03
Nov
12

Peradaban : Penghancuran Situs Islam

Internasional

PENGHANCURAN SITUS ISLAM

95 Persen Situs Berusia 1000 Tahun telah Dihancurkan

Kamis, 01/11/2012 08:18

Jakarta, NU Online
Para pecinta warisan sejarah Islam dan sebagian warga lokal Saudi Arabia terkejut dengan banyaknya warisan sejarah di Makkah dan Madinah yang telah dibuldoser, diantaranya untuk membuat pusat perbelanjaan yang megah, hotel mewah dan gedung pencakar langit. Berdasarkan estimasi Gulf Institute 95 persen bangunan yang berumur 1,000 tahun telah dihancurkan dalam 20 tahun terakhir.

Di Masjidil Haram Makkah, tempat paling suci bagi umat Islam dimana seluruh umat Islam diperlakukan sederajat, sekarang dibayangi oleh Jabal Omar, sebuah komplek pengembangan apartemen pencakar langit, hotel dan sebuah menara jam yang sangat besar.

Untuk membangunnya, pemerintah Saudi menghancurkan benteng Ajyad yang ada sejak era Ottonom dan bukit yang ada di sekitarnya. Bangunan bersejarah lain yang hilang meliputi tempat kelahiran Rasulullah, yang sekarang menjadi perpustakaan, dan rumah Khadijah, istri pertama Nabi, yang sekarang menjadi toilet publik sebagaimana dilaporkan oleh The Independent.

Sampai saat ini, pembangunan di Madinah masih sedikit lebih terkendali dibandingkan di Makkah, meskipun sejumlah situs awal Islam telah hilang. Dari tujuh masjid yang dibangun untuk memperingati perang Khondaq atau perang parit, satu peristiwa yang cukup menentukan dalam sejarah perkembangan Islam, saat ini hanya tersisa dua

Sepuluh tahun lalu, sebuah masjid cucu Rasulullah dihancurkan dengan dinamit. Gambar penghancuran masjid yang diambl secara rahasia menunjukkan para polisi agama merayakan keruntuhan tempat bersejarah tersebut.

Pengabaian sejarah awal Islam ini merupakan adopsi dari Wahabisme yang menginterpretasikan ajaran Islam secara kaku.

Di sebagian besar negara Muslim, banyak tempat suci dibangun dan kunjungan ke makam merupakan hal yang biasa, tetapi bagi kelompok Wahabi, praktek seperti ini dianggap sesat. Polisi agama di Saudi Arabi melarang peziarah untuk berdoa atau mengunjungi tempat-tempat yang terkait dengan kehidupan Rasulullah dan berusaha menghancurkan situs-situs sejarah tersebut.

Dr Irfan al-Alawi dari Islamic Heritage Research Foundation mengkhawatirkan pembangunan kembali Masjid Nabawi merupakan upaya lebih luas untuk merubah fokus dari tempat Nabi Muhammad dikuburkan. Tempat pemakaman Rasulullah ditutupi dengan kubah hijau yang terkenal dan menjadi pusat dari masjid Nabawi saat ini, tetapi dengan rencana pengembangan baru, lokasi tersebut akan menjadi sisi timur dari bangunan yang akan diperluas delapan kali lipat dengan sebuah mimbar baru bagi imam. Juga terdapat rencana untuk membongkar Raudhah yang bisa diartikan sebagai taman surga, sebuah lokasi sempit di tengah-tengah masjid, yang oleh nabi sendiri dikatakan memiliki keistemewaan untuk berdoa.

“Mereka beralasan untuk membuat ruangan yang lebih besar dan menciptakan 20 ruangan yang akan menampung 1.6 juta jamaah,” kata Alawi. “Hal ini adalah nonsense, apa yang sebenarnya mereka inginkan adalah mengganti fokus dari tempat dimana Rasulullah dikuburkan,” katanya.

Sebuah pamflet yang dipublikasikan pada tahun 2007 oleh kementerian Hubungan Keislaman dan didukung oleh Grand Mufti Saudi Arabia, Abdulaziz al Sheikh, meminta kubah nabi diruntuhkan dan makam Nabi Muhammad, Abu Bakar dan Umar diratakan dengan tanah. Sheikh Ibn al-Uthaymeen, satu dari ulama terkenal Wahabi juga meminta hal yang sama.

Alawi mengkritisi kediaman umat Islam atas penghancuran Mekkah dan Madinah. Umat Islam dinilainya lebih peka terhadap film yang yang menghina nabi Muhammad, tetapi penghancuran tempat kelahiran nabi Muhammad, tempat dimana dia berdoa dan mengembangkan Islam dibiarkan berlanjut tanpa halangan.

Kerajaan Saudi merasa hanya mereka sendiri yang memiliki otoritas atas apa yang terjadi pada peninggalan awal sejarah Islam. Meskipun mereka telah mengeluarkan milyaran dolar untuk memperluas Mekkah dan Madinah, tetapi dua kota suci ini juga memberi keuntungan pada negara yang sangat tergantung pada hasil minyak bumi ini.

Baik Kedutaan Saudi di London atau Kementerian Luar Negeri Saudi merespon permintaan komentar ketika The Independent mengontak mereka terkait rencana perluasan masjid Nabawi yang didalamnya akan menggusur tiga masjid bersejarah, yaitu masjid untuk mengenang Abu Bakar, Umar dan masjid Ghamama.

Redaktur: Mukafi Niam

Komentar(3 komentar)
Kamis, 01/11/2012 16:28

Nama: Abdul Ghoni
ASTAGFIRULLAH…
Sungguh-sungguh keterlaluan…. Ya Allah Yarab……hancurkan mereka yang mempunyai niat jahat terhadap agamamu…..

Kamis, 01/11/2012 14:04

Nama: husen
kebangetan
ya memang itulah para wahabi/salafi yang memerintah. situs sejarah islam dihapuskan tapi situs yunani malah dipertahankan dan dilestarikan. semoga NU bisa memprotes supaya tidak terus terjadi penghancuran sejarah islam

Kamis, 01/11/2012 12:44

Nama: endi
penghancuran peninggalan Rasululloh SAW
mohon kepada PBNU lewat pemerintah Indonesia agar pembangunan itu jangan sampai menghancurkan makam Rasululloh SAW, karena bila itu terjadi, saya sebagai orang NU kalau mau berangkat haji tapi tidak ziarah ke makam Rosul kayaknya tidak lengkap, dan banyak yg lainnya yg telah dihancurkan kaum wahabi selain makam

Masjid Nabawi/trekearth.com

JAKARTA-Makam Nabi Muhammad yang terletak di Masjid Nabawi beserta 3 masjid tertua di dunia rencananya akan dihancurkan oleh Raja Abdullah Bin Azis, bulan depan. Ini bukanlah pertama kalinya Raja Arab Saudi ini mengorbankan situs-situs bersejarah, khususnya situs keagamaan untuk mengembangkan 2 kota besar yaitu Mekkah dan Madinah.

Pengembangan kota Mekkah berupa pembangunan hotel dan fasilitas lainnya dilakukan terus menerus oleh pemerintah Arab Saudi untuk memenuhi permintaan 12 juta calon haji dan umat Muslim yang berkunjung ke 2 kota tersebut setiap tahunnya.

Namun, kerap kali pengembangan ini justru memakan korban yang berupa situs-situs bersejarah yang sudah berumur lebih dari 1.000 tahun.

Misalnya saja, rumah istri Nabi Muhammad, Siti Khadijah diratakan dengan tanah untuk toilet umum dan rumah sahabat Nabi Muhammad, Abu Bakar juga dibongkar untuk dijadikan lokasi Hotel Hilton. Selain itu, rumah cucu laki-laki Nabi pun dihancurkan untuk pelebaran istana raja.

“Ini benar-benar tidak bisa dibayangkan. Mereka mengubah tempat suci menjadi mesin, kota yang tidak punya identitas, warisan, atau pun budaya. Mereka bahkan meruntuhkan gunung-gunung,”kata Sami Angawi, arsitek dan penemu Pusat Penelitian Haji. Angawi telah menghabiskan 3 dekade terakhir meneliti dan mendokumentasikan bangunan bersejarah di Mekkah dan Madinah.

Selain itu, Mesjid Agung di al-Shamiya juga akan dihancurkan untuk membuat tempat sholat berkapasitas 1,2 juta orang. “Ini adalah bagian yang paling bersejarah dari kota tua itu. Sekarang semuanya telah diratakan,” kata Irfan al-Alawi, direktur eksekutif dari Yayasan Penelitian Warisan Islam.

“Ini adalah akhir dari kota Mekkah. Dan untuk apa? Sebagian besar hotel 50% kosong. Mal-mal juga kosong karena harga sewanya terlalu mahal,” kata Alawi.

Kebijakan Raja Abdullah untuk terus mengembangkan kedua kota ini dengan mengorbankan situs-situs bersejarah ini mendapat kritik dari beberapa ahli.

Makam Nabi Muhammad rencananya akan dihancurkan untuk menambah kapasitas Masjid Nabawi yang kini hanya bisa menampung 60.000 orang menjadi 1,6 juta orang.(Guardian/ms)

Rencana Pembongkaran Makam Nabi Muhammad Dikhawatirkan Guncang Dunia Islam

Selasa, 30 Oktober 2012 15:46 WIB | Saeno M Abdi/JIBI/Kabar24 |

JAKARTA - Jika kabar mengenai rencana pembongkaran makam Nabi Muhammad oleh Kerajaan Arab Saudi benar, hal ini akan menimbulkan gejolak di dunia Islam. Demikian diungkapkan Rois Syuriah PBNU, KH Masdar F Mas’udi, kepada Kabar24, Selasa (30/10/2012).

Menurut Mas’udi, kalau benar, rencana tersebut hanya menunjukkan adanya paranoid keimanan. “Alasan bahwa ada ketakutan umat Islam menjadi musyrik karena menyembah makam Nabi, itu sama sekali tidak berdasar. Umat juga tahu bahwa itu tidak boleh,” ujarnya.

Mas’udi menegaskan, sebagai sebuah petilasan makam Nabi bersama makam dua sahabat Nabi adalah sebuah situs sejarah.

“Penghancuran petilasan itu menunjukkan sebuah tindak yang tidak berbudaya,” tegasnya sembari menyebutkan, upaya untuk membongkar makam Nabi Muhammad mulai muncul sejak kaum Wahabi berkuasa di Arab Saudi.

“Itu terjadi sejak 1920-an,” imbuhnya.

Masdar F Mas’udi (google)

Lebih jauh disebutkannya, dalam  Musyawarah nasional  dan konferensi besar alim ulama di Pesantren Kempek Kabupaten Cirebon, soal itu juga sempat dibahas. Para ulama berpandangan sama, pembongkaran makam Nabi Muhammad tidak boleh dilaksanakan.

Menyoal tindakan yang akan dilakukan umat Islam, Mas’udi menyebutkan bahwa hal itu pasti akan dilakukan. Namun, tentu tidak bisa diputuskan oleh satu orang melainkan harus melalui pembicaraan dengan banyak pihak.

Rencana pemerintah Arab Saudi untuk menghancurkan makam Nabi Muhammad dan 3 mesjid tertua di dunia bulan depan, memang mengejutkan.

Menurut Irfan al-Alawi dari Yayasan Riset Warisan Islam, sejauh ini belum ada tindakan umat Islam untuk menghalangi aksi pemerintah Saudi yang ingin menghancurkan situs bersejarah ini demi membangun masjid terbesar di dunia dengan kapasitas 1,6 juta orang.

“Ada banyak cara mereka bisa memperluas dengan tetap mempertahankan situs Islam kuno tapi mereka justru ingin merobohkannya,” kata Alawi.

“Alasan mereka adalah mereka mereka ingin memperlebar dan menciptakan 20 ruangan di mesjid yang bisa menampung 1,6 juta orang. Itu tidak masuk akal. Satu-satunya hal yang mereka inginkan adalah memindahkan fokus dari tempat Nabi dikuburkan,” lanjut Alawi.

http://www.harianjogja.com/baca/2012/10/30/343296-343296

Satrio Arismunandar
Mobile Phone: 081286299061
e-mail: satrioarismunandar@yahoo.com

http://satrioarismunandar6.blogspot.com

http://facebook.com/satrio.arismunandar

“They know only some appearance of the life of the world,
and are heedless of the Hereafter”. (Al-Quran, The Roman 30, 7)

About these ads

1 Response to “Peradaban : Penghancuran Situs Islam”


  1. February 17, 2013 at 4:44 am

    Howdy! Would you mind if I share your blog with my facebook group?
    There’s a lot of people that I think would really enjoy your content. Please let me know. Thank you


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 2,209,830 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 121 other followers

%d bloggers like this: