03
Jul
13

Arsitektur : Terapkan Bangunan Hijau

Waktunya Terapkan Konsep Bangunan Hijau

CR-33 | Rabu, 03 Juli 2013 – 08:04:03 WIB


(SH/Job Palar)
Masjid Al-Irsyad Bandung, gedung dengan konsep bangunan hijau.
Konsep bangunan hijau harus jadi upaya gabungan dari pihak pemerintah maupun swasta di Indonesia.
 
JAKARTA – Saat ini, sudah banyak bangunan di dunia yang menerapkan konsep bangunan hijau. Bahkan, sebuah kota dapat dianggap benar-benar hijau apabila infrastruktur yang terdiri dari kawasan perumahan dan industri komersialnya menggabungkan elemen hijau dalam desain dan fungsinya.

Build Eco Xpo (BEX) Asia yang merupakan tatanan bisnis utama di Asia Tenggara untuk bangunan hijau dan industri konstruksi, tahun ini, akan memberikan dukungan kuat terhadap agenda hijau di Asia Tenggara. Beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, juga telah berusaha menerapkan konsep hijau dalam setiap bangunannya.

Pada April silam, Jakarta telah menerapkan wajib Green Building Codes yang dimaksudkan untuk mendorong pembangunan gedung hemat energi di Indonesia sesuai dengan Standar Nasional Indonesia. Nantinya, program ini akan diterapkan di lima kota besar di Indonesia.

“Kami percaya bahwa semua ini harus menjadi upaya gabungan dari pihak pemerintah, baik pusat maupun daerah di Indonesia, serta para pemilik bisnis swasta,” kata Wakil Sekretaris Jenderal Ikatan Konsultan Nasional Indonesia dan Ketua Komite Green Building Indonesia, Djohan Pahlawan, dalam rilis yang diterima SH.

Selain itu, dengan adanya eksposur mengenai konsep hijau di Asia Tenggara melalui BEX Asia, Djohan berharap akan menguntungkan Indonesia terutama dalam kesempatan untuk mendapatkan jaringan dan bertukar pikiran. Adapun di tingkat nasional, Departemen Pekerjaan Umum sedang menyiapkan regulasi terbaru mengenai kewajiban teknis banguan hijau pada akhir tahun ini.

Negara tetangga seperti Singapura, Thailand, dan Filipina juga memiliki beberapa program dalam konsep hijau di negaranya. Singapura yang telah meluncurkan Green Building Master Plan pada 2009, awal tahun ini, meluncurkan Blueprint Berkelanjutan di bawah Gerakan Singapura Berkelanjutan. Blueprint Berkelanjutan tersebut terdiri dari strategi dan inisiatif yang dibutuhkan bagi Singapura untuk membuat kota yang lebih hidup dan layak huni. Diharapkan individu, perusahaan, dan pemerintah bekerja sama mewujudkan hal tersebut.

Selain itu, Thailand memiliki inisiatif Low Carbon City, yang bertujuan untuk membantu mencapai pengurangan emisi gas rumah kaca dan mengkatalisasi pergeseran ini ke masyarakat rendah karbon. Lain halnya dengan Thailand, Filipina memiliki inisiatif hijau yang akan berguna untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

BEX Asia 2013 yang akan diadakan pada 11-13 September mendatang di Marina Bay Sands, Singapura, bertujuan untuk menawarkan rangkaian solusi hijau terlengkap dari perangkat lunak sistem hijau untuk sistem pemanas, ventilasi, dan air conditioning (AC). Lebih dari 300 perusahaan internasional akan bersama-sama menampilkan berbagai produk hijau.

BEX Asia 2013 akan diselenggarakan bersamaan dengan edisi perdana World Engineering Expo 2013 dan World Engineers Summit 2013 dan juga International Green Building Conference 2013.

“Sejak tahun 2008, BEX Asia telah memimpin dalam mendorong gerakan industri hijau dengan menyediakan sebuah tatanan/platform untuk interaksi regional. Melalui penyediaan tatanan itu, semoga dapat memfasilitasi ide-ide dan pertukaran teknologi, serta membantu mendorong industri untuk tahap berikutnya, dan mendorong perusahaan untuk mengambil pendekatan yang lebih terintegrasi dalam hal mengadopsi teknologi hijau dan metodenya,” ujar Project Director Reed Exhibitions yang menyelenggarakan BEX Asia, Louise Chua.

Sumber : Sinar Harapan
Advertisements

0 Responses to “Arsitektur : Terapkan Bangunan Hijau”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,150,513 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: