02
Jan
13

Perekonomian : Jurang Fiskal AS, Indonesia Banjir Barang Impor China

BISNIS

Jurang Fiskal AS, Indonesia Akan Kebanjiran Barang Impor China

China akan mengubah tujuan ekspor dari AS ke Indonesia.

ddd
Senin, 31 Desember 2012, 20:33 Iwan Kurniawan, R. Jihad Akbar
Ilustrasi Peti Kemas Ekspor Impor Pelabuhan

Ilustrasi Peti Kemas Ekspor Impor Pelabuhan (eolaspecialtyfoods.com)

VIVAnews – Jika Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, bersama kongres AS gagal sepakat mengentaskan jurang fiskal, Indonesia diprediksi akan kebanjiran barang impor dari China.

Direktur The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Eny Sri Hartati, menjelaskan Amerika Serikat merupakan negara yang besar maka apapun yang terjadi di AS, seperti jurang fiskal, akan mempengaruhi perekonomian dunia, termasuk Indonesia.

Dampak langsung dari jurang fiskal, yaitu diberlakukannya pajak tinggi dan pemotongan anggaran AS ini, adalah permintaan ekspor dari Indonesia menuju AS dipastikan akan menurun, karena daya beli masyarakat negeri paman Sam ini juga ikut turun akibat pajak yang tinggi.

Selain itu ada dampak tidak langsung. Dengan penurunan permintaan impor Amerika Serikat, negara-negara tujuan utama ekspor ke AS seperti China, akan mengubah tujuan ekspornya ke negara dengan ekonomi berkembang seperti Indonesia.

“Jadi Indonesia akan kebanjiran impor dari China dan juga negara-negara lain,” katanya saat dihubungi VIVAnews, Senin 31 Desember 2012. (adi)

Rabu, 2 Januari 2013 | 12:06 WIB

 

Kongres AS Akhirnya Cegah 'Jurang Fiskal'

 

WASHINGTON, KOMPAS.com - Kongres AS, Selasa (1/1) larut malam, akhirnya mendukung sebuah kesepakatan untuk mencegah “jurang fiskal” yang mencakup kenaikan pajak dan pemotongan sejumlah anggaran belanja negara.

Senat AS telah lebih dulu menyetujui kesepakatan itu dengan 89 suara berbanding 8 suara pada Selasa dini hari. Namun, hasil tersebut masih harus dibawa ke DPR AS.  DPR AS pada gilirannya akhirnya melakukan pemungutan suara pada Selasa larut malam dengan hasil 257 suara setuju dan 167 suara menolak.

Kesepakatan itu akan memungkinkan Pemerintahan Presiden Barack Obama mempertahankan pemotongan pajak bagi kebanyakan rakyat Amerika tetapi orang-orang super kaya negara itu akan mengalami kenaikan pajak.

Obama berencana untuk membuat pernyataan singkat di Gedung Putih beberapa menit setelah DPR menyetujui kesepakatan itu yang melegakan para investor yang sudah khawatir bahwa kebuntuan yang terus terjadi bisa membuat pasar saham global limbung.

Sebelumnya Obama telah menyambut baik persetujuan yang diberikan Senat. “Para pemimpin dari kedua partai politik di Senat duduk bersama untuk mencapai kesepakatan yang mendapat dukungan luas kedua pihak yang melindungi 98 persen warga AS dan 97 persen usaha kecil dari kenaikan pajak kelas menengah,” kata Obama. “Meski baik Demokrat maupun Republik tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan, kesepakatan kini adalah hal terbaik yang bisa diberikan untuk negara ini. Dan DPR harus menyetujuinya tanpa penundaan,” tambah Obama.

Kesepakatan soal penambahan pajak bagi para orang kaya Amerika Serikat, tercapai setelah diskusi panjang Wakil Presiden Joe Biden dengan pra anggota Senat dari Partai Republik. Jika kesepakatan ini tidak tercapai maka kenaikan pajak yang cukup tinggi akan menimpa seluruh warga kelas pekerja Amerika Serikat.

Kompromi yang tercapai pada Senin malam waktu setempat itu, membuat rakyat AS yang berpenghasilan di bawah 400.000 dollar AS per tahun bebas dari kenaikan pajak penghasilan.

Awalnya Partai Demokrat mengusulkan warga negara yang bebas dari kenaikan pajak adalah yang berpenghasilan 250.000 dollar AS per tahun.

Selain menghindarkan warga kelas menengah dari kenaikan pajak yang cukup besar, kesepakatan ini juga membuat AS bisa menunda pemotongan anggaran setidaknya selama dua bulan. Kondisi ini memungkinkan Kongres dan Gedung Putih membuka kembali negosiasi.

 

Sumber :
AFP,BBC
Editor :

Egidius Patnistik

About these ads

0 Responses to “Perekonomian : Jurang Fiskal AS, Indonesia Banjir Barang Impor China”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 2,001,341 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 108 other followers

%d bloggers like this: