14
Oct
13

PusKesMas : 7 (Tujuh) Manfaat Brokoli dan Selai Kacang

10 Oktober 2013 | 14:01 wib

Tujuh Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh

SEKILAS bentuknya mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau sedangkan kembang kol berwarna putih. Memiliki nama latin brassica oleracea, brokoli termasuk dalam suku kubis-kubisan. Selain segar, brokoli yang baik memiliki batang halus dengan daun bonggol kepala utuh dan memiliki kelompok pucuk yang masih kuncup berwarna hijau tua. Adapun beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan kita adalah sebagai berikut:

1. Melawan Radikal Bebas

Di dalam sayur brokoli mengandung vitamin C yang sangat tinggi sekali,vitamin C sendiri sangat diperlukan oleh tubuh dalam melawan radikal bebas setiap harinya. Vitamin C yang terkandung di dalam brokoli merupakan antioksidan yang sangat kuat sekali dalam melawan radikal bebas, selain itu vitamin C juga dapat membantu dalam mengurangi ketidaknyamanan tubuh dari flu yang datang menyerang tubuh manusia.

2. Menjaga sistem saraf

Brokoli mengandung kalium yang tinggi, yang membantu menjaga sistem saraf yang sehat dan fungsi otak yang optimal, serta mendorong perkembangan otot.

3. Cegah osteoporosis

Brokoli mempunyai kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi. Keduanya sangat penting bagi kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Brokoli adalah sumber vitamin C, nutrisi penting yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

5. Mengontrol tekanan darah

Brokoli dapat membantu menjaga sistem saraf yang sehat dan menyeimbangkan efek natrium pada tekanan darah. Selain itu, kandungan potasiumnya mampu membantu menstabilkan tekanan darah dan menjaga sistem saraf dan fungsi otak yang sehat.

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Brokoli adalah gudang vitamin. Vitamin C, beta-karoten dan vitamin B kompleks hadir di Brokoli, yang sangat diperlukan untuk membuat kulit lebih bercahaya. Bahkan vitamin E yang teradapat pada brokoli turut mempercepat perkembangan regenerasi jaringan kulit yang telah mati.

7. Mencegah Alzheimer

Brokoli mengandung banyak mineral dan vitamin, dan merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa mengatasi penyakit Alzheimer. Brokoli berkhasiat untuk menguatkan ingatan, sehingga brokoli digunakan untuk mencegah dan merawat penderita alzheimer (pikun). Mengonsumsi brokoli dalam jangka panjang bisa mengurangi penurunan kadar acetylcholine di sistem saraf pusat.

(Gesti Arma/CN31)

Selai Kacang Mendeteksi Alzheimer

Albertina S.C. | Kamis, 10 Oktober 2013 – 19:24 WIB

: 116

(Dok/Daily Mail)
Ternyata mengendus selai kacang dapat mendeteksi tanda-tanda awal Alzheimer.
FLORIDA – Perangkat terbaru untuk melawan Alzheimer sepertinya tidak terlalu jauh dari meja makan Anda. Pasalnya, studi menemukan selai kacang tanah dapat membantu menandai tanda-tanda awal penyakit gangguan kognitif tersebut.Para peneliti dari University of Florida (UF), Amerika Serikat, menggunakan bahan roti isi ini untuk untuk tes yang bertujuan memastikan hidung mana yang kehilangan kemampuan mengendus bau selai kacang tersebut. Para peneliti menemukan mereka yang berada tahap awal Azheimer, hidung kirinya lebih cepat kehilangan kemampuan mencium bau dibandingkan yang kanan. Dan, kacang tanah adalah zat yang sempurna untuk mendeteksi masalah itu.

Kacang tanah memiliki “bau alami” yang terdeteksi secara eksklusif oleh saraf penciuman. Hampir semua bau yang tercium juga dideteksi oleh saraf trigeminal, yang bertanggung jawab atas sensasi-sensasi bau di wajah, seperti dilaporkan Daily Mail, Kamis (10/10).

Saraf penciuman penting dalam penelitian Alzheimer. Pasalnya, penurunan di pusat penciuman otak adalah salah satu tanda pertama dari penyakit itu. Persoalannya, tidak mudah mendeteksi degradasi tersebut.

Peneliti Jennifer Stamps dari McKnight Brain Institute Center for Smell and Taste University of Florida melakukan percobaan menggunakan selai kacang terhadap pasien Alzheimer dan pasien demensia, bentuk lain dari Alzheimer.

Masing-masing peserta memegang penggaris. Percobaan dimulai dari hidung yang satu, sementara hidung yang lain ditutup. Kemudian, perlahan-lahan Stamp memindahkan satu sendok makan selai kacang sentimeter demi sentimeter secara bertahap hingga lebih dekat ke lubang hidung. Para pasien akan memberi sinyal jika mereka bisa mencium baunya.

Stamp menemukan ternyata pasien Alzheimer kehilangan kemampuan penciuman di lubang hidung kiri. Sebaliknya, pasien demensia mengalami penurunan penciuman di hidung kanan lebih dahulu dibandingkan lubang yang kiri.Rata-rata pasien dapat mencium bau selai kacang dari jarak sekitar 20cm dari lubang hidung kiri dan 10cm dari lubang hidung kiri.

Temuan ini dapat diterjemahkan sebagai cara mudah dan cepat untuk mendeteksi tahap awal Alzheimer. Langkah sederhana ini dapat mencegah Alzheimer dengan pengobatan sedini mungkin.

Di Indonesia, data Badan Kesehatan Dunia 2011 menunjukkan sekitar 1 juta penduduk menderita Alzheimer. Meskipun itu masih angka estimasi, kondisi ini diperkirakan terus bertambah dengan bertambahnya waktu, mengutip Antara. Di dunia, setiap empat detik akan muncul satu kasus baru Alzheimer. Dengan kondisi seperti ini, diprediksi penderita Alzheimer di Indonesia bisa mencapai tiga juta kasus pada 2050.
“Saat ini, kita dapat menggunakan tes ini untuk mengkonfirmasi diagnosis,” ujar Stamp. “Tapi, kami berencana mempelajari pasien dengan gangguan kognitif ringan ini untuk melihat apakah tes ini dapat digunakan untuk memprediksi apakah seorang pasien akan terserang penyakit Alzheimer.”
Sumber : Daily Mail

Lima Makanan yang Paling Menyehatkan

TEMPO.CO, Jakarta – Libur panjang telah tiba. Aktivitas kerja mereda digantikan dengan santai dan banyak makanan. Untuk mengimbangi makanan yang banyak masuk, perlu juga mengonsumsi makanan yang memang bermanfaat bagi tubuh. Berikut lima makanan yang paling menyehatkan yang dirilis naturalcuresmedicine, Kamis pekan lalu;

 

1. Lemon

Sebutir lemon bisa memenuhi lebih dari 100 persen dari kebutuhan asupan harian vitamin C. Vitamin ini, dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan memperkuat tulang. Kandungan Citrus flavonoid dalam lemon dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dan berperan sebagai anti radang.

 

2. Brokoli

Brokoli bisa memenuhi lebih dari 100 persen kebutuhan harian vitamin K. Kandungan vitamin C nya juga tinggi. Dua vitamin ini penting buat tulang dan membantu mencegah berbagai jenis kanker.

 

3. Dark Chocolate

Mengonsumsi Coklat Gelap 25 gram setiap hari dapat menurunkan tekanan darah. Bubuk kakao kaya akan flavonoid , antioksidan terbukti mengurangi kolesterol LDL yang jahat dan meningkatkan kolesterol HDL yang baik.

 

4 . Kentang

Satu kentang merah mengandung 66 mikrogram folat, jumlah yang sama dalam satu cangkir bayam atau brokoli. Kentang bisa membantu melawan kanker dan meningkatkan imunitas vitamin A yang dibutuhkan setiap hari .

 

5. Ikan salmon

Salmon adalah sumber asam lemak omega-3. Asam lemak ini bisa menurunkan risiko depresi, penyakit jantung , dan kanker. Mengonsumsi 85 gram Salmon bisa melindungi diri dari penyakit Alzheimer dan kehilangan memori .

 

NUR ROCHMI

Berita Lain:

Whulandary Siap Tampil di Miss Universe 2013

Juara Top Model Asia Datang Lagi ke Indonesia

Selamat Tinggal Era Minimalis

 

Advertisements

0 Responses to “PusKesMas : 7 (Tujuh) Manfaat Brokoli dan Selai Kacang”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,311,278 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: