16
Mar
13

Pangan : SulBar Kembangkan Beras Merah, Umbi-umbian, Pisang

Sulbar Kembangkan Pangan Nonberas

Jumat, 15 Maret 2013 – 08:37:38 WIB


(Foto:dok/beritadaerah.com)
Ilustrasi.

Beras merah, umbi-umbian dan pisang akan menjadi pangan lokal Sulbar.

MAMUJU – Provinsi Sulawesi Barat pada tahun 2013 mengembangkan pangan non beras, sebagai pengganti beras dalam rangka penghematan dan efisiensi pangan.

“Pemerintah di Sulbar akan meningkatkan produksi pangan non beras sebagai pengganti beras dalam rangka penghematan dan efisiensi pangan di Sulbar,” kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Jumat (15/3).

Ia mengatakan, Dinas Pertanian Provinsi Sulbar maupun Badan Ketahanan Pangan Sulbar akan bekerja secara terkoordinasi dalam meningkatkan produksi pangan non beras di Sulbar.

Menurut dia, pangan lokal non beras seperti beras merah, umbi-umbian, pisang, akan menjadi pangan lokal Sulbar yang dijadikan pangan pengganti beras.

“Pangan non beras itu akan dikembangkan pemerintah dengan menyediakan pupuk dan benih untuk pengembangannya, dengan begitu maka pemerintah di sulbar telah membantu pemerintah pusat dalam mensukseskan program ketahanan pangan dengan melakukan penghematan mengkomsumsi beras,”katanya.

Gubernur mengatakan, pemerintah di sulbar mendukung peningkatan pangan non beras dengan mengolahnya menggunakan teknologi tepat guna, juga agar bernilai ekonomi tinggi bagi kaum perempuan seperti ibu rumah tangga yang mengembangkannya.

Menurut dia, dengan pengembangan lokal yang dilakukan juga maka akan mengurangi sekitar dua persen ketergantungan masyarakat terhadap komsumsi beras dan juga akan menjadikan pengembangan lokal sebagai sumber pendapatan ekonomi keluarga yang mengembangkannya.

“Pengembangkan pangan lokal agar masyarakat tidak hanya mengandalkan beras, di samping meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melaksanakan program pengembangan industri home yang mengandalkan bahan baku pangan lokal,”katanya..

Ia mengatakan, dengan pengembangan pangan lokal akan menjadi lahan baru bagi masyarakat khususnya ibu rumah tangga, sehingga pengangguran dan kemiskinan semakin ditekan dan menghemat pangan negara ini untuk generasi mendatang.

Sumber : Ant
__._,_.___
Advertisements

0 Responses to “Pangan : SulBar Kembangkan Beras Merah, Umbi-umbian, Pisang”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,310,110 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: