07
May
13

Politik : Kader Karbitan Rugikan Partai dan Demokrasi

Pengamat: Kader “Karbitan” Merugikan Partai dan Demokrasi

Jakarta (ANTARA) – Pengamat politik dari Universitas Indonesia Arbi Sanit mengatakan kader partai politik yang dipersiapkan secara paksa atau “karbitan” merugikan partai tersebut dan juga melemahkan sistem demokrasi yang sedang dibangun di Indonesia.

“Loyalitasnya diragukan karena mereka masuk asal-asalan sehingga tidak ada ideologi di dalamnya tetapi berdasarkan kepentingan untuk mencari keuntungan,” kata Arbi Sanit kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan, kader “karbitan” tersebut juga akan membuat partai mati karena tidak adanya sikap setia dan tidak komitmen terhadap perintah parpol. Kader tersebut menurut dia berpikiran untuk mendapatkan keuntungan dan perlindungan dari partai tanpa ada niat untuk mengembangkan lembaga tersebut.

“Mereka juga dieksploitasi partai karena mereka diwajibkan memberikan sumbangan berupa dana. Karena itu faktor pendanaan dan popularitas menjadi faktor bagi partai untuk merekrut mereka,” ujarnya.

Dia mengatakan muncul kader tersebut karena sistem pengkaderan partai yang tidak berjalan sehingga mengambil jalan pintas dengan mengambil kader dari partai lain atau pun non-politisi. Menurut dia, sistem pengkaderan partai tidak berdasarkan pada penanaman nilai-nilai berpolitik dalam konteks demokrasi tetapi pada kepentingan sesaat saja.

“Masalahnya ada pada sistem pengkaderan yang tidak berjalan didalam partai politik,” katanya.

Arbi menilai munculnya fenomena kader “karbitan” tersebut berimplikasi negatif pada sistem demokrasi yang sedang dibangun Indonesia. Menurut dia, demokrasi yang dijalankan merupakan sistem yang tidak substansial dan tidak mengakar tetapi hanya pura-pura dalam menjalankannya.

“Implikasinya pada sistem demokrasi, yaitu demokrasi pura-pura dan tidak substansial. Partai digunakan untuk mendapatkan keuntungan semata tetapi mereka tidak mau berkorban untuk demokrasi dan partai,” katanya.

Dia menyarankan untuk dilakukannya pembenahan sistem kaderisasi di tiap partai politik, sehingga kader “karbitan” tidak ada dan demokrasi dapat berjalan dengan baik untuk kepentingan masyarakat.(tp)

Advertisements

0 Responses to “Politik : Kader Karbitan Rugikan Partai dan Demokrasi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,146,496 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: