22
Feb
12

Lingkungan : Polusi Indonesia

21.02.2012 10:15

Polusi Indonesia !

Penulis : Albertina S Calemens

(foto:dok/antaranews.com)

Paparan polusi dalam kadar aman di Amerika Serikat (AS) meningkatkan risiko stroke dalam angka yang cukup tinggi: 34 persen. Temuan para peneliti dari Beth Israel Deaconess Medical Center yang menjadi isu Archives of Internal Medicine ini tentu saja mempunyai efek yang besar.

“Mengingat bahwa hampir semua orang terkena polusi udara dan risiko untuk stroke,” kata Gregory Wellenius, ScD, penulis studi dan asisten profesor Kesehatan Masyarakat di Brown University, AS, seperti dinukil ScienceDaily, Senin pekan silam.

Bayangkan saja, temuan mengenai polusi yang melonjakkan risiko stroke ini dilakukan di Boston, AS, wilayah yang lingkungannya lebih bersih dari kota-kota lain di Negara Paman Sam.

Dalam tingkat polusi PM 2.5 yang moderat atau sedang saja, risiko serangan awal stroke dapat diketahui beberapa jam setelah terpapar polusi. Lantas bagaimana dengan Indonesia yang oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyandang predikat negara ketiga paling berpolusi di dunia, setelah Meksiko dan Thailand?

WHO menetapkan standar aman polusi PM10 per tahun sebesar 20 mikrogram per meter kubik (20 mikrogram/m3). Sementara itu, negara-negara seperti AS, Kanada, Australia, dan Singapura menggunakan standar yang tiga kali lebih tinggi yakni PM 2.5 sebesar 15 mikrogram/m3 per tahun dan batas harian sebesar 35 mikrogram/m3.

Berdasarkan laporan tingkat polusi udara WHO pada Agustus 2011, Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan mencatatkan tingkat polusi yang sangat jauh di atas batas aman WHO.

Di Jakarta misalnya, pada 2009, level polusi udara mencapai 43 mikrogram/m3 atau 200 persen di atas standar aman WHO. Angka ini meloncat menjadi 68,5 mikrogram/m3 atau lebih dari 300 persen dari standar aman WHO hanya dalam tempo satu tahun.

Tahun silam, diklaim terjadi penurunan hingga 48,5 mikrogram/m3 akibat efek program bebas kendaraan bermotor di Jakarta (Jakarta Car Free Day). Meski begitu, tetap saja, tingkat tersebut masih 200 persen di atas standar WHO.

Gawatnya lagi, Peraturan Pemerintah No 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara memberlakukan baku mutu udara ambien untuk PM10 adalah 150 mikrogram/m3 per hari. Astaga! Itu lebih dari 700 persen di atas standar aman WHO.

Penanaman Pohon

Kembali lagi, dengan standar PM2.5 saja, risiko terkena stroke akibat paparan polusi cukup tinggi. Anda bisa membayangkan sendiri seberapa tinggi risiko stroke yang mengancam orang-orang di negara-negara yang mematok standar PM10, terlebih di negara yang menaikkan sendiri standar polusi ratusan persen dari standar aman WHO.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2007, stroke merupakan penyebab kematian dan kecacatan utama di hampir seluruh rumah sakit di Indonesia, yakni sebesar 15,4 persen.

Di sisi lain, pemerintah telah berupaya mendorong gerakan penanaman pohon untuk mengatasi tingkat pencemaran yang tinggi di udara Nusantara. Selain itu, telah digalakkan program hari bebas kendaraan dan berbagai kegiatan lain untuk memperbaiki kualitas udara.

Namun, itu semua belum cukup. Salah satu cara mudah yang dapat dilakukan masyarakat yang tinggal di daerah padat lalu lintas adalah menanam tanaman atau pohon penyerap polusi. Antara lain, pohon dadap merah, kelengkeng, mahoni–yang mampu mengurangi polusi udara sekitar 47–69 persen dan daunnya menyerap polutan–serta pohon trembesi.

Selain itu, lumut merupakan indikator kualitas udara, semakin banyak lumut di pohon, semakin baik kualitas udaranya. Selain itu, ada juga sirih belanda, kembang sepatu, dan lidah mertua–yang mampu menyerap 107 jenis racun termasuk asap rokok dan radiasi nuklir. (Dari Berbagai Sumber)

About these ads

0 Responses to “Lingkungan : Polusi Indonesia”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 2,150,156 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 118 other followers

%d bloggers like this: