk menantang flagship-flagship dari Android, iOS, dan juga Windows Phone.

via techradar

Berita Lainnya

Ini Dia Spesifikasi BlackBerry Jakarta Menurut Geekbench

TeknoUp 

TeknoUp.com

Teknokerz tentu sudah mengetahui BlackBerry telah mengumumkan tahun lalu bahwa mereka akan bekerjasama dengan Foxconn lima tahun kedepan untuk membuat perangkat yang ditujukan ke pasar berkembang. Salah satu perangkat yang sudah diketahui bernamakan ibu kota Indonesia, Jakarta. Bahkan berita mengenai pembangunan pabrik Foxconn di kawasan Marunda sudah santer terdengar beberapa waktu lalu. Perangkat Jakarta ini diperkirakan akan diumumkan saat MWC 2014.

Sebelumnya informasi spesifikasi perangkat ini masih belum diketahui, yang jelas akan mengusung keyboard QWERTY fisik dimana menjadi ciri khas perangkat BlackBerry sejak dulu. Kini berdasarkan laporan yang diperoleh dari Geekbench, BlackBerry Jakarta dikatakan menggunakan prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon Plus 1.19GHz, GPU Adreno 305, dan RAM 1.5GB. Jakarta juga akan berjalan dengan BlackBerry OS 10.2.1 yang belum lama ini dirilis. Spesifikasi tersebut memang tidak istimewa karena tujuan perilisan Jakarta memang untuk pengguna menengah kebawah. Kita tunggu saja informasi selanjutnya di acara MWC 2014 tanggal 24 Februari nanti.

via ubergizmo

Berita Lainnya

BBM 2.0 untuk Android dan iOS Dirilis, Hadirkan BBM Channels, BBM Voice, dan 100 Emoticon Baru

Sarankan

TeknoUp.com

BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android dan iOS diperbarui ke versi 2.0. Di versi terbarunya, pengguna Android dan iOS bisa menikmati fitur BBM Voice, BBM Channel, berbagi lokasi dengan Glympse, integrasi dengan Dropbox, dan 100 emoticon baru.

“BBM terus menghadirkan fungsi baru sebagai platform messaging utama yang menyediakan cara sederhana dan efektif untuk tetap terhubung. Pengumuman hari ini memberikan pelanggan Android dan iPhone pengalaman lebih luas dari layanan BBM Voice dan BBM Channel – dua cara yang bagus untuk terhubung dengan teman, keluarga, dan rekan, untuk membangun komunitas yang punya minat sama, dan mengikuti orang serta brand yang difavoritkan,” kata John Sims, President, Global Enterprise Solutions BlackBerry melalui pernyataan resminya.

“BBM terus berkembang pesat sebagai platform sosial mobile bagi konsumen maupun pelanggan korporasi melalui fitur inovatif yang memberikan cara-cara baru untuk terhubung dan berbgai satu sama lainnya,” kata Sims.

BBM Channels & BBM Voice

BBM Channels dan BBM Voice merupakan fitur baru yang sebenarnya sudah lebih dulu ada di perangkat BlackBerry. BBM Channels memungkinkan pengguna berinteraksi dengan pengguna lain yang memiliki minat pembicaraan sama, seperti tentang sebuah produk, hobi, olahraga, fashion, otomotif, dan lainnya. Channels bisa dibuat oleh pemilik brand, para pebisnis, dan pengguna BBM biasa.

Sementara BBM Voice merupakan fitur yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan suara melalui koneksi WiFi atau seluler. Jika kontak BBM (lawan bicara) sudah mendukung BBM Voice, pengguna akan melihat icon berwana hijau di kanan atas pada jendela chat. Untuk melakukan panggilan, cukup tekan icon tersebut.

 

Dua Berita Buruk Besar Bagi BlackBerry

blackberry device

Saya ingat pada lima hingga tujuh tahun lalu perangkat BlackBerry saat itu sangat menjamur di tengah-tengah pasar pengguna Indonesia. Mulai dari kalangan profesional, ibu rumah tangga, hingga kalangan remaja tak luput dari kepopuleran perangkat yang kala itu masih di bawah nama perusahaan Research In Motion (RIM). Namun kini semuanya telah berubah, nama besar BlackBerry telah memudar dan baru-baru ini sebuah riset menyatakan BlackBerry tidak lagi populer di pasar Indonesia.

Seperti yang dilansir oleh The Jakarta Globe hari ini, pasar Indonesia yang sempat menjadi pasar terbesar bagi perangkat BlackBerry kini telah sepenuhnya berubah haluan. Siapa lagi penyebabnya kalau bukan dari perangkat Android dan juga iOS yang diwakili oleh iPhone dkk. Walau sempat “menyelamatkan diri” dengan melepas aplikasi pesan instan andalannya BlackBerry Messenger (BBM) ke platform lain, namun pesona dari BlackBerry tetap memudar.

Hal tersebut dapat dilihat pada laporan yang dilansir oleh International Data Corporation (IDC) melalui pemberitaan The Jakarta Globe mengenai laporan data pengapalan smartphone ke Indonesia. Dalam laporan itu, BlackBerry hanya mampu mengisi sebesar 14% dari 11 juta smartphone yang masuk ke pasar Indonesia pada tahun lalu. Kondisi ini membuat BlackBerry berada di balik bayang-bayang besar produsen smartphone lain seperti Samsung, Apple, Sony, dan bahkan Smartfren yang notabene bukan sebagai produsen smartphone. Perlu diingat, persentase pengapalan tidak berbanding sama dengan jumlah penjualan.

Pamornya yang menurun juga secara otomatis berimbas pada penjualannya yang menurun. The Jakarta Globe juga mengungkapkan, penjualan handset BlackBerry telah menurun drastis dan berbanding jauh dengan smartphone merek lainnya di beberapa ritel, walau begitu ditemukan juga beberapa pengguna yang kembali menggunakan BlackBerry karena tidak nyaman menggunakan aplikasi BBM di platform lain namun itu tidak terlalu banyak.

Menurut IDC, hilangnya pamor BlackBerry di Indonesia – seperti yang mungkin sudah diketahui oleh pembaca – salah satunya disebabkan oleh BlackBerry yang dikenal “miskin” aplikasi-aplikasi mobile yang populer. “BlackBerry telah kehilangan traksi pasar yang cukup besar dari pasar pengguna aplikasi yang jauh lebih memilih ke sistem operasi lain yang lebih memiliki banyak pilihan,” ungkap Darwin Lie salah satu analis dari IDC seperti yang tertera dalam pemberitaan The Jakarta Globe.

Tidak populernya BlackBerry di Indonesia tentu juga mengakar di berbagai segmen pasarnya, seperti pada laporan Intermedia beberapa waktu lalu, BlackBerry yang awalnya dirancang bagi kalangan pebisnis, akhir-akhir ini posisinya tergeser oleh perangkat iOS. Perangkat berlogo buah apel tersebut dinyatakan sebagai perangkat yang jauh lebih diminati bagi kalangan pebisnis. Kondisi itu tentu menggeser fungsi awal BlackBerry yang dikhususkan untuk pebisnis yang akhirnya harus menyerah oleh platform yang menawarkan fungsi multi-purpose.

Bagaimana dengan segmen pasar pengguna lain? Sepertinya kondisi yang ditemukan akan kurang lebih sama. Entah apa yang harus dilakukan oleh BlackBerry dalam waktu-waktu ke depan untuk mengembalikan pamornya, terlebih setelah Andrew Bocking, Executive Vice President dan penggagas BBM, meninggalkan BlackBerry. Dengan dileburnya divisi BBM ke divisi Global Enterprise Solutions, langkah BlackBerry jelas akan semakin berat.

Advertisements

0 Responses to “IpTek : Blackberry Teranyar”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,306,039 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: