11
Mar
13

IndoGreenWay : Obat Panjang Umur

Profesor Australia Temukan Obat Panjang Umur

Tribunnews.com – Senin, 11 Maret 2013 11:03 WIB
Profesor Australia Temukan Obat  Panjang Umur
istimewa
ilustrasi

Tribunnews.com, Adeleide – Seorang ilmuwan terkenal Australia Prof David Sinclair mengatakan, dia sudah berhasil membuat jenis obat baru yang bisa mencegah kanker dan penyakit Alzheimer.

Selain itu, menurut Prof Sinclair, obat ini bisa juga membantu manusia untuk hidup sehat sampai usia 150 tahun, namun ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Dalam kertas kerja yang dimuat di Jurnal Science 8 Maret lalu, Prof Sinclair menjelaskan bagaimana mekanisme obat yang bisa membantu tubuh melawan proses penuaan, demikian laporan situs news.com.au.

Menurut ahli genetik dari Universitas New South Wales tersebut, tiga obat itu sekarang sedang diujicobakan pada manusia, untuk mengobat penyakit seperti diabetes Type 2 dan penyakit radang usus.

Menurut Prof Sinclair, yang paling memberikan harapan adalah bahwa obat-obat yang dikembangkan ini bisa mengobati dan mencegah penyakit dalam waktu bersamaan. “Riset saya dikritik karena terlihat sebagai hal yang tidak mungkin terjadi. Namun kertas kerja saya membuktikan itu bisa dilakukan.” kata Prof Sinclair dalam wawancara lewat telepon dari Harvard (AS), tempat dia sekarang bekerja.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia L Sastra Wijaya, obat yang dikembangkan Prof Sinclair akan mengaktifkan enzim SIRT1, yang biasanya akan berfungsi karena diet atau latihan fisik, namun juga bisa diperkuat lewat activator seperti, resveratrol yang terdapat dalam anggur merah.

Dia dan para ilmuwan lain sudah mengembangkan 400 activators sintetis. Setiap activators ini memiliki kadar 100 kali lebih kuat dari segelas anggur merah. Tiga activators terbaik ini sekarang diujicobakan pada manusia.

“Obat yang kami kembangkan memiliki kasiat yang sama seperti orang yang melakukan diet yang sehat dan banyak berolahraga, namun tidak memiliki dampak terhadap berat badan.” kata Prof Sinclair.

Diperkirakan obat ini akan bis dipasarkan untuk mengobati diabetes dalam lima tahun mendatang. Setelah digunakan banyak orang, baru mereka bisa menilai manfaat lainnya dari obat-obatan tersebut. “Kita akan bisa melihat data dari 10 ribu orang, dan melihat apakah mereka lebih sehat dan hidup lebih lama dibandingkan yang lain.” kata Prof Sinclair.

Dalam uji terhadap binatang, tikus kegemukan yang diberi resveratrol sintetis bisa berlari dua kali lebih jauh dari tikus biasa, dan hidup 15 persen lebih lama. “Perkiraan saya adalah kita akan bisa menunda dimulainya seseorang terkena penyakit, sehingga mereka tidak akan menderita penyakit kronis di usia 50-60 tahunan,” tambah Prof Sinclair. Dengan itu, diperkirakan kita semua akan tetap sehat sampai usia di atas 100 tahun.

Editor: Gusti Sawabi  |  Sumber: Kompas.com

Susu Kedelai Ternyata Berbahaya Lo!

http://www.phylopop.com/2012/04/susu-kedelai-ternyata-berbahaya-lo.html

Download disini:

https://www.dropbox.com/s/6j842vzmgd89dmc/HATI-HATI%20DENGAN%20KEDELAI.rar

>> Sebarluaskan artikel ini.

 Susu Kedelai Ternyata Berbahaya Lo!

Oleh : dr. Indiradewi HestinignsihTahukah Anda? Susu kedelai bermanfaat jika produk kedelai telah terfermentasi. Namun ”tidak” bermanfaat jika produk tersebut adalah non-fermentasi.
The Cancer Council of New South Wales, Australia telah memperingatkan penderita kanker untuk menghindari makanan yang berbahan dasar kedelai. Peringatan tersebut dilatarbelakangi oleh karena kedelai non-fermentasi akan mempercepat pertumbuhan kanker.
Produk kedelai terbagi menjadi 2 jenis, yakni produk yang terfermentasi adalah tempe, kecap, miso, natto dan kecambah kedelai. Dilain sisi terdapat produk NON-FERMENTASI seperti misalnya tahu dan susu kedelai, dan lainnya.
Pada produk kacang kedelai yang non-fermentasi terdapat kandungan zat yang diyakini membawa dampak buruk dan perlu diperhatikan, diantaranya seperti:
Kanker Tiroid

A)    Goitrogen – komponen yang mengganggu fungsi tiroid, dapat menyebabkan hypotiroid dan juga beresiko menyebabkan kanker tiroid. Untuk terjadi kanker, tergantung banyaknya dan usia. Berdasarkan Soy Online Service, bayi seharusnya tidak mengonsumsi kedelai sama sekali. Bagi orang dewasa, hanya dengan 30 mg isoflavone (termasuk komponen goitrogen) per hari cukup mengganggu fungsi tiroid. Takaran isoflavon yang perlu diwaspadai ini ada pada 5-8 ons susu kedelai.

B)    Asam Phytic – Kedelai mengandung asam Phytic, yaitu asam yang dapat menghalangi penyerapan mineral seperti misalnya zat besi, kalsium, tembaga, dan terutama seng dalam saluran pencernaan.
Gangguan penyerapan mineral dalam saluran pencernaan.
Seng dibutuhkan untuk perkembangan dan fungsi otak serta sistem syaraf. Juga berperan penting dalam mengendalikan mekanisme kadar gula darah sehingga melindungi dari diabetes serta menjaga kesuburan.
Pada proses fermentasi kandungan asam phytic ini jauh berkurang sampai pada level aman untuk segala umur.
C)    Penghambat Trypsin – mengurangi kemampuan untuk mencerna protein. Pemberian produk kedelai yang non-fermentasi pada bayi dan anak secara teratur akan mengganggu pertumbuhannya. Kacang-kacangan lain yang memiliki kandungan penghambat trypsin yang tinggi adalah kacang lima.
Gangguan pertumbuhan
D)    Nitrat – bersifat karsinogen (penyebab kanker), terbentuk pada saat pengeringan, dan zat beracun lysinoalanin terbentuk selama proses alkalin. Berbagai macam zat aditif buatan, terutama MSG (zat aditif yang merusak sel syaraf) telah ditambahkan pada produk kedelai untuk menyamarkan “aroma kacang”nya yang kuat dan memberikan rasa mirip daging.
E)    Phytoestrogen – Biasanya dipakai untuk membantu mengurangi efek produksi estrogen yang rendah dalam tubuh, kini ditemukan sebagai faktor penyebab kanker payudara dan leukemia pada anak.
Sel Kanker
F)    Aluminum – Dari beberapa penelitian telah diketahui adanya hubungan antara keberadaan aluminium dengan penyakit Alzheimer. Tapi tahukah Anda bahwa susu kedelai mengandung aluminium 11 kali (1100 persen) lebih banyak dibandingkan susu formula biasa?!
G)    Mangan – Produk formula kedelai memiliki kandungan mangan berlebih bagi tubuh kita. Mangan dalam tingkat kecil sangat kita butuhkan untuk membantu sel tubuh kita mengumpulkan energi. Tapi jika berlebih, mangan bisa menyebabkan kerusakan otak seperti pada penyakit Parkinson.
Tingkat kandungan mangan di tiap susu bayi berbeda-beda, yaitu:
  • ASI mengandung 4-6 mcg/L.
  • Susu formula bayi biasa (dari sapi) mengandung 30-50 mcg/L.
  • Susu formula kedelai mengandung 200-300 mcg/L!!!
H)    Terlalu Banyak Omega-6. Produk kedelai non-fermentasi mengandung kandungan Omega-6 yang lebih banyak dibandingkan Omega-3. Ketidakseimbangan rasio antara Omega-3 dengan Omega-6 akan membuat kita rentan terkena penyakit kanker, diabetes, penyakit jantung, arthritis, asma, hiperaktif, dan depresi.
Dampak Bagi Anak Laki-Laki
“Pubertas dini (yang disebabkan oleh produk kedelai) bisa meningkatkan resiko anak laki-laki menderita kanker testicular di saat menjelang dewasa, karena telah terpapar berbagai hormone seks terus menerus,” ujar Marcia Herman-Giddens , peneliti dari  University of North Carolina.
Kandungan berlebih isoflavon memiliki sifat feminisasi, yang akan MENGAKIBATKAN UKURAN KELAMIN BAYI LAKI-LAKI JADI LEBIH KECIL DAN KECENDERUNGAN GENETIKA YANG MENGARAH KE HOMOSEKSUALITAS. Beberapa ahli mempersalahkan pengkonsumsian susu formula bayi sebagai salah satu faktor kecenderungan genetika anak laki-laki menjadi seperti perempuan.
Dampak Bagi Anak Perempuan 
Produk formula kedelai mengandung tingkat hormon sebanyak 240 kali lebih tinggi dibandingkan ASI! Anak-anak perempuan yang memasuki masa pubertas akan beresiko besar menderita kanker payudara dan juga kista rahim jika mengalami gangguan tiroid karena rutin mengonsumsi produk kedelai non-fermentasi.
Dampak Bagi Wanita Muda
Disamping itu juga didapati bahwa dua gelas susu kedelai sehari dalam satu bulan penuh, mengandung cukup komponen kimiawi yang dapat mengganggu siklus menstruasi wanita. Para wanita yang memakai pil-pil kontrasepsi lebih sering mudah marah-marah seiring adanya gangguan hormonal. Hanya dengan 100 gr dari produk kedelai, mengandung komponen estrogenik yang sama dengan satu pil kontrasepsi.
Dampak Bagi Pria Dewasa
phytoestrogen kedelai menghambat enzim yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan hormone testoteron (hormone pria). Penelitian terhadap pejantan hewan-hewan juga telah banyak dilakukan, baik dari belalang sampai dengan cheetah. Dari penelitian-penelitian tersebut didapati bahwa kedelai mengakibatkan para pejantan ini kurang percaya diri, kurang agresif, hasrat seksual menurun, dan jumlah sperma  pun berkurang. Dampaknya pada manusia terlihat lebih lambat daripada pada hewan. Tapi tetap saja berdampak negatif jika kedelai secara rutin diberikan pada pria. (klikdokter.com).

5 Minuman Sehat untuk Raih Berat Badan Ideal

DuniaFitnes.comDuniaFitnes.com – Min, 10 Mar 2013 07:00 WIB

Sangatlah penting memiliki variasi menu diet untuk mencapai target badan ideal yang Anda inginkan. Termasuk memberikan variasi terhadap minuman yang Anda konsumsi.

5-Minuman-Sehat-untuk-Raih-Berat-Badan-IdealSaat ini, banyak sekali minuman di pasaran yang mengandung gula tinggi, pewarna dan pemanis buatan yang tidak jelas asal-usulnya. Tubuh kita tidak akan berada pada kondisi kesehatan yang maksimal dengan terus mengkonsumsi minuman tersebut.

Berikut 5 minuman sehat alami yang bisa Anda konsumsi untuk memaksimalkan hasil diet sekaligus meningkatkan kesehatan Anda.

Jus Jeruk

Minuman favorit yang dapat dijadikan sebagai variasi dalam menu diet adalah jus jeruk atau orange juice. Orange juice memiliki kesegaran natural dan mudah dalam penyajiannya. Selain itu, jus jeruk kaya akan kandungan vitamin C dan fitonutrisi yang menyehatkan. 8 ons orange juice setara dengan kandungan potassium pada pisang. Dengan banyaknya kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya, orange juice telah dipercaya banyak orang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Jus Apel

Jus apel menjadi minuman yang wajib ada dalam menu diet Anda. Penyajian yang tepat adalah tanpa gula karena apel memiliki kandungan gula yang cukup untuk mendapatkan rasa manis. Jus apel segar mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat. Asam malat yang terkandung pada apel dapat menjadi tenaga tambahan saat latihan. Pepatah lama yang mengatakan ‘an apple a day can keep the doctor away’ telah teruji kebenarannya, setelah banyak penelitian klinis yang membuktikan buah apel dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol.

Jus Cranberry

Minuman sehat lainnya adalah jus cranberry. Kemampuan antioksidan dari jus cranberry telah dikenali sejak lama, yaitu sebagai pengobatan untuk infeksi saluran urine. Sifat asam jus cranberry mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Jus cranberry dalam menu diet Anda membuat Anda dalam kondisi yang fit setiap harinya.

Jus Anggur Merah

Anggur merah kurang lebih mengandung 154 kalori dalam setiap 8 ons penyajian. Kulit anggur merah mengandung senyawa resveratol yang diyakini memiliki kemampuan mencegah kanker. Kandungan resveratol anggur merah lebih banyak daripada anggur putih. Selain itu, anggur merah merupakan buah yang kaya potasium dan vitamin C untuk menunjang keberhasilan diet Anda.

Jus Tomat

Jus tomat menjadi minuman paling populer di kalangan para pelaku diet karena hanya mengandung 53 kalori dan berbagai nutrisi penting seperti potasium, lycopene, vitamin C dan beta-karoten yang berguna menjaga kesehatan mata dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain minuman di atas, Anda dapat pula mengombinasikan beberapa buah dan sayur seperti mangga, nanas, wortel, dan bayam. Dengan menggabungkan buah dan sayuran segar tersebut, tentunya manfaat kesehatan yang Anda dapatkan akan lebih banyak.

Selamat menikmati menu sehat Anda dan salam hidup sehat. (dan)

BACA JUGA : Ingin Tambah Berat Badan? Ini Caranya!

Artikel Terpopuler

Bercinta Ternyata Mempertajam Otak

Albertina S.C. | Sabtu, 09 Maret 2013 – 19:23:31 WIB

: 139

(Dok/Corbis)
Semakin banyak bercinta, semakin besar sel saraf yang tumbuh.
Berhubungan seks dapat membuat otak Anda makin cemerlang, terutama pada pasangan baru.
PAVIA– Bercinta dapat membuat otak Anda lebih cemerlang. Peneliti menemukan pertumbuhan saraf yang cukup pesat pada pasangan baru yang sedang menikmati hubungan seksual mereka.  Saraf ini berada di wilayah otak yang bertanggung jawab terhadap kewaspadaan. Bercinta secara teratur juga dapat meningkatkan kekuatan otak Anda, menurut penelitian baru ini.Daily Mail, Selasa (5/3), melaporkan bahwa tes darah  yang dilakukan pada orang yang baru jatuh cinta menunjukkan kenaikan pertumbukan saraf yang penting untuk kewaspadaan, kesejahteraan, dan mental.Para peneliti memeriksa darah dari tiga kelompok yang berbeda: mereka sedang dimabuk asmara, pasangan yang sudah lama menjalin cinta, dan para lajang.Kelompok pertama menunjukkan tingkat pertumbuhan saraf yang tinggi dibandingkan dengan pasangan yang sudah lama berelasi mapun para bujangan, menurut laporan yang dikerjakan para ilmuwan dari University of Pavia, Italia.

Namun, tingkat pertumbuhan saraf ini semakin lama semakin merosot pada pasangan yang sudah lama tinggal bersama. Ini semakin jelas menunjukkan bahwa manfaat kesehatan dari pertumbuhan saraf ini terjadi selama masa-masa awal hubungan asmara. Karenanya, studi ini menyimpulkan bahwa tingkat kesehatan saraf “secara signifikan lebih tinggi pada mereka yang sedang jatuh cinta dibandingkan pasangan yang sudah lama menjalin kasih dan para jomblo.

’’Memperkuat Otak


Studi ini menunjukkan pula bahwa sering bercinta tidak hanya mengurangi stres, tetapi meningkatkan kekuatan otak. Bisa jadi, bintang pop Madonna yang memahami betul arti temuan ini. Sebab, penyanyi “Like a Virgin’ yang selalu terbuka bicara tentang rahasia seksnya ini memiliki IQ 140 atau ‘mendekati level jenius.” 

 
Temuan studi baru diperkuat oleh oleh sebuah studi terpisah yang mempelajari kesehatan mental tikus yang digelar peneliti Princeton University di Amerika Serikat.Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa tikus yang lebih aktif secara seksual tidak sekadar mengalami pertumbuhan sel saraf yang lebih banyak, tetapi juga memiliki hormon stres yang lebih sedikit dalam sistem mereka.Studi terhadap tikus yang dipublikasikan dalam jurnal PLos ONE ini mengatakan, hubungan seksual merangsang pertumbuhan sel-sel di hippocampus, bagian otak yang bertanggung jawab terhadap memori dan proses belajar.Faktor seperti stres dan depresi terbukti memperkecil hippocampus, namun olahraga serta bercinta dapat menangkal efek tersebut.

Selain itu, bercinta sebenarnya dapat melindungi sel-sel otak terhadap bahaya penurunan akibat pertambahan usia.

“Ada beberapa bukti bahwa orang tua yang aktif secara seksual cenderung kurang mengalami demensia,” kata Dr Ghosh.

Seks juga menyebabkan peningkatan aliran darah ke otak, yang mengangkat kadar oksigen.

‘Pemindai MRI menunjukkan bahwa selama orgasme neuron di otak lebih aktif dan menggunakan lebih banyak oksigen,” Barry Komisaruk, profesor psikologi di Rutgers University dan ahli seks dan neuroscience terkemuka menjelaskan.

“Rupanya semakin aktif neuron, semakin banyak oksigen yang ditarik neuron dari darah– sehingga lebih oksigen dalam darah yang dipasok ke wilayah tersebut, memberikan pasokan nutrisi segar,” dia menambahkan.

Seperti juga meningkatkan sel-sel otak, berhungan seks juga bisa mempertajam pikiran perempuan, kata Dr Ghosh. Itu karena lonjakan hormon seks, khususnya testosteron, yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan reaksi pada waktu-waktu yang dibutuhkan.

Pakar relasi Tracey Cox, dari toko online erotis Lovehoney.co.uk, mengatakan ada penelitian mapan yang menunjukkan bahwa hubungan seks secara rutin dapat membantu kesehatan.

“Tingkat hormon oksitosin naik sekitar 500 persen selama berhubungan seks–membuat kita merasa santai dan juga membantu tidur,” kata dia.

“Pria yang orgasme tiga kali atau lebih dalam seminggu cenderung hidup lebih lama daripada mereka yang hanya satu atau sama sekali tidak orgasme.”

Penelitian yang dilakukan oleh Lovehoney juga menemukan bahwa orang yang secara teratur menggunakan perangkat seks dua kali lebih mungkin merasa puas dengan kehidupan seks mereka dibandingkan mereka yang tidak memakai alat bantu seks.

Sumber : Daily Mail

Mahasiswa UNY manfaatkan biji nangka buat donat

Minggu, 10 Maret 2013 21:42 WIB |

Pewarta: Sutarmi

Yogyakarta (ANTARA News) – Tim mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta memanfaatkan biji nangka untuk membuat kue donat yang diberi nama Dobina.

“Biji nangka merupakan sumber karbohidrat, protein, dan energi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan yang potensial. Biji nangka juga merupakan sumber mineral yang baik,” kata koordinator tim mahasiswa Senja Dewi di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, pembuatan donat merupakan salah satu cara mengolah makanan agar dapat bervariasi dan memenuhi cita rasa. Meskipun banyak variasi, yang paling penting dari pembuatan kue donat adalah bahan bakunya yakni tepung.

“Tepung biji nangka mengandung nilai gizi lebih tinggi dibandingkan dengan tepung terigu. Pembuatan tepung biji nangka, yakni mencuci biji nangka kemudian merebusnya hingga matang untuk membuang getahnya,” katanya.

Ia mengatakan, biji nangka yang sudah masak didinginkan kemudian dipotong tipis-tipis dan dikeringkan di bawah sinar matahari kemudian digiling untuk dijadikan tepung. Untuk mendapatkan tepung yang halus, tepung diayak terlebih dulu agar terpisah dari serat-serat yang masih kasar.

“Dari hasil komparasi bisa disimpulkan bahwa tepung biji nangka mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan amilum yang lebih baik dibandingkan dengan tepung terigu,” katanya.

Menurut dia, selama ini masyarakat hanya memanfaatkan daging nangka, sedangkan bijinya belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal, biji nangka mengandung karbohidrat cukup tinggi yakni dalam 100 gram biji nangka mengandung karbohidrat sebesar 36,7 gram.

Kandungan karbohidrat biji nangka, kata dia, memang lebih rendah dibandingkan dengan beras. Kandungan karbohidrat 100 gram beras sebesar 78,9 gram.

“Dua kilogram biji nangka sebanding dengan satu kilogram beras. Biji nangka dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan pangan yang cukup bergizi karena masih adanya kandungan zat lain yang lebih tinggi dibandingkan dengan makanan penghasil karbohidrat lainnya seperti zat besi dan vitamin B1,” katanya.

Anggota tim mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA UNY yang melakukan penelitian berjudul “Komparasi Uji Karbohidrat, Lemak, Protein, dan Amilum antara Donat Tepung Biji Nangka dan Donat Tepung Terigu” itu adalah Gibson SH Marbun, Pambudi Tedjo YR, dan Ragil Nurjannah R.***4***

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2013

Bit, Ubi Bersahaja dengan Manfaat Canggih

Albertina S.C. | Senin, 11 Maret 2013 – 21:43:11 WIB


(Foto/Alamy)
Bit, juga sering disebut ubi merah bit memiliki beragam manfaat kesehatan.
Selain manis, bit ampuh menurunkan tekanan darah, melawan kanker, dan meningkatkan daya tahan.

JAKARTA – Dengan rasa manis, warna merah ruby, bit menjadi makanan favorit. Tetapi, tumbuhan yang kerap disebut ubi bersahaja ini memiliki manfaat yang lebih jauh dari itu. Bit dapat meningkatkan kebugaran dan membantu mencegah kanker, menurut laporan Daily Mail, akhir pekan silam.

Manfaat utama dari bit berasal dari nitrat dalam kadar yang sangat tinggi. Kandungan nitrat dalam bit sekitar 20 kali lebih banyak daripada kebanyakan sayuran lain.

Memang reputasi nitrat rada buruk akibat pengunaannya sebagai bahan tambahan makanan. Beberapa penelitian pada hewan mengaitkan penggunaan komersial nitrat terhadap kanker. Badan Kesehatan Dunia menetapkan batas atas penggunaan nitrat pada angka 30 gram. Meski begitu, studi terbaru menunjukkan nitrat dalam bit menurunkan tekanan darah.

Penurun Tekanan Darah
Sebuah studi yang dilakukan oleh Queen Mary University di London, Inggris, pada 2010  menemukan bahwa hanya minum satu gelas ukuran 250ml jus bit sehari secara dramatis menurunkan tekanan darah selama beberapa jam. Studi juga menggambarkan semakin tinggi tekanan darah, semakin besar pula penurunan tekanan darah yang diamati akibat jus bit itu tadi.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh Baker Heart and Diabetes Institute di Melbourne, Australia, menemukan dengan minum segelas jus bit ukuran 500 ml menyebabkan penurunan tekanan darah yang signifikan setelah enam jam. Jika jus bit dikonsumsi secara luas, peneliti mengatakan penurunan sepuluh persen kematian akibat penyakitkardiovaskular bisa saja terjadi.

Mengapa nitrat dalam bit begitu ampuh?

Nitrat menurunkan tekanan darah karena bakteri di mulut dan usus mengubahnya menjadi gas oksida nitrat, yang merenggangkan dan memperlebar pembuluh darah, sehingga darah beredar lebih bebas.

Pendorong Otak
Sebuah studi yang dilansir tahun silam oleh para peneliti Wake Forest University di North Carolina, Amerik Serikat, tahun silam,  menemukan bit dapat memperlambat perkembangan demensia.

Diperkirakan ini terjadi lantaran oksida nitrat dalam bit meningkatkan aliran darah ke otak. Kandungan asam folat dalam bit ini sekitar 75 persen dari asupan tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA) di AS—setara dengan dua atau tiga umbi bit kecil. Penelitian sebelumnya berpendapat bahwa nutrisi dalam bit tersebut dapat melindungi pasien Alzheimer.

Melawan Kanker
Betacyanin, pigmen yang memberikan warna yang kaya pada bit, adalah antioksidan kuat yang telah terbukti memiliki sifat antikanker.

Pada 2011, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Howard University di Washington, Amerika Serikat, menemukan bahwa betacyanin memperlambat 12,5 persen pertumbuhan tumor prostat dan sel-sel kanker payudara. Perlu penelitian lebih banyak lagi untuk melihat apakah mengkonsumsi bit akan memiliki efek antikanker yang sama.

Tinggi Serat
Terapis gizi Dr  Elisabeth Philipps merekomendasikan bit atau beetroot untuk masalah pencernaan.

“Beetroot tinggi serat dan 100 gram porsi—dua atau tiga bit kecil—membantu mengatur gerakan usus besar,” kata dia. Bit, dia menambahkan, “Juga mengandung senyawa yang disebut betaine yang menormalkan pengeluaran asam lambung.”

Senyawa tersebut meningkatkan kadar asam dalam perut jika punya Anda tidak cukup dan bertindak sebagai antacid atau penetral asam, jika Anda memproduksi terlalu banyak. ‘Beetroot mendukung hati juga, ” dia menambahkan.

‘Antioksidan vulgaxanthin, betalain dan betanin meningkatkan produksi glutathione, suatu zat yang membantu hati memproses racun.”

Di dalam Pink
Antara 10-14 persen dari populasi mengalami fenomena yang dikenal sebagai beeturia –ketika urin berubah merah muda– setelah makan bit. Ini biasanya terjadi ketika seseorang mengkonsumsi bit dalam porsi besar.

“Mengapa itu terjadi masih belum dipahami, meskipun hal tersebut dikaitkan dengan anemia,” kata Dr Phillips. “Jika ada perubahan warna urine setelah Anda makan bit, tak perlu khawatir.”

Sumber : Daily Mail
Advertisements

0 Responses to “IndoGreenWay : Obat Panjang Umur”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,308,288 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: