27
Oct
12

Kepemimpinan : Budaya Kerja Jakarta Baru

https://jakarta45.files.wordpress.com/2011/12/jakarta-452.png?w=637&h=609&h=609

Kamis, 25/10/2012 21:39 WIB

Soal Kinerja Jokowi, PPATK: Ini Pola Kerja Baru di Dunia Birokrasi

Sukma Indah Permana – detikNews

Jakarta – Wagub DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Putra atau Ahok siang tadi bertemu dengan wakil ketua PPATK, Agus Santoso di Balaikota. Agus mengungkapkan rasa kagumnya atas kepemimpinan Jokowi-Ahok.

“Saya sangat terkesan dengan pola kerja kedua pemimpin yang menunjukkan komitmen pada keterbukaan,” ujar Agus dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/10/2012).

Menurutnya kedua pimpinan ini telah mengadopsi matrix organization atau bekerja satu meja dengan staf. Selain itu, Jokowi-Ahok juga telah memasukkan kontrol publik secara langsung melalui keberadaan media.

“Ini adalah pola kerja baru di dunia birokrasi,” lanjutnya.

Agus mengatakan bahwa kepemimpinan Jokowi-Ahok di DKI harus menjadi momentum perubahan pengelolaan keuangan daerah.

“Pola kerja yang mengedepankan transparancy dan accountability seperti ini perlu diterapkan pula dalam pengelolaan keuangan Pemda DKI,” tutur Agus.

Menurutnya hal ini perlu dilakukan agar angka-angka penerimaan dan pengeluaran daerah dapat tercatat dengan baik dan setiap rupiah dapat dipertanggungjawabkan.

“APBD DKI itu angkanya triliunan, sehingga harus dikelola dengan cermat, sehingga mampu membiayai perubahan Jakarta sebagaimana visi misi pak Jokowi dan Pak Basuki,” tutup Agus.

Kamis, 25/10/2012 12:56 WIB
Hari ke-10 Jokowi

Jokowi: 57 Ribu Kegiatan Dibagi Per Dinas Kan Jadi Mabuk!

Ray Jordan – detikNews

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) ingin menyederhanakan pola anggaran di dinas-dinas yakni dengan menyederhanakan kegiatan di dinas-dinas. Menurutnya, 57 ribu kegiatan untuk semua dinas dinilai kurang bermanfaat.

“Kalau 57 ribu kegiatan dibagi dinas-dinas dapat berapa kegiatan dalam satu tahun. Kan jadi mabuk semua! Ini pola anggaran yang akan kita ubah,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan itu usai menerima paparan dari beberapa kepala dinas antara lain Kadishub Udar Pristono, Kadis PU Novizal, dan Kadis Pertamanan Chatarina, di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (25/10/2012).

Menurut Jokowi, jika ada 57 ribu mata anggaran untuk semua dinas, sangat sulit untuk mengontrolnya. Jokowi pun menyarankan per dinas 1-4 kegiatan.

“Kalau menurut saya nggak musti banyak-banyak 1-4 tapi gede-gede,” kata Jokowi yang mengenakan baju batik coklat, celana bahan warna hitam, sepatu pantofel hitam dengan gaya rambut belah samping ini.

Dalam pertemuan itu, Jokowi juga meminta pemaparan kepala dinas untuk program 2013. Menurut Jokowi, kegiatan-kegiatan per dinas masih banyak yang tidak fokus.

“Tidak ada program unggulannya yang mana. Seharusnya setiap dinas ada program unggulannya. Jadi lebih bagus fokusnya sehingga manajemen kontrolnya lebih mudah,” ucapnya.

Jokowi lantas mencontohkan agar Dinas PU fokus perbaikan jalan di kampung di Jakarta halus dan beraspal. Begitu juga soal pengelolaan air di Banjir Kanal Timur.

“Saya sampaikan tadi semua kampung di Jakarta jalanannya harus halus dan aspal. Karena selama perjalanan saya ke kampung-kampung masih banyak jalan yang jelek,” imbuh Jokowi.

Jokowi Itu Mukanya Kolot Pemikiran Moderen

TRIBUNnews.comTRIBUNnews.com

 

TRIBUNNEWS.COM,BANJARMASIN–Lomba menulis “Surat untuk Jokowi” akhirnya sudah mendapatkan juaranya. Pemenangnya adalah Muhammad Ramadhani (16) seorang siswa kelas XII IPS SMA Negeri 91, Jakarta Timur.

Lomba menulis surat untuk Jokowi ini diadakan di Facebook sejak 12 hingga 17 Agustus 2012 oleh pengusaha muda Charles Honoris dan praktisi media sosial Sony Subrata.

Siswa yang akrab disapa Rama itu pun dimintai komentarnya mengenai sosok Gubernur DKI Jakarta tersebut. Dia memuji mantan Wali Kota Solo tersebut sebagai orang yang memiliki pemikiran modern.

“Jokowi tuh muka kolot, pemikirannya modern,” kata Rama di Hotel Novotel, Jakarta, Rabu (24/10/2012).

Meski begitu, Rama tidak bisa menjelaskan apa maksud dari modern itu. “Yang pasti gimana ya, Jokowi itu orangnya modern dan beda dari calon lainnya,” ujarnya lagi.

Rama mengaku mengetahui informasi adanya lomba “Surat untuk Jokowi” dari Facebook. Surat Rama berjudul “Jakarta Baru? Mungkin Gak Sih?” dianggap mewakili suara warga Jakarta sehingga layak menang.

Di dalam surat itu, Rama berkeluh kesah mengenai kondisi Jakarta yang ruwet akan polusi, trotoar, transportasi umum, dan kebersihan.

“Kalau banjir enggak, soalnya rumah saya enggak banjir,” ujarnya.

Rama paling mengeluhkan persoalan tata kota dan jalan di Jakarta. Rama berharap Jokowi dapat mengubah Jakarta seperti Kota Barcelona.

“Pengennya Jakarta itu kayak kota-kota di Eropa, kayak di Barcelona. Mau jalan-jalan tinggal keluar, enggak ada polusinya. Jalan tol dalam kota enggak perlu ada, yang diperbanyak MRT, subway,” ujarnya.

Ia pun berharap, Jokowi dapat membuat Jakarta Baru dari yang sebelumnya.

Orangtua Rama pun telah mengetahui ia menang sejak dua atau tiga minggu yang lalu. Rama juga telah menjanjikan untuk mentraktir orangtuanya.

Kabarnya, Jokowi akan langsung menyerahkan hadiah berupa notebook kepada Rama. Bagaimana perasaan pelajar SMA itu akan menerima hadiah langsung dari Jokowi? “Biasa aja tuh,” katanya.

Saat ditanyakan, apakah ia akan kecewa apabila Jokowi tidak berhasil mewujudkan Jakarta Baru, Rama tak peduli.

“Ah, saya enggak peduli. Gue mah apatis,” katanya.

Namun, apakah Rama yakin Jokowi dapat mewujudkan Jakarta Baru? “Yakin,” jawab Rama.

Advertisements

0 Responses to “Kepemimpinan : Budaya Kerja Jakarta Baru”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,948,310 hits

Archives

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Advertisements

%d bloggers like this: