05
Dec
13

Kebudayaan : Gebyar Kerajaan MoNas Rp 20 Milyar ?

“Untuk menguatkan suasana keraton, panitia menciptakan kerajaan artifisial bernama Kerajaan Monas, dengan memasang ornamen dan bangunan keraton“, demikian pemberitaan Kompas 4 Desember 2013 halaman 15 bertajuk Acara Budaya Festival Keraton Sedunia di Jakarta.
Perhelatan bernuansa Keraton Kerajaan yang mengambil ruang kegiatan terpusat di Plaza Monumen Nasional ini seharusnya juga mempertimbangkan bahwa di lokasi yang sama d/h Lapangan Ikada tergelar Rapat Raksasa 19 September 1945 menegakkan Proklamasi Indonesia Merdeka 17 Agustus 1945. Demikian juga Rancangan Arsitektur Tugu Monumen Nasional itu dikaji Petisi-17 pada bulan Januari 2012 sebagai memenuhi simbolika daripada sila2 Pancasila yang menjadi dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga pertanyaannya adalah sejauh mana kewaspadaan PemProv DKI Jakarta sendiri dalam menghadapi adanya kemungkinan konflik pemahaman antara makna Kerajaan Artifisial Monas terhadap pengertian Republik itu sendiri ? Bahkan besaran Rp 20 Milyar yang diperuntukkan bagi biaya fasilitasi peserta, promosi dlsb itu menurut rekan konsultan bangunan adalah sebetulnya cukup untuk mendirikan Rumah Susun berkapasitas 200 Kepala Keluarga.
Jakarta, 5 Desember 2013
Pandji R Hadinoto, Dewan Pakar PKPI
Salam Negarawan 17845,
Pandji R Hadinoto, PKPI Nasionalis Pancasila
CaLeg DPRRI Jkt-2 (JakPus-JakSel-LN) No. 2
http://www.jakarta45.wordpress.com

METRO

10 Raja Mancanegara Bakal Ikut Kirab Budaya di Jakarta

Kerajaan Inggris ikut diundang lewat Pangeran Andrew.

ddd
Rabu, 4 Desember 2013, 00:54 Siti Ruqoyah, Eka Permadi
Salah satu peserta Kirab Budaya (foto ilustrasi)

Salah satu peserta Kirab Budaya (foto ilustrasi) (VIVAnews/Fajar Sodik)

VIVAnews – Pemprov DKI akan menyelenggarakan World Royal Heritage Festival atau pesta raja-raja sedunia. Acara tersebut akan diadakan pada 5-8 Desember 2013.

Pesta para raja ini akan diikuti 156 keraton nusantara, 10 kerajaan mancanegara, seperti Inggris, Skotlandia, Kaisar Jepang, Filipina, Malaysia dan Brunai Darussalam.

“Semua negara yang akan ikut udah confirm. Kita udah rencanakan lama ada beberapa yang nggak jadi ikut seperti Thailand. Mereka nggak ikut karena tanggal 6-7 Desember disana ulang tahun raja,” kata Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.

Sebelumnya Jokowi membuat undangan khusus bagi kerajaan Inggris untuk ikut serta dalam acara ini. Undanga itu diserahkan langsung kepada Pangeran Andrew yang datang beberapa waktu lalu ke Jakarta sebagai utusan dagang kerajaan Inggris.

Untuk menggelar perhelatan ini Pemprov DKI harus merogoh kocek yang sangat dalam. “Biaya yang kita keluarkan besar. Ini sebanding dengan event yang ingin kita buat reguler dua tahun sekali,” ujar Jokowi.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budiman mengatakan, total anggaran yang dibutuhkan untuk acara ini sebesar Rp20 miliar. Anggaran itu dialokasikan untuk biaya akomodasi peserta festival, transportasi termasuk promosi.

Ia menargetkan, jumlah kunjungan turis mancanegara di acara itu mencapai 2,2 juta orang atau 10 persen lebih banyak dibanding penyelenggaraan sebelumnya.
Adapun jumlah kunjungan wisatawan domestik ditargetkan sebesar 28 juta orang, sementara tahun sebelumnya 25 juta orang.

World Royal Heritage Festival atau pesta raja-raja sedunia akan menampilkan beragam seni dan budaya kerajaan nusantara serta mancanegara. (umi)

Advertisements

0 Responses to “Kebudayaan : Gebyar Kerajaan MoNas Rp 20 Milyar ?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,195,864 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: