08
Oct
13

Perspektif : Mimpi Indonesia Jaya

07 Oktober 2013 | BP

Memimpikan Indonesia yang Jaya di Masa Depan

BANYAK yang menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan sumber daya komplit, baik dari sisi manusia, alam, maupun pemikirannya. Akan tetapi banyak juga tidak menyadari kalau hal itu merupakan sumber daya. Kalau dilihat dari sisi suku, Indonesia mempunyai ratusan suku. Dilihat dari sisi agama, Indonesia mempunyai enam agama, bahkan lebih kalau dilihat dengan berbagai kepercayaan yang ada. Potensi ini jelas merupakan sumber daya. Apabila berbagai pendapat dari keragaman itu dipadukan, pasti akan memberikan pendapat yang baru. Pendapat baru inilah yang paling berharga bagi kita karena pendapat ini merupakan hal baru yang bisa memecahkan persoalan lebih luas. Kalau kita gabungkan dengan sumber daya alam Indonesia, sungguh luar biasa kekayaan negara kita. Ini merupakan modal dasar bagi perkembangan generasi penerus kita.Bahwa saat ini kita masih terpuruk, salah satu penyebabnya tidak lain ketidaktahuan kita tentang potensi sumber daya yang dimiliki. Eksploitasi terhadap salah satu sumber daya alam kita, misalkan batu bara, terkadang berlebihan yang membuat alam menjadi bopeng. Tentu ini bukan merupakan kesadaran kita terhadap sumber daya tersebut. Sering kali kesadaran itu tidak ada karena yang menjadi aktor eksploitasi itu berupa individu atau kelompok. Segala keuntungan dari eksploitasi tersebut didapatkan dan diborong oleh individu. Inilah yang sering kali membuat kekayaan menumpuk pada satu orang sedangkan banyak lain yang menderita. Banyak lagi kita cari contoh yang lain tentang ketidakpahaman tentang kekayaan sumber daya alam.

Adanya impor barang-barang pertanian, juga memberikan petunjuk ketidakpahaman untuk memanfaatkan keunggulan yang kita miliki. Beras misalnya, sangat fatal kalau kita masih mengimpor dari luar negeri. Padahal kita sangat kaya dengan produk ini sebelumnya. Kesalahannya adalah bahwa kita tidak mau menyadari bagaimana meningkatkan kemampuan tersebut. Kurang percaya diri dengan potensi yang dimiliki.

Dalam hal keragaman manusia, sekali lagi kita tekankan bahwa berbagai kelompok yang ada, seperti suku, agama, ras, dan golongan tersebut merupakan unsur-unsur sumber daya manusia. Kita sering tidak paham dengan hal seperti ini sehingga merasa kelompok kita yang paling benar dan paling besar. Padahal, kebenaran di dunia itu sangat relatif. Demikian juga kebesaran tersebut. Kebesaran dalam hal kuantitatif (jumlah) belum tentu lebih besar dibandingkan dengaan kebesaran kualitatif (kualitas). Kepercayaan seperti ini sering kali menjadikan kita bersifat sempit dan pada akhirnya membuat tindakan-tindakan anarkis dan bahkan radikal. Globalisasi telah membuktikan bahwa setiap entitas kelompok akan bisa mendominasi dunia. Jadi, dominasi itu tidak hanya dilihat dari jumlah kuantitatif, tetapi kualitatif sangat menentukan. Ambil contoh sederhana, Microsoft hanya digerakkan oleh satu korporasi, bahkan oleh satu orang. Tetapi ia menguasai dunia. Juga apa yang dilakukan oleh kualitas Stave Job. Semuanya mengatasi dunia dan bahkan presiden negara pun tunduk dengan orang yang mempunyai keterampilan seperti ini.

Kita di Indonesia seharusnya mampu memahami berbagai sumber daya yang kita miliki. Dengan pemahaman seperti itu, kita tidak akan pernah khawatir dengan masa depan Indonesia. Sebuah kesempatan untuk memberikan pesan kepada generasi mendatang bahwa kita memiliki potensi besar yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain. Dengan memberikan penanaman nilai, pengertian, sosialisasi terhadap kelebihan-kelebihan dari keragaman Indonesia, ke depan kita akan lihat Indonesia yang jaya, stabil dan benar-benar memberikan perlindungan kepada masyarakat.****

Advertisements

0 Responses to “Perspektif : Mimpi Indonesia Jaya”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,223,246 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: