01
Mar
13

IndoGreenWay : Buah Alpukat dan 7 Minuman Paling Mengerikan

https://jakarta45.files.wordpress.com/2012/01/logo_green_3ecd1.gif

Kunci Kesehatan Bernama Alpukat

Albertina S.C. | Jumat, 01 Maret 2013 – 08:58:47 WIB

(Dok/livescience.com)
Makanan tinggi kandungan lemak tak jenuh tunggal.
Makan alpukat teratur meningkatkan kolesterol “baik” dan menurunkan indeks bobot tubuh.
 
JAKARTA – Alpukat ternyata bukan cuma baik, tetapi menjadi kunci bagi kesehatan.

Setelah mengulik data National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) periode 2001-2008, para peneliti menemukan bahwa makan alpukat secara teratur terkait dengan kualitas pola makan yang lebih baik. Yakni, meningkatkan kadar HDL atau kolesterol “baik”, menurunkan risiko sindrom metabolik, serta menurunkan berat badan, indeks massa tubuh (BMI) dan mengecilkan lingkar pinggang.

Sindrom metabolik ditandai dengan sekelompok gejala yang meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit jantung. Gejala-gejala itu termasuk tekanan darah yang lebih tinggi dari 130/85 mmHg; kadar puasa gula darah 100 mg/dL atau lebih; lingkar pinggang 45 inci atau lebih untuk pria dan 35 inci atau lebih buat perempuan. Juga level HDL atawa kolesterol baik tidak kurang dari 40 mg/dL dan tingkat triglisierida 150mg/dL atau lebih. Orang yang memiliki tiga atau lebih gejala tadi didiagnosis sindrom metabolik, menurut studi yang diterbitkan dalam edisi terbaru Journal Nutrition yang dilansir LiveScience, Senin (25/2).

Untuk analisis ini, peneliti memeriksa kualitas pola makan dari 17.567 orang dewasa berusia 19 tahun atau lebih dalam NHANES. Dari jumlah tersebut, 347 atau 2 persen orang makan alpukat. Mereka setiap hari mengasup setengah alpukat ukuran sedang, yang mengandung mengandung sekitar 114 kalori dan setengahnya adalah lemak.

Para pewawancara NHANES mengumpulkan informasi gizi yang berdasarkan makanan yang disantap selama 24 jam. NHANES memiliki program yang secara teratur menilai status kesehatan dan gizi orang dewasa dan anak-anak di Amerika Serikat. Peneliti menghitung kualitas diet menggunakan Indeks Makan Sehat AS, yang menunjukkan seberapa ketat mereka mengikuti Pedoman Diet Amerika.

Penelitian ini melaporkan bahwa orang yang makan alpukat memiliki asupan buah-buahan dan sayuran pada umumnya yang secara signifikan lebih tinggi dan tambahan gula yang lebih rendah. Pemakan alpukat juga memiliki asupan total lemak yang lebih tinggi, lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, makanan berserat, vitamin E, magnesium, kalium dan vitamin K, bersama dengan asupan karbohidrat yang lebih rendah.

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang dikaitkan dengan risiko lebih rendah penyakit jantung. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa risiko penyakit koroner diperkirakan berkurang 19 persen ketika asupan lemak tak jenuh tunggal meningkat 5 persen, tulis para peneliti dalam studi terbaru.

Dalam  urusan berat badan, mereka yang makan alpukat rata-rata lebih kurus sekitar 3, 6 kilogram dibandingkan mereka yang tidak menyantap buah berbiji tunggal ini. Partisipan dalam kelompok alpukat juga memiliki indeks bobot tubuh (BMI) 26,7 dibandingkan 28,4 untuk grup nonalpukat serta lingkar pinggang penyantap alpukat lebih kecil 2 inci. Terakhir, para responden tersebut juga memiliki kadar HDL yang lebih tinggi: rata-rata 55 mg/ dL dibandingkan dengan 52,6 mg/ dL untuk orang-orang yang tidak makan alpukat.

Studi ini tidak hanya menunjukkan kerterkaitan, tanpa membuktikan hubungan sebab dan akibat. Para peneliti mengakui bahwa orang-orang dalam studi ini mungkin tidak memiliki ingatan yang akurat tentang apa saja yang mereka santap. Ditambah lagi, jumlah orang-orang yang makan alpukat dalam survey ini juga relatif kecil.

Meski begitu, hasil penelitian ini tetap menarik.

“Temuan ini menunjukkan peran alpukat dalam meningkatkan kualitas diet dan mungkin mengurangi risiko sindrom metabolik di Amerika Serikat,” tulis para peneliti. “Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memverifikasi data epidemiologi ini dan mempelajari hubungan potensial antara peningkatan asupan alpukat dan komponen makanan lainnya.”

Sumber : LiveScience

http://www.metrotvnews.com/lifestyle/read/2013/02/27/470/134283/Minuman-Paling-Mengerikan-di-Dunia

7 Minuman Paling Mengerikan di Dunia

Rabu, 27 February 2013 | 04:16 WIB

ianchadwick.com

Metrotvnews.com: Beberapa minuman di bawah ini bisa membunuh Anda. Namun, sebagian orang justru menganggap minuman berikut sehat. Itu pun jika Anda berani meminumnya.

Berikut beberapa minuman yang paling mengerikan di dunia, karena kandungan bahan yang terdapat di dalamnya:

1. Absinthe
Minuman ini terbuat dari tumbuhan apsintus dan adas manis. Kandungan alkoholnya sangat tinggi, sehingga berpotensi membuat peminumnya menderita epilepsi, TBC, hingga kehilangan kewarasan. Absinthe sempat dilarang pada abad 19. Namun, perubahan sejumlah aturan serta promosinya melalui berbagai film membuat popularitas Absinthe kembali terdongkrak dan dijual bebas di sejumlah negara.

2. Alkohol Tiga Kadal
Alkohol tiga kadal dipercaya sejumlah komunitas di Cina dan Vietnam mampu membuat peminumnya lebih kuat dan terhindar dari gangguan roh jahat. Mereka percaya bahwa kadal adalah sumber energi dan bisa mengusir roh jahat.

3. Baby Mice Wine
Minuman ini merupakan ramuan tradisional dari Korea dan China yang digunakan untuk kesehatan. Baby Mice Wine dibuat dengan cara memasukkan anak tikus yang baru lahir dan belum terbuka kelopak matanya ke botol sake dalam keadaan hidup-hidup.

4. Mezcal
Alkohol suling ini terbuat dari pohon agave dari Meksiko. Dibuat dengan memasukkan seekor larva dari ngengat bernama Hypopta Agavis yang hidup di dalam pohon Agave ke dalam setiap botolnya.

5. Vodka Kalajengking
Minuman ini mengandung kalajengking yang diawetkan dan dimasukkan ke dalam vodka. Di sejumlah negara di Asia Tenggara, vodka kalajengking dipercaya bisa menyembuhkan sakit punggung dan pegal otot. Kalajengking di dalam minuman ini bisa dimakan, lengkap dengan capitnya.

6. Wine Ular
Minuman dari Vietnam ini berupa anggur beras yang dicampur dengan ular berbisa. Racun ular berbisa tersebut menimbulkan rasa yang sangat khas. Kandungan ethanol dalam anggur ini menghilangkan efek racun dan menonjolkan protein di dalamnya. Minuman ini juga dipercaya memiliki manfaat kesehatan.

7. Wine Camar
Minuman ini diciptakan oleh bangsa Eskimo, untuk menahan tubuh dari hawa dingin. Anggur camar dibuat dengan cara memutilasi burung camar yang dicacah kecil-kecil, kemudian disimpan di dalam botol berisi air. Air tersebut selanjutnya didiamkan di bawah sinar matahari selama sekian lama hingga berfermentasi. (Nin)


0 Responses to “IndoGreenWay : Buah Alpukat dan 7 Minuman Paling Mengerikan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,091,447 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: