09
Feb
12

Prasarana : Korupsi Jembatan Kutai Kartanegara [KaBaResKrim]

KasusJembatanKuKar

Mega Putra Ratya – detikNews

Rabu, 08/02/2012 15:41 WIB

Kasus Jembatan Kukar, Kabareskrim : Unsur Korupsi Sudah Jelas

Jakarta – Polri sudah menetapkan tiga tersangka dalam kasus runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Polri juga melihat ada indikasi korupsi dalam kasus yang menewaskan 24 orang tersebut.”Saya kira unsur korupsi sudah jelas, unsur merugikan negara. Saya kira itu masalah yang terkait dengan policy atau kebijakan, itu adalah ranah politik,” kata Kabareskrim Komjen Sutarman di sela-sela rapat kerja dengan Komisi V DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (8/2/2012).

Sutarman mengatakan Polri mengusut kasus tersebut dari aspek ranah penegakan hukum. Ia berjanji akan menindak tegas siapa pun yang bersalah dalam kasus tersebut.

“Apapun pelanggaran yang terjadi untuk penegakan hukum mulai dari kalau itu untuk kepentingan perawatan tapi tidak digunakan apa pelanggarannya, tentu akan kita tindak,” ujarnya.

Meski menemukan indikasi korupsi, Polri belum menyimpulkan bahwa secara keseluruhan terjadi tindak pidana korupsi dalam kasus tersebut.

“Kita tidak serta merta menuduh itu. Kita lihat kesalahannya ada dimana. Dari kesalahan perencanaan itu, kita lihat kesalahannya seperti apa. Kalau tadi disebutkan peralatan yang ditentukan harga penawaran dan ditentukan alatnya seperti itu, kemudian dipenuhi seperti itu, tidak ada masalah. Tapi alatnya jelek, tapi kesepakatannya seperti itu, ya tidak ada masalah,” ungkap mantan Kapolda Metro ini.

Berarti indikasi korupsi ada diperencanaan? “Mestinya diperencanaan. Kawat yang getas itu tidak boleh digunakan mestinya. Ini adalah ranah pemilihan barang. Kalau misalnya dalam kesepakatan disepakati barang A, tapi digunakannya C, itu yang harus kita lakukan penyelidikan,” tegasnya.

Polri masih melakukan penyelidikan lebih lanjut dalam kasus ini. Belum ada penetapan tersangka baru dalam waktu dekat.

“Tergantung perkembangan penyelidikan. Kalau nanti kita akan memperoleh bukti yang cukup, mulai dari aspek perencanaan, pembangunan pada tahun 1995, kemudian aspek perawatannya, aspek pengoperasional dan seluruhnya, kan kita mulai dari pengencangan baut, chamber yang tengah tadi dan beban itu bertumpu pd satu chamber (hanger) yang naiknya dari 5 cm, 10 cm, dan seterusnya, itu adalah bagian informasi yang kita gunakan untuk pintu masuk terhadap penyidikan yang kita lakukan, hingga kita menetapkan 3 orang tersangka tadi,” paparnya.

(mpr/aan)

Baca Juga

0 Responses to “Prasarana : Korupsi Jembatan Kutai Kartanegara [KaBaResKrim]”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 4,077,944 hits

Archives

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: