07
Mar
12

Ekonomi : Harga Sembako Naik Dahului BBM

Harga Sembako Naik

TEMPO.COTEMPO.CO
Di Jakarta, Harga Sembako Naik Mendahului BBM
 

TEMPO.CO, Jakarta – Harga bahan bakar minyak (BBM) belum pula naik, tapi harga beberapa bahan kebutuhan pokok mulai terkerek naik. Di Pasar Rawa Badak, Jakarta Utara, misalnya, harga beras dan cabai mulai merangkak.

Beras Rojo Lele, misalnya, kini per kilo dijual seharga Rp 10 ribu. Sejak sebulan lalu, harganya terus merangkak dari Rp 7.500. Begitu pula beras jenis lain, rata-rata juga mengalami kenaikan antara 20 hingga 30 persen. “Kalau beras naiknya pelan-pelan, sudah agak lama, naik terus,” kata Yusuf, 28 tahun, pedagang bahan pokok di Pasar Rawa Badak, 7 Maret 2012.

Harga telur juga naik tipis dari Rp 13 ribu menjadi Rp 15 ribu per kilogram. Sementara harga gula bertahan di level Rp 12 ribu per kilogram.

Harga cabai rawit mengalami kenaikan cukup tinggi dari Rp 20 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram. Begitu juga cabai merah keriting naik dari Rp 18 ribu ke Rp 30 ribu per kilogram. Yusuf mengaku tak tahu mengapa harga berbagai komoditas itu naik. “Dari agennya sudah begitu,” ujarnya.

Di pasar yang sama, beberapa jenis sayur juga naik harga. Kacang panjang yang per kilogram biasa dijual seharga Rp 5 ribu naik menjadi Rp 8 ribu. Begitu juga kangkung yang biasanya dijual Rp 350 per ikat naik menjadi Rp 400.

Siti Fatimah, 30 tahun, sang pedagang sayur, mengaku mendapat pasokan barang dari Pasar Induk Kramat Jati. Kenaikan yang terjadi, menurut dia, terjadi karena biaya angkutan mulai naik juga. “Padahal bensin belum naik ya, bagaimana kalau nanti benar-benar naik,” ujarnya.

PINGIT ARIA

Untuk berita terbaru, ikuti Yahoo! Indonesia di Twitter dan Facebook

Berita Lainnya

Rabu, 07/03/2012 18:56 WIB
1 April Harga BBM Naik Rp 1.500 & Tarif Listrik Naik 3% 
Ramdhania El Hida – detikFinance


Jakarta – Bahan bakar jenis premium dan solar direncanakan naik Rp 1.500 per liter, sedangkan TDL akan dinaikan bertahap 3% per kuartal mulai 1 April 2012. Meskipun terjadi kenaikan harga, kenyataanya dana subsidi masih tetap membengkak atau naik.

Rencana kebijakan tersebut terungkap dalam dokumen Nota Keuangan dan Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) Tahun Anggaran 2012, yang diterima detikFinance, Rabu (7/3/2012).

Dalam nota tersebut, Pemerintah menulis belanja subsidi pada tahun ini diperkirakan mencapai Rp273,15 triliun, melonjak Rp 64,3 triliun atau 30,8 persen dari alokasi Rp 208,85 triliun di APBN 2012.

Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kenaikan subsidi BBM dan listrik akibat kenaikan harga minyak mentah Indonesia (ICP) yang diperkirakan menyentuh USD 105 per barel sepanjang tahun atau meleset dari asumsi USD 90 per barel.

Khusus untuk subsidi BBM, yang meliputi subsidi LPG tabung 3 kg, bebannya pada tahun ini diperkirakan mencapai Rp 137,37 triliun atau meningkat Rp 13,78 triliun atau 11,1% dibandingkan alokasi dalam APBN-P 2012 sebesar Rp 123,59 triliun. Penambahan subsidi BBM tersebut memperhitungkan langkah-langkah kebijakan penghematan, seperti kenaikan harga per liter premium dan solar, masing-masing dari Rp 4.500 menjadi Rp 6.000 per liter.

“Kebijakan ini akan berlaku mulai April 2012 dengan volume konsumsi BBM sampai dengan akhir tahun 2012 diperkirakan sebesar 40 juta kiloliter,” tulis nota keuangan.

Langkah penghematan subsidi BBM adalah pengendalian konsumsi BBM bersubsidi secara bertahap. Yakni, optimalisasi program konversi minyak tanah ke LPG tabung 3 kg, konversi BBM ke BBG, pengaturan konsumsi BBM bersubsidi, dan penyempurnaan regulasi.

Adapun subsidi listrik, pemerintah mengusulkan kenaikan anggaran sebesar Rp 48,09 triliun atau 107,1% dari pagu Rp 44,96 triliun menjadi Rp 93,05 triliun. Kenaikan tersebut diimbangi dengan sejumlah kebijakan pengendalian, antara lain menghemat susut jariangan, program diversifikasi pada pembangkit, dan kenaikan TTL.

“Penyesuaian Tarif Tenaga Listrik (TTL) bertahap sebesar 3% per triwulan mulai triwulan II tahun 2012,” tegas Pemerintah nota keuangan.

Sementara itu, aloaksi anggaran subsidi pangan dalam RAPBNP 2012 disusulkan naik Rp5,31 triliun atau 34,1%, dari pagu saat ini Rp15,6 triliun menjadi Rp 20,92 triliun.

Lebih tingginya perkiraan subsidi pangan sejalan dengan rencana pemerintah memperpanjang masa pemberian raskin, dari semula 12 bulan menjadi 14 bulan. Penambahan durasi raskin tersebut merupakan salah satu bentuk kompensasi bagi masyarakat miskin terkait pengurangan subsidi BBM pada tahun ini.

(nia/hen)

Baca Juga :

 

Jero Wacik

Luhur Hertanto – detikNews

Rabu, 07/03/2012 18:29 WIB

Jero Wacik : Kenaikkan BBM Bukan untuk Biayai Pemilu
Jakarta Rencana pemerintah menaikkan harga BBM sepenuhnya untuk menyelamatkan negara dari kebangkrutan. Bukan untuk mendanai keperluan partai tertentu dalam Pemilu 2014 seperti kecurigaan sejumlah pihak.

“Kita menaikkan harga BBM tidak buat senang-senang, lalu dibilang mencari dana pemilu. Tidak,” tegas Menteri ESDM Jero Wacik selaku Ketua Harian Dewan Energi Nasional (DEN) usai rapat paripurna DEN di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (7/3/2012).

Jero kembali menegaskan, opsi menaikkan harga BBM dipilih untuk mengurangi besaran subsidi BBM dalam APBN. Harga minyak dunia yang terus naik tidak mungkin lagi selisihnya terus ditanggung APBN sebesar nilai subsidi BBM saat ini.

“Bahkan diperkirakan bisa USD 150-200 per barrel. Kalau tidak diantisipasi, negara collaps. Kalau negara collaps, kita semua bisa collaps,” papar Jero.

Menyinggung aksi penimbunan menjelang kenaikan harga BBM per 1 April 2012, Jero mengakui banyak peluang terjadinya kasus seperti itu terutama di pinggiran kota. Dia tegaskan bahwa aparat penegak hukum telah dan terus bekerja mengejar para pelaku serta meminta agar masyarakat melaporkan bila mengetahui ada penimbunan BBM.

“Kepada yang menimbun, boleh punya usaha tapi bisnis yang baik. Jangan menari di atas derita orang lain, nanti tidak amanah rezekinya,” pinta Jero.

(lh/nwk)

Baca Juga
About these ads

0 Responses to “Ekonomi : Harga Sembako Naik Dahului BBM”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 2,251,349 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 124 other followers

%d bloggers like this: