21
Mar
13

IndoGreenWay : Denyut Jantung Tidak Teratur Beresiko Stroke

Waspadai denyut jantung tidak teratur berisiko stroke

Selasa, 19 Maret 2013 23:47 WIB | 1381 Views

Pewarta: Frislidia

Pekanbaru (ANTARA News) – Dr. Ang Eng Lip, salah seorang pakar jantung dari Pusat Perawatan Jantung Mahkota Medical Centre (MMC) Melaka Malaysia, mengatakan denyut jantung yang tidak teratur atau irama jantung yang bermasalah berisiko diserang stroke.

Serangan stroke diawali dengan gejala-gejala yang meliputi sesak dada ringan atau nyeri, sakit kepala, pusing atau sejenisnya dan pingsan. Bahkan kesulitan bernafas, terutama saat berolahraga, katanya dalam keterangannya diterima Antara Riau, Selasa.

Seperti disampaikan Yusnan, Pimpinan kantor MMC cabang Pekanbaru, MMC Melaka juga memiliki tujuh spesialis pusat perawatan jantung MMC Melaka Malaysia, diantaranya Dr. Lim Boon Aik, Dr. Siaw Fook Soon, dan Dr. Tee Heng Giap. Disamping itu spesialis bedah jantung dewasa dan anak-anak, yakni Dr. Lee Yew Ming dan Dr. Hew Chee Chin.

Ia mengatakan, kasus irama jantung yang bermasalah dikenal dengan istilah “A-fib”, sinyal listrik yang mengendalikan denyut jantung menjadi abnormal.

Sinyal listrik yang tidak teratur dan cepat, katanya, akan membawa akibat pada jantung berdenyut dengan tidak teratur dan biasanya dengan sangat cepat.

“Dalam kondisi `A-fib` sinyal-sinyal listrik yang begitu cepat sehingga bagian teratas dua bilik jantung berhenti memompa secara efektif sehingga menyebabkan darah yang harus keluar dari ruangan itu terhenti,” katanya.

Para darah yang tertinggal di bilik jantung, katanya lagi, kemudian akan berkumpul dan menggenang seperti kolam, di mana akan mulai membentuk gumpalan.

Gumpalan-gumpalan kemudian akan berjalan ke otak melalui pembuluh darah, sehingga pada kemudian dapat menyebabkan stroke.

Namun demikian, banyak pasien dari `A-fib` tidak mempunyai gejala dan tidak waspada pada ritme denyut jantung yang tidak teratur, bagaimanapun ketika gejala memang terjadi `A-fib` biasanya disertai dengan gejala yang berhubungan dengan denyut jantung yang cepat seperti berdegub kencang, denyutan-nya seperti melompat lompat, kadar denyut yang tidak bersinkronasasi, katanya.

Untuk mengambil tindakan pencegahan dengan segera, kontrol tekanan darah dengan memberlakukan pola diet makanan sehat, batas mengkonsumsi alkohol 1–2 kali minum perhari, mengurangi kafein, mendapatkan pengobatan pada masalah kelenjar tiroid yang terlalu aktif.

Disamping itu, menghindari merokok untuk mencegah penyakit paru-paru.

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti di atas atau anda menduga bahwa anda mungkin memiliki `A-fib` anda disarankan untuk mengambil tes yang disebut `ECG` atau dikenal sebagai `Elektrokardiogram` untuk konfirmasi diagnosis.
(F011/Z003)Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2013

4 Minuman Peluruh Lemak

Penulis : Unoviana Kartika | Rabu, 20 Maret 2013 | 18:50 WIB

KOMPAS.com – Apa yang Anda pikirkan saat ingin mengurangi lemak tubuh? Umumnya orang berpikir tentang olahraga dan mengurangi asupan kalori dari makanan. Faktanya, minuman juga berpengaruh besar terhadap kadar lemak di dalam tubuh Anda.

Soda, jus buah, dan alkohol merupakan penyumbang besar kalori untuk tubuh Anda dan menimbulkan timbunan lemak. Maka, mengubah kebiasaan minum Anda mungkin dapat membantu Anda menghilangkan lemak tubuh berlebih.

1. Air

Air putih sudah lama dikenal sebagai minuman terbaik yang membantu menurunkan kadar lemak tubuh. Air selain harganya yang relatif murah, juga turut membantu membersihkan racun dari tubuh, serta mempercepat metabolisme. Maka minumlah cukup air putih setiap harinya.

2. Teh hijau

Teh hijau memiliki banyak sekali kandungan senyawa kimia yang dapat membantu meluruhkan lemak tubuh. Kafein merupakan salah satu kandungan utamanya, namun epigallocatechin gallate (EGCG) dan katekin merupakan dua kandungan dari teh hijau yang berfungsi membakar lemak.

Sebuah studi yang dimuat dalam “Journal of Nutrition” menemukan bahwa teh hijau yang dikombinasikan dengan latihan rutin membantu menstimulasi penurunan kadar lemak tubuh.

3. Susu

Siapa bilang susu membuat Anda bertambah gemuk? Susu rendah lemak justru akan membantu Anda cepat langsing. Susu mengandung kalsium yang membuat tulang kuat sehingga memelihara diet sehat Anda. Selain itu susu sumber protein yang baik, yang dibutuhkan tubuh untuk membuat energi, membakar kalori dalam prosesnya.

4. Jus tomat

Buah tomat mengandung sedikit kalori dan kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu kadar serat tinggi yang dimilikinya membantu Anda untuk merasa kenyang.

 

Sumber :
Editor :
Asep Candra
Advertisements

0 Responses to “IndoGreenWay : Denyut Jantung Tidak Teratur Beresiko Stroke”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,193,053 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: