03
Feb
13

Kenegarawanan : Pemerintah Indonesia Tidak Dipercaya

Indonesia Hampir Tidak Percaya Lagi Pemerintah

index(infomoneter.com)-Endelmen Trust Barometer, sebuah lembaga survei global mengenai tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi bisnis, pemerintahan, media dan LSM, baru-baru ini melakukan survei terhadap kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap pemerintah. Hasil survey tersebut menunjukan masyarakat Indonesia kini hampir tidak percaya lagi dengan instusi pemerntah dan lebih percaya pelaku bisnis. Hasil riset ini dipaparkan Edelmen di Mercantile Athletic Club, gedung HSBC, Jakarta Pusat, (Kamis,31/01/ 2013).

Laporan tersebut menunjukan, lebih dari 31,000 orang dari 26 negara menjadi sample. Termasuk didalamnya 1,200 responden berasal dari Indonesia.

Hasilnya tahun ini Indonesia mengalami krisis kepercayaan yang menonjol. Sebesar 54% Coruption Fraud (33% untuk hitungan global), 17% Wrong Incentives Driving Policies(17% untuk global), 5% (11% untuk global) Tranparesncy Issues, 3% (6% untuk global) lack of regulation or conrol. Dan 22% poor performance atau incompetence (31% untuk global).

Alan Vander Molen, Presiden dan CEO, Global Pracices,Edelmen dan Vice Danieal J Edelmwn mengatakan, masyarakat Indonesia sekarang lebih percaya pelaku usaha dari pada pemerintah. Dari data yang didapat,  kasustrust korupsi yang dialami pejabat negara dan tidak kompetenya kinerja pemerintahanya sekarang dianggap publik menjadi alasan utama turunya kepercayaan mereka.

Tahun ini merupakan kali ke 13 Edelmen mengadakan survei secara global dan tahun kelima untuk survei di Indonesia. “Awal riset dimulai tahun 1990 oleh Richard. Endelmen. Survei kami telah mendapat sambutan baik hampir di seluruh negara di dunia, ” Ujar Stephen Lock, CEO, Edelmen Indonesia.

Dalam catatan Endelmen, kepercayaan adalah inidkator utama sebuah reputasi. Satu hal yang perlu dicermati, kepercayaan itu dapat dikelola. Pesan dari Endelmen untuk tahun ini menunjukan hasil yang krusial bagi tingkat kepercayaan investor asing. Stepehen mengatakan kepercayaan masyarakat Indonesia untuk berbagai perushaan dari Brazil, India dan Cina relatif lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan yang berasal dari Korea,Jerman, dan Jepang. redaksiinfomoneter@yahoo.co.id

 

 

 

 

Advertisements

0 Responses to “Kenegarawanan : Pemerintah Indonesia Tidak Dipercaya”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,223,597 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: