13
May
11

PusKesMas : Usia Kronologis, Usia Biologis, Usia Psikologis

Jumat, 13/05/2011 09:42 WIB

Tiga Usia Manusia

Merry Wahyuningsih – detikHealth

Tiga Usia Manusia yang Bisa Bikin Lebih Muda atau Lebih Tua
img
(Foto: thinkstock)

Jakarta, Setiap merayakan ulang tahun, maka usia manusia diartikan bertambah 1 tahun. Tapi sebenarnya usia manusia tidak selalu sama dengan tahun lahir karena bisa lebih muda atau lebih tua.

Usia secara langsung terkait dengan periode pembangunan dan perkembangan manusia. Setiap periode pertumbuhan biasanya terjadi selama rentang usia tertentu. Usia dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap banyak aspek pertumbuhan dan perkembangn individu.

Tapi ternyata usia tidak selalu dihitung berdasarkan tanggal lahir. Usia dapat dicirikan dalam berbagai bentuk. Setiap bentuk menggambarkan aspek yang berbeda, yang mempengaruhi penuaan dalam berbagai cara.

Dilansir ‘Life-span development’ yang ditulis Santrock, John W, Jumat (13/5/2011), ada 3 usia pada tubuh manusia, yaitu:

1. Usia kronologis (chronological age) yang sama dengan tahun lahir
Usia kronologis ditentukan dengan jumlah waktu yang telah berlalu sejak seseorang lahir atau usia yang sesuai dengan tanggal kelahiran manusia ke bumi.

Usia kronologis biasanya diukur dalam tahun saja, tetapi usia kronologis bisa menjadi lebih spesifik, termasuk tahun, bulan, minggu dan hari.

2. Usia biologis (biological age)
Usia biologis mengacu pada keadaan kesehatan tubuh seseorang. Usia biologis tidak selalu sama dengan usia kronologis (tanggal lahir) bisa lebih muda atau lebih tua tergantung dari kondisi organ tubuh seseorang.

Usia biologis ditentukan dengan membandingkan kesehatan fisik seseorang dari berbagai usia dan menentukan apa usia biologis orang tersebut. Penuaan biologis tidak terikat waktu, hal ini lebih berkaitan dengan seberapa baik sel memperbaharui diri dan seberapa efisien mereka menggunakan oksigen.

Jika kondisi organ tubuhnya sehat walaupun sudah tua itu berarti usia biologisnya muda. Sebaliknya jika organ tubuhnya sakit padahal usianya masih muda itu artinya usia biologisnya lebih tua dari usia sebenarnya.

Tidak seperti usia kronologis, usia biologis dapat diubah menjadi lebih baik (lebih muda) atau lebih buruk (lebih tua). Anda bisa muda dan memiliki usia biologis yang tinggi, atau di 50-an tahun tetapi memiliki usia biologis 20-an tahun.

Usia biologis pada dasarnya adalah ukuran vitalitas batin dan energi. Semakin tinggi tingkat vitalitas seseorang maka semakin rendah usia biologisnya.

Hidup sehat dan mampu mengendalikan stres dapat membuat usia biologisnya seseorang selalu muda meski usia kronologisnya sudah tidak muda lagi.

3. Usia psikologis (psychological age)
Usia psikologis seseorang berkisar pada keterampilan psikologis atau kejiwaan dan mekanisme individu dalam menangani stres atau masalah.

Usia psikologis juga tidak selalu sama dengan usia kronologis ataupun usia biologis.

Orang yang gampang marah dan selalu meledak-ledak, emosional, gampang tersinggung diartikan sebagai usia psikologis yang muda. Usia psikologis muda identik dengan umur anak-anak yang tidak mampu menguasai emosinya.

Jadi walaupun usia Anda sudah 30-an tahun tapi karena kelakukan Anda yang gampang marah, tersinggung, egois bisa diartikan usia psikologia Anda lebih muda dari umur sebenarnya.

Sebaliknya, orang yang mampu mengendalikan emosinya dan lebih sabar menghadapi masalah dinilai memiliki umur psikologis yang lebih tua. Misalkan anak usia 15 tahun tapi mampu bersikap dewasa maka umur psikologisnya lebih tua dari umur sebenarnya.

(mer/ir)

Berita Lain

Advertisements

0 Responses to “PusKesMas : Usia Kronologis, Usia Biologis, Usia Psikologis”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,771,663 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Advertisements

%d bloggers like this: