23
Jan
14

PusKesMas : Cokelat dan Anggur Merah Sembuhkan Diabetes

Rabu, 22 Januari 2014 | 06:15 WIB

Cokelat dan Anggur Merah Bisa Sembuhkan Diabetes

Cokelat dan Anggur Merah Bisa Sembuhkan Diabetes

Ilustrasi coklat. Fanpop.com

 

TEMPO.CO, Jakarta – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang tubuh masyarakat modern saat ini. Meski diklaim sebagai penyakit turunan, konsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi dan tak dikontrol menjadi penyebab utama. Jika sudah terjangkit penyakit ini, biasanya orang itu harus mengkonsumsi obat sepanjang hidupnya. 

Meski obat adalah ‘jalan pintas’ untuk sembuh, sebuah penelitian yang dilakukan di University of East Anglia di Norwich, Inggirs, menduga bahwa cokelat dan anggur merah bisa menyembuhkan diabetes. Peneliti sepakat kandungan flavanoid yang tinggi pada cokelat dan anggur merah dapat memberikan perlindungan pada penderita diabetes tipe 2 untuk mengatur kadar gula.

“Perubahan kecil pada diet normal penderita gula dapat memiliki efek samping yang signifikan. Penelitian kami menunjukkan bahwa satu porsi buah setiap hari dapat membantu mengontrol kadar gula darah Anda. Selain itu, cokelat dan anggur juga bisa mencegah Anda dari serangan jantung,” kata kepala penelitian, Profesor Aedin Cassidy. 

Penelitian ini melibatkan 2.000 wanita penderita diabetes. Mereka diminta untuk mencatat semua makanan dan minuman yang mereka konsumsi. Para wanita ini juga diminta mencatat kadar gula dari sampel darah mereka.

Ternyata, perubahan kadar gula darah terlihat saat mereka banyak memakan makanan yang mengandung flavanoid, yang dapat mengatur kadar insulin. Selain mengatur kadar gula, flavanoid juga dipercaya dapat mencegah peradangan kronis. Kandunganflavanoid juga bisa ditemukan pada tanaman hijau, kecuali alga.

RINDU P HESTYA | FOX NEWS

Kesemutan, Waspada Bila Tak Mereda

Kesemutan yang tidak segera hilang dapat menjadi gejala awal sebuah penyakit serius.

(thenest.com/)

Ketika posisi tubuh kita menyebabkan saraf terjepit, kita pasti mengalami kesemutan karena aliran darah menjadi tidak lancar. Kesemutan merupakan suatu gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsang listrik di sistem tidak tersalurkan maksimal karena berbagai sebab. Misalnya, duduk dengan kaki dilipat terlalu lama, jongkok terlalu lama, tangan tertindih saat tidur, dan lain sebagainya.

Bahkan pada beberapa orang, tidur miring terlalu lama saja dapat menyebabkan kesemutan. Untuk mengembalikan aliran darah, luruskan posisi tubuh yang menekuk tadi, kesemutan akan hilang dengan sendirinya.

Namun ada beberapa faktor yang menyebabkan kesemutan tidak hilang dengan sendirinya. Kesemutan yang tidak segera hilang dapat menjadi gejala awal sebuah penyakit serius, misalnya pada penderita tumor otak. Mula-mula penderita mengeluhkan kesemutan di telapak kaki, lama-kelamaan telapak kaki terasa tebal dan menjalar ke atas. Kekuatan kaki mulai melemah dan tidak bisa berjalan lagi.

 

Gejala penyakit lain

Apabila Anda mengalami kesemutan yang tidak hilang dengan sendirinya, frekuensi kesemutan semakin bertambah setiap harinya, dan area kesemutan semakin luas, maka saatnya anda berkonsultasi dengan dokter.

Kesemutan bisa jadi merupakan gejala penyakit serius, tapi bisa juga merupakan efek samping obat, kurangnya aktivitas fisik, obesitas, atau karena menderita penyakit-penyakit tertentu seperti stroke, jantung, dan diabetes. Pada penderita stroke, apabila menyerang sistem sensoriknya maka ia akan merasakan kesemutan, namun bila yang diserang motoriknya ia akan mengalami kelumpuhan.

Pada penderita TBC kronik dan stroke yang kurang mendapat perawatan fisioterapi dapat mengalami penciutan otot. Kesemutan juga dapat muncul apabila seseorang mengonsumsi obat TBC dan obat infeksi.

Menghadapi pasien kesemutan, dokter akan menyelidiki beberapa hal. Pertama, bagian tubuh mana yang paling awal mengalami kesemutan, kemudian bagian mana yang paling sering kesemutan, seberapa sering kesemutan, dan seberapa luas kesemutan itu. Jika kesemutan ini merupakan tanda awal penyakit, maka jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, penderita akan mengalami anaesthesia (hilang rasa).

() 

 

Advertisements

0 Responses to “PusKesMas : Cokelat dan Anggur Merah Sembuhkan Diabetes”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,223,246 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: