30
Nov
10

Kebudayaan : Mbah Petruk dan Sabdo Palon Menagih Janji

Mbah Petruk dan Sabdo Palon Menagih Janji

lokasi: Home / Berita / OPINI / [sumber: Jakartapress.com]

Selasa, 02/11/2010 | 19:04 WIB

Mbah Petruk dan Sabdo Palon Menagih Janji
Oleh: Tubagus Januar Soemawinata – UNAS *)

HATTA. Ketika pertama Islam masuk  ke Tanah Jawa. Tidaklah semulus yang orang sangka. Sebab Tanah Jawa sudah ada manusia. Juga ada bangsa jin yang menganut kepercayaan kuno. Ada yang menduga mereka adalah penganut Hindu dan Budha. Yakni agama yang pada saat itu berkembang. Namun banyak yang menduga mereka adalah penganut kepercayaan Jawa kuno. Mereka ini dipimpin Sabdo Palon. Sabdo Palon dalam dunia pewayangan disebut Ki Lurah Semar atau Ki Lurah Bodronoyo.

Karena paham mereka yang berbeda. Maka ketika Islam masuk disambut dengan peperangan. Bukan perang sembarang perang. Namun perang magic. Perang ilmu-ilmu gaib. Sehingga tidak sedikit ulama Islam yang dikirim dari Mesir tewas dalam peperangan magic itu. Dalam wadah kasar mereka tewas karena tersapu gelombang pasang, semacam tsunami dan sebagainya. Perang itu berlanjut dengan banyaknya jatuh korban di kedua pihak.

Maka diutuslah Syekh Subakir, ulama asal Persia (Iran) yang dikenal ahli ilmu ghoib dan bisa melihat bangsa jin. Dengan kedatangan Syekh Subakir benteng pertahanan Sabdo Palon yang super ketat dapat ditembus. Dan banyak bangsa jin atau manusia pengikut Sabdo Palon yang binasa. Melihat keadaan yang tidak menguntungkan itu, Sabdo Palon  mengadakan gencatan senjata. Dia mengajak Syekh Subakir berunding dan menghentikan perang. Syekh Subakir menerima ajakan tersebut dengan tangan terbuka. Karena dia juga melihat jalan petundingan jauh lebih baik daripada melanjutkan pertempuran yang tidak ada gunanya.

Kemudian terjadilah kesepakatan antara Syekh Subakir dengan Sabdo Palon. Isi kesepakatan itu antara lain, Islam boleh berkembang atau disebarkan di Tanah Jawa tetapi tidak boleh dilakukan dengan pemaksaan. Islam harus menghirmati dan menghargai budaya, adat istiadat setempat. Islam tidak boleh memaksa orang yang berbeda keyakinan untuk memeluk agama baru tersebut. Dan kalau orang Islam yang meimimpin atau jadi pemimpin harus mengayomi semua orang, semua agama, dan semua kepercayaan. Menjunjung tinggi kearifan lokal. Dan sejak itu Sabdo Palon bersama pengikutnya, termasuk Mbah Petruk mukswa. Mereka hilang dari pandangan umum dan tidak mudah dilihat oleh manusia biasa. Hanya mereka yang memiliki kelebihan dan paham ilmu ghoib yang dapat melihatnya.

Sebelum menghilang Sabdo Palon sempat berpesan kepada Syekh Subakir. Bahwa suatu ketika dia (Sabdo Palon) atau pengikutnya (Mbah Petruk) akan kembali menunjukan jati dirinya, kalau pemimpin negeri ini tidak amanah. Tidak mencintai rakyat. Hanya berbuat untuk kesenangan dirinya dan kelompoknya saja. Sementara membiarkan rakyat dalam kesengsaraan dan penderitaan. Kemunculan Sabdo Palon dan para pengikutnya, Mbah Petruk untuk menagih janji. Sekaligus mengingatkan agar para pemimpin negeri segera sadar, ingat rakyat, dan ingat bangsa.

Kalau tidak. Selain akan banyak lagi bencana yang akan melanda negeri ini. Mereka, para pemimpin pada gilirannnya juga akan menerima bencana. Bahkan bencana yang akan menimpa mereka lebih dasyat, lebih mengerikan, dan menakutkan. Silakah Anda bileh percaya kepada cerita babad Tanah Jawa ini atau tidak. Terserah saja. Yang jelas bencana sudah di depan mata. Sekarang 18 gunung berapi di Indonesia dinyatakan dalam status SIAGA atau WASPADA. Ini artinya tidak main-main dan siap-siap saja bencana itu datang.

*) Penulis adalah pengamat spiritual dari Universitas Nasional (UNAS) Jakarta.

RE:Mbah Petruk dan Sabdo Palon Menagih Janji
Selasa, 16/11/2010 | 11:53 WIB, oleh Ki Pujiyanto Hadiwijoyo

Emoticon saya sangat setuju,, itu betul..!! Betara Ismaya namanya di kayangan, dia di utus sang hyang jagatnata turun ke marcopoda (dunia) berganti nama menjadi Semar sang ngejowantah (danyang/pembesar tanah jawa) juga di kerajaan jawa berganti nama menjadi Sabdo palon noyo genggong dia sebagai pamomong raja di kerajaan majapahit, dari raja pertama sampai terahir raja brawijaya.
RE:Mbah Petruk dan Sabdo Palon Menagih Janji
Kamis, 04/11/2010 | 12:12 WIB, oleh Klowor

Sebenarnya bukan masalah dendam atau menagih janji tetapi suratan dari Tuhan, maksud dari apa yang ditulis dalam serat Sabdopalon memberikan peringatan kepada anak cucu penulisnya bahwa akan ada jaman seperti itu, agar waspada. Kalau ada yang menganggap sekarang ini waktunya, harus kita hargai, paling tidak pemahaman itu akan merubah perilakunya, saat ini. Semoga yang lain menyusul.
Terima kasih
RE:Mbah Petruk dan Sabdo Palon Menagih Janji
Rabu, 03/11/2010 | 19:27 WIB, oleh Tanto

Legenda sabdo palon dianggap sama dengan semar, menurut saya, bertentangan dengan legenda2 wayang yang ada. Karakter Semar tidak umum mendendam dan bersumpah membalas dendam. petruk adalah karakter yg pernah mengembalikan jimat kalimasada. bagi saya tidak wajar dalam legenda nama dan karakter/sifat yang berbeda adalah satu tokoh. lebih masuk akal sabdopalon bukan semar atau petruk

RE:Mbah Petruk dan Sabdo Palon Menagih Janji
Rabu, 03/11/2010 | 12:37 WIB, oleh PATMA SWAKO DHARMA
Betul sekali……….
Bencana sudah kelihatan, tapi kenapa para pemimpin tidak pernah sadar. Mereka hanya mementingkan diri sendiri tapi tidak melihat penderitaan rakyatnya.
Apa mereka tidak tau tugas mereka sebagai pemimpin, yang mereka tau hanyalah uang dan uang saja….!!!!!!
TERIMA KASIH

Advertisements

7 Responses to “Kebudayaan : Mbah Petruk dan Sabdo Palon Menagih Janji”


  1. 1 Ratu Adil - 666
    August 7, 2012 at 8:08 am

    Semar bukan Sabdo Palon, itu jelas sekali. Sabdo Palon adalah Petruk sebagaimana ditunjukkan dalam asap letusan Merapi yang membentuk gambar Petruk. Letusan Merapi yang beriringan dengan Bromo sebenarnya perlambang munculnya Satrio Piningit. Bila letusan Merapi merupakan perwujudan Sabdo Palon, maka letusan Bromo merupakan perwujudan Naya Genggong. Itulah yang dimaksud Satrio Piningit muncul kaderekaken Sabdo Palon lan Naya Genggong. Jadi saat ini Satrio Piningit itu sudah muncul. Orang dulu memang biasa memberikan nama pada kedahsyatan alam dengan nama tokoh. Misal Ratu Nyi Roro Kidul adalah nama kedahsyatan pantai selatan.

  2. 2 Ratu Adil - 666
    August 7, 2012 at 8:15 am

    Maka dalam goro-goro yang akan segera terjadi akan muncul tokoh tokoh Punokawan pandawa lainnya. Naya Genggong adalah Gareng, maka Bagong akan berwujud gempa 9.8 SR an & tsunami di pantai2 selatan Jawa & Sumatra & sekitarnya yang didahului letusan 11 gunung api termasuk gunung Merapi & Bromo.

  3. 3 Ratu Adil - 666
    August 7, 2012 at 8:18 am

    Sedangkan tokoh Semar yang sakti mandraguna itu akan diwujudkan dalam bentuk Kutukan Tuhan Kolosal yang akan menimpa sejuta orang zalim di atas tanah Jawa.

  4. 4 Ratu Adil - 666
    August 7, 2012 at 8:31 am

    Goro-goro yang dalam pertunjukkan wayang tersebut merupakan dagelan yang sangat lucu, ternyata adalah bayangan dari peristiwa dahsyat yang mungkin akan sangat menakutkan bagi penduduk Jawa. Tetapi para wali sanga sangat cerdik untuk selalu memperingatkan penduduk Jawa akan datangnya peristiwa ini dengan tontonan jenaka sebab hidup ini tidak lebih dari senda gurau ruh percikan ilahi yang mampir numpang lewat alam dunia sebentar saja dalam perjalanan kembali menghadap Allah SWT & berujung ke surga jika lewat jalan yang lurus, berujung ke neraka jika lewat jalan yang bengkok he he he……..

  5. December 25, 2012 at 9:41 pm

    Semar bukan petruk juga bukan nayagenggong dan sabdo palon,ke empatnya sdh ada di jakarta,banyak sekali pasukan ghaib ataupun rijajul ghaib di nusantara ini yg sdh siap tempur melawan kejahatan,semuanya menginginkan kemakmuran,tapi para pembesar sibuk dgn partainya masing2,tinggal tunggu goro2 besar yg akan terjadi di negeri ini,kasihan rakyat yg menderita

  6. 6 Ratu Adil - 666
    April 29, 2013 at 2:14 pm

    Yg benar adalah perang Armageddon akan segera terjadi. Perang akhir segala perang antara kebenaran melawan kebathilan ini juga akan melibatkan jin, setan & malaikat. Di pihak kebenaran: Satrio Piningit / Khalifah al Mahdi / 666, Imam Mahdi & Yesus Kristus / Nabi Isa as beserta pengikutnya dibantu para malaikat. Sdg dipihak kebathilan Yahudi Bani Israil, Amerika Serikat dkk dibantu jin kafir & setan. Jadi dgn melihat posisi anda kira2 nasib anda ke depan terprediksi lumayan baik he he he…!

  7. 7 Penantang
    May 19, 2013 at 12:04 pm

    Benar itu adalah persiapan perang besar, sabdo palon dan pengikutnya dari kalangan jin dan manusia berusaha menghancurkan islam.luar biasa rencana SP.dengan senang hati aku akan dibarisan pertama menentang SP di medan perang


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 3,972,313 hits

Archives

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Advertisements

%d bloggers like this: