12
Apr
13

Ekonomi : Pintu Masuk Kasus Century

Surat Ini Pintu Masuk Penyelesaian Kasus Century
Rabu, 10 April 2013 | 20:15

[JAKARTA] Anggota Tim Pengawas (Timwas) Bank Century, Fahri Hamzah mengatakan, surat Boediono kepada tiga petinggi Bank Indonesia (BI) menjadi pintu masuk penyelesaian Bank Century.

“Ini menjadi pintu masuk  penyelesaian kasus Bank Century. Kita harapkan kasus Century jangan sampai seperti BLBI yang  bangkainya terus diungkit,” kata Fahri di Jakarta, Rabu (10/4) malam.

Surat yang beredar di kalangan wartawan itu, kata Fahri, berasal dari  BI, lampiran yang dikirim Darmin Nasution.

Beodiono menugaskan tiga orang untuk mencairkan dana Rp 600 miliar ke Bank Century.

Dari tiga orang pejabat BI itu, satu orang  sudah pensiun dan 2 lainnya masih aktif, dan kini sedang mempersiapkan sidangdi BI.

Fahri Hamzah lebih jauh mengatakan, perbuatan Boediono ini masuk delik tindak pidana korupsi.

“Ini sudah masuk  tindak pidana korupsi karena jelas melanggar UU, memperkaya diri sendiri atau orang lain, dan merugikan keuangan negara,” katanya.

Dalam konteks ini, Boediono telah melanggar UU, memperkaya atau menguntungkan diri sendiri ketika dia ditunjuk menjadi wakil presiden, dan memperkaya orang lain dalam hal ini Bank Century, dan merugikan keuangan negara.[L-8]

NASIONAL

Kasus Century: KPK akan Pelajari “Surat Kuasa” Boediono

Surat kuasa itu berisi FPJP Bank Century senilai Rp6,7 triliun

ddd
Kamis, 11 April 2013, 23:53 Dedy Priatmojo, Erick Tanjung
Wakil Presiden Boediono

Wakil Presiden Boediono (ANTARA/Yudhi Mahatma)
VIVAnews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mempelajari dokumen yang berisi tentang Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) Bank Century senilai Rp6,7 triliun atas nama pemberi kuasa mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono. Dia kini merupakan Wakil Presiden RI.
“Setiap informasi terkait Century kalau itu baru, tentu akan kami tindaklanjuti. Tetapi saya belum tahu apakah surat itu informasi baru atau lama,” kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP di kantornya, Kamis 11 April 2013.
Meski demikian, KPK belum berencana memanggil Boediono untuk diperiksa dalam kasus dugaan korupsi pemberian dana talangan Bank Century tersebut. “Sekarang ini KPK belum ada rencana memanggil Pak Boediono,” ujarnya.
Sebelumnya, sempat beredar surat yang menuliskan mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono memberi kuasa kepada tiga pejabat BI untuk memberikan Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) Bank Century senilai Rp6,7 triliun.
Tiga pejabat itu yakni Direktur Direktorat Pengelola Moneter Eddy Sulaiman Yusuf, Kepala Biro Pengembangan dan Pengaturan Pengelolaan Moneter Sugeng, dan Kepala Biro Operasi Moneter Dody Budi Waluyo.
Setelah dikonfirmasi, Ketua Tim Pengawas Century Priyo Budi Santoso membenarkan perihal beredarnya surat tersebut. Surat itu, kata Priyo, memang ditujukan kepada timwas Century.
“Saya baru sore ini mendapatkan copy data dari BI yang ternyata dokumen ini diperuntukkan untuk timwas century di DPR,” kata Priyo di Gedung DPR, Rabu 10 April 2013.
Dinyatakan Asli
Sementara itu, Anggota Timwas Century, Hendrawan Supratikno membenarkan bahwa dokumen tersebut asli. Surat itu, kata Hendrawan, baru diserahkan ke sekretariat oleh Bank Indonesia.
Kata Hendrawan, meski sudah jelas bahwa surat itu ditandatangani oleh Boediono, tetapi masih perlu didalami oleh timwas Century. Sebab, dalam Undang-Undang Bank Indonesia segala keputusan yang diambil harus bersifat kolektif kolegial atau bersama-sama.
“Nah, surat kuasa ini apakah berimplikasi hukum atau sebagai upaya bersih-bersih Boediono,” ujar dia.
Juru bicara wakil presiden, Yopie Hidayat menyayangkan beredarnya surat tersebut. “Kasihan masyarakat kalau diberi informasi lama yang seolah-olah bukti baru. Tak ada yang luar biasa dengan surat itu,” kata Yopie.
Menurut Yopie, tak ada yang luar biasa dengan surat yang beredar itu. “Setelah diputuskan oleh Rapat Dewan Gubernur, Gubernur BI menerbitkan surat kuasa untuk pelaksanaan teknisnya. Sekali lagi, tak ada yang baru dan semua sudah pernah dibahas.” (ren)
__._,_.___

0 Responses to “Ekonomi : Pintu Masuk Kasus Century”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,093,660 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: