16
Feb
13

IndoGreenWay : Jus Tomat Lebih Berenergi

Lupakan Minuman Energi, Jus Tomat Saja

Albertina S.C. | Rabu, 13 Februari 2013 – 19:59:04 WIB


(Dok/www.simplyrecipes.com)
Jus tomat membantu atlet mempercepat pemulihan otot.
Minum jus tomat mempersingkat pemulihan otot dan membuat tingkat kadar glukosa lebih cepat normal.
JAKARTA – Jus tomat dapat lebih baik daripada minuman energi untuk memulihkan kondisi tubuh yang terkuras setelah olahraga, penelitian baru menunjukkan. Mengapa?Para ahli mengatakan tomat mengandung bahan kimia penting untuk membantu memulihkan otot dan mengembalikan darah ke tingkat normal setelah olahraga keras dan peregangan.

Daily Mail, Selasa (12/2), mengungkapkan para ahli dari sejumlah lembaga kesehatan di Yunani  melakukan tes pada 15 atlet selama dua bulan. Mereka memeriksa tanda-tanda vital sebelum, selama, dan setelah berolahraga.

Dalam studi, sembilan atlet minum jus tomat setelah latihan dan enam lainnya mereguk minuman energi  bersoda yang biasa mereka minum.

Nah, atlet yang minum jus tomat memiliki tingkat pemulihan otot yang lebih cepat. Kadar glukosa dalam darah mereka juga lebih cepat normal setelah latihan berat.

Tomat mengandung senyawa yang disebut lycopene, yang memberi warna merah. Anti-oksidan dalam tomat ini dikenal memerangi kanker, penyakit jantung, dan penyakit lain. Inilah yang membuat tomat masuk dalam diet Mediterania yang diadopsi sejumlah orang agar hidup lebih lama.

Dalam studi terbaru, enzim dan protein berbahaya yang berkontribusi pada kerusakan otot dan otak lebih cepat kembali ke tingkat normal pada para atlet yang minum jus tomat setelah olahraga.

Penelitian yang dipimpin oleh para peneliti di General Chemical State Laboratory Yunani ini mengungkapkan jus tomat sangat efektif sehingga orang dengan tingkat tinggi protein berbahaya bisa mendapatkan keuntungan hanya dalam waktu dua bulan.

Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology ini memperkuat penelitian peneliti Swedia sebelumnya yang menemukan bahwa jus tomat membantu mengurangi kerusakan oksidatif setelah olahraga.

Para peneliti di Stockholm meminta sekelompok relawan sehat untuk berolahraga dengan denyut jantung 80 persen dari maksimal selama 20 menit.

Selesai sesi latihan, peneliti mengambil darah untuk mengukur 8-oxodG, senyawa yang menandai kerusakan oksidatif. Ini adalah hasil dari reaksi kimia dalam tubuh yang melepaskan molekul kaya oksigen berbahaya yang menyerang jaringan dan menyebabkan kerusakan permanen yang berimplikasi menyebabkan berbagai penyakit.

Para peneliti menemukan relawan yang menyesap sedikit jus tomat setelah olahraga selama lima pekan mengalami begitu banyak kerusakan oksidatif.

Sumber : Daily Mail

Tomat rebus dapat cegah kanker prostat

Rabu, 13 Februari 2013 22:50 WIB | 1256 Views

ilustrasi Seorang petani memanen Tomat di Desa Susukan, Sumbang, Banyumas, Jateng. (FOTO ANTARA/Idhad Zakaria)

Tomat yang direbus lama hingga menjadi setengah bubur merupakan sumber likopen terbaik,”

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) – Tomat yang direbus hingga lembek dan menyerupai bubur ternyata merupakan bahan pangan yang mampu mencegah terjadinya kanker prostat.

“Tomat yang direbus lama hingga menjadi setengah bubur merupakan sumber likopen terbaik,” ungkap pakar gizi Dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, di Jakarta, Rabu.

Likopen adalah salah satu zat yang terdapat dalam warna sayur dan buah, yang memiliki fungsi untuk mencegah kanker prostat.

“Likopen akan muncul saat tomat direbus hingga lembek seperti bubur, karena zat ini terletak pada inti buah tomat,” jelas Samuel. Ikatan inti pada buah tomat tidak akan terlepas pada saat dikonsumsi secara mentah.

“Memang, bila direbus kandungan vitamin c, betakaroten, dan lainnya akan hilang. Namun tomat menjadi istimewa karena kandungan likopen. Vitamin dan betakaroten bisa didapat dari sayur dan buah lainnya,” kata Samuel.

Oleh sebab itu Samuel menganjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya lima jenis sayur dan buah dengan aneka warna setiap harinya. Lebih lanjut Samuel memaparkan bahwa karotenoid seperti likopen tidak akan terserap usus tanpa bantuan minyak.

“Maka campurlah ‘bubur’ tomat dengan sesendok minyak canola atau minyak zaitun. Dua minyak ini jauh lebih sehat dibandingkan minyak sayur lainnya,” jelas Samuel.
(M048)Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2013

Advertisements

0 Responses to “IndoGreenWay : Jus Tomat Lebih Berenergi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,193,692 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: