08
Feb
13

Lingkungan : 24 Situ DAS Cisadane-Ciliwung Menghilang

MetroLayanan publik

24 Situ DAS Cisadane-Ciliwung Menghilang  

Derasnya aliran sungai Ciliwung dikawasan Manggarai, Jakarta, Selasa (15/1). Hujan yang mengguyur Jakarta dan Bogor, mengakibatkan meluapnya air sungai Ciliwung sehingga merendam ratusan rumah dibantaran sungai. TEMPO/Eko Siswono Toyudho

Jum’at, 08 Februari 2013 | 14:17 WIB

24 Situ DAS Cisadane-Ciliwung Menghilang

TEMPO.CO, Jakarta – Jumlah situ di daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung dan Cisadane turun dari 204 situ menjadi 180 situ.

Hasil inventarisasi Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum menunjukkan pada 2007 lalu, DAS Ciliwung dan Cisadene berjumlah 204 situ. Sebanyak 24 situ yang sudah beralih fungsi.

“Pengalihfungsian terjadi akibat pengurukan untuk berbagai keperluan, seperti perumahan dan lainnya,” kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum, Mohamad Hasan, dalam rilisnya Kamis, 7 Februari 2013.

Padahal, kata Hasan, situ merupakan daerah resapan air sehingga seharusnya tidak boleh dihuni. Ia menjelaskan, 50 meter dari bibir situ di luar kota dan 15 meter untuk situ yang berada di dalam kota, tidak boleh dihuni.

Beberapa kasus pengalihfungsian situ terjadi akibat penerbitan izin pembangunan di sekitar situ oleh pemerintah daerah. Salah satu kasus pengalihfungsian situ yang ia catat terjadi di Situ Antap, Kota Tangerang Selatan. Situ Antap sedikit demi sedikit terkikis karena diuruk oleh pengembang.

“Kami berkoordinasi dan membuat kesepakatan dengan pemerintah daerah setempat dan Badan Pertanahan Nasional. Karena pengembang tersebut sudah memiliki sertifikat lahan,” kata Hasan. (Baca: Titik-titik Luapan Kali Ciliwung)

Sedangkan dari perspektif Kementerian Pekerjaan Umum sebagai pengelola sumber daya air, walau pengembang sudah memiliki sertifikat kepemilikan lahan, situ harus tetap berfungsi untuk konservasi air dan tidak boleh dibangun. (Baca: Kampung Pulo Kembali Banjir Capai 2 meter)

RAFIKA AULIA

Berita Lainnya:

Kampung Pulo Kembali Banjir Capai 2 meter

 


0 Responses to “Lingkungan : 24 Situ DAS Cisadane-Ciliwung Menghilang”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,148,769 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: