22
Feb
12

Historia : Piramida Gunung Padang

Asumsi Dr Didit Oentowirjo

Gunung Padang

Dibangun oleh 2.000 warga dari dua desa jaman baheula selama lima tahun.

Selasa, 21 Februari 2012, 12:05 WIB
Elin Yunita Kristanti
Ini Cara “Piramida” Gunung Padang Dibangun

VIVAnews — Sudah sejak abad ke-16, keberadaan Gunung Padang yang menyimpan situs Megalitikum terbesar di Asia Tenggara sudah diketahui keberadaannya. Bahkan sudah dipetakan oleh Puslit Arkernas.

Sempat tenggelam karena miskin perhatian, baru-baru ini Indonesia digegerkan dengan temuan Tim Katastropik Purba. Bahwa tak sekedar di permukaan, ternyata ada bangunan buatan manusia berteknologi tinggi dari masa 4.700 tahun Sebelum Masehi di Gunung Padang.

Dr Didit Oentowirjo, salah satu anggota Tim Katastropik Purba, juga mencoba menghitung jumlah batu dan orang yang mengerjakan struktur itu. Asumsi itu dibuat Didit berdasarkan data geolistrik dan georadar. Didit juga menaksir berapa lama Piramida Gunung Padang itu dibangun.

Berikut ini perhitungannya. Didit berasumsi punden berundak memiliki lima tingkat, dengan ukuran 50 m x 100 m x tingginya 10 m. Jika tiap batu dakon penyusunnya berukuran, 0,3 x 0,3 x 1,5 m,  “akan diperlukan 3.703.703 batu dakon,” demikian rilis Tim Katastropik Purba yang diterima VIVAnews.com, Selasa 21 Februari 2012.

Sementara, untuk jumlah orang yang membangunnya diperkirakan berjumlah 2.000 orang. “Tiap dua orang mengangkat satu batu dakon dari lokasi pembuatan hingga puncak. Tiap angkat lamanya 4 jam, dengan asumsi dalam sehari mereka bekerja selama 8 jam kerja. “Berarti tiap hari ada 2.000 batu yang terangkat.”

Berat satu batu dakon diperkirakan sekitar 300 kilogram. Diperkirakan di masa itu, para pembangun “piramida” sudah menggunakan teknologi katrol seperti timba — yang mengurangi beban angkat dari 150 kilogram per orang, menjadi 75 kilogram.

Kemudian, terkait lamanya waktu pembangunan, Didit membagi jumlah keseluruhan batu dakon dengan jumlah batu yang terangkat dalam satu hari, yakni 2.000 batu. “Maka, diperlukan 1.851 hari atau lima tahun saja,” jelas tim.

Kesimpulannya, bangunan piramidal tersebut bukan tak masuk akal dilakukan saat itu. “Bangunan semegah punden berundak 5 teras Gunung Padang bisa dibangun oleh 2.000 orang warga 2 desa jaman baheula dalam waktu 5 tahun.”

• VIVAnews

About these ads

0 Responses to “Historia : Piramida Gunung Padang”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 2,000,781 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 108 other followers

%d bloggers like this: