19
Oct
09

Bencana Alam : Gempa SumUt dan Dili Timor Leste

Gempa 5,2 SR

By Republika Newsroom
Senin, 19 Oktober 2009 pukul 07:30:00

BANDARLAMPUNG–Gempa berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR) berpusat pada 80 kilometer Barat Daya Tanahbala, Sumatra Utara (Sumut), Senin pukul 06:29 WIB. Laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang terpantau dari Bandarlampung, juga menyebutkan gempa berada di 1,03 Lintang Selatan-97,98 Bujur Timur, dengan kedalaman 16 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa juga berada pada 102 kilometer Barat Laut Siberutmentawai, Sumatra Barat, 109 Barat Daya Tanahmasa, Sumatra Utara, 227 kilometer Barat Laut Sipuramentawai, Sumatra Barat, dan 241 kilometer Barat Daya Pariaman, Sumatra Barat. ant/taq

Gempa 5,6 SR

By Republika Newsroom
Senin, 19 Oktober 2009 pukul 07:25:00

BANDARLAMPUNG–Gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) berpusat pada 142 kilometer Timur Laut Dili-Timor Leste, Senin pukul 00:21 WIB.  Laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menyebutkan, gempa tersebut berada di 7,34 Lintang Selatan-125,93 Bujur Timur, dan tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa juga berada pada 408 kilometer Timur Laut Kupang, NTT, 424 kilometer Tenggara Bau-Bau, Sulawesi Tenggara, 480 kilometer Barat Daya Ambon, Maluku, dan 505 Timur Laut Ende, NTT. ant/taq

Gempa Dili

By Republika Newsroom
Senin, 19 Oktober 2009 pukul 09:04:00
Gempa Dili Tak Dirasakan Warga NTT

KUPANG–Gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) yang berpusat pada 142 kilometer Timur Laut Dili, Timor Leste, Senin pukul 00:21 WIB, tidak dirasakan getarannya oleh warga Nusa Tenggara Timur (NTT) karena pada saat kejadian, sebagian besar warga sedang tidur lelap.”Gempa dengan kekuatan tersebut paling tidak dirasakan warga di Kabupaten Belu, Kupang dan Timor Tengah Utara (TTU) yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste, namun hingga kini belum ada laporan dari masyarakat,” kata Kepala Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Haryanto di Kupang, Senin (19/10).

Ia menyebutkan, gempa tersebut berada di 7,34 Lintang Selatan-125,93 Bujur Timur dan tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa juga berada pada 408 kilometer Timur Laut Kupang, NTT, 424 kilometer Tenggara Bau-Bau, Sulawesi Tenggara, 480 kilometer Barat Daya Ambon, Maluku, dan 505 Timur Laut Ende, NTT.

Gempa bumi serupa juga terjadi tanggal 19 Oktober 2009 pukul 06:29:12 WIB dengan lokasi 1.03 LS – 97.98 Bujur Timur dengan kekuatan 5.2 SR pada kedalaman 16 Km dengan lokasi 80 kilometer Barat Daya tanah Bala Sumatera Utara (Sumut). “Tidak ada korban harta benda dan jiwa pada gempa tersebut,” katanya.

Ia menegaskan, pertemuan lempengan bumi di Indonesia seperti Pulau Sumatra dan Jawa sering menimbulkan gempa-gempa tektonik berkekuatan besar sehingga tidak jarang menimbulkan korban jiwa dan harta benda. “Misalnya pertemuan lempeng Hindia dengan lempeng Euroasia di wilayah Indonesia terdapat di kawasan barat Pulau Sumatera dan jalurnya menuju Selatan Pulau Jawa hingga masuk laut Banda dan bertemu lempeng pasifik,” katanya.

Dikatakan, jalur lempengan bumi ini terus bergerak ke Selatan Pulau Jawa kemudian berputar ke Laut Banda, bertemu lempeng Pasifik dan bergerak ke Pulau Seram Bagian Utara sampai ke Ternate, Provinsi (Maluku Utara) dan bertemu lempeng Filipina dan Autralia. Disebutkan perbatasan pertemuan lempengan bumi dari tiga komponen yang saling mengunci itu terjadi di laut Banda. “Karena saling mengunci, maka sering kali di situ terjadi gempa-gempa tektonik tapi jaraknya sangat dalam di bawah laut, namun tidak menutup kemungkinan sewaktu-waktu bisa terjadi gempa dangkal,” katanya.

Ia mengatakan, hingga saat ini para ahli di Indonesia atau di dunia sekalipun belum dapat memprediksi atau memastikan waktu kapan akan terjadi gempa bumi, seperti yang di Pulau Sumatra, akhir September lalu dan hari ini di Dili dan Sumut. “Prediksi gempa bumi masih dalam taraf penelitian. Parameter prediksi adalah lokasi, besarnya dan waktunya. Perkiraan lokasi dan besarnya gempa dapat saja dilakukan, namun tantangan yang paling sulit adalah menjawab kapan gempa tersebut terjadi,” katanya. ant/taq


0 Responses to “Bencana Alam : Gempa SumUt dan Dili Timor Leste”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 4,028,351 hits

Archives

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

%d bloggers like this: