12
Feb
14

Kepemimpinan : Inilah Solusi untuk Anti GolPut

Berita Terkini
Selasa, 11-02-2014 11:31

Inilah Solusi untuk Anti Golput

Dian Purnama

Dr Ir Pandji R Hadinoto SH MH MS

Dr Ir Pandji R Hadinoto SH MH MS

JAKARTA, PESATNEWS – Ketua Presidium Koalisi Penyelamat Indonesia, Dr Ir Pandji R Hadinoto MH, menawarkan solusi anti GOLPUT dalam Pemilu nanti yaitu gerakan pembudayaan GOLDEN (Golongan Demokratis Negarawan) dan VONI (Vote Non Incumbent).

“Ini untuk menegaskan jawaban atas pendapat bahwa sistem politik di Indonesia perlu diubah, agar masyarakat tidak GOLPUT pada pemilu,” tegas Pandji dalam rilisnya, Selasa (11/2/2014).

Menurutnya, GOLPUT sangat tidak dianjurkan tetapi itu adalah bentuk protes masyarakat terhadap sistem dan elit politik, maka sistem perpolitikan nasional-lah yang harus diubah. Dipahami, berjalannya sebuah proses demokrasi itu berbanding lurus dengan tingkat partisipasi masyarakat, dan rendahnya partisipasi masyarakat dalam pemilu menjadi tolok ukur gagal/tidaknya proses demokrasi tersebut.

“Memang mengubah sistem politik perlu waktu yang panjang, tidak cukup hanya dengan masa satu kali pemilu, sehingga perlu satu pemikiran revolusioner yang mengarah ke sana
Sementara ini, jika melihat konstelasi politik nasional yang berkembang kini tidak sesuai harapan warga, maka dimungkinkan tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2014 akan rendah,” paparnya.

Pandji menegaskan, GOLPUT adalah cerminan dari ketidakpercayaan masyarakat terhadap sistem perpolitikan selama ini yang biasanya cenderung mengulang pola yang sama seperti para pendahulunya.

“Kasus korupsi, maupun kaya mendadak di kalangan pejabat Indonesia, adalah sebagai faktor yang meningkatkan ketidakpercayaan masyarakat. Masyarakat kini sudah mampu berpikir kritis, mereka sendiri bisa melihat bagaimana moralitas dan mentalitas para elit politik, membawa-bawa nama rakyat tetapi dalam realitasnya tidaklah demikian,” tandas Caleg DPR RI dari PKPI Dapil DKI Jakarta II Nomor urut 2 ini.
Karena itu, tegas Pandji, pihaknya sangat berharap lembaga-lembaga pemangku kepentingan dengan Pemilu mampu kampanyekan gerakan-gerakan untuk kesadaran terhadap proses demokrasi yang benar guna kemajuan demokrasi bersama, dengan memperbaiki sistem perpolitikan secara nasional, misalnya dengan kampanyekan GOLDEN dan VONI. [*]

Editor : Arief Sofiyanto

Advertisements

0 Responses to “Kepemimpinan : Inilah Solusi untuk Anti GolPut”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,197,709 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: