20
Feb
12

Alutsista : Jet Tempur Generasi Ke-5 Rusia

Friday, February 17, 2012

Jet Tempur Generasi ke-5 Russia

Setahun belakangan, jet tempur Sukhoi T-50 milik Rusia terus menjadi perbincangan. Meskipun masih dalam proses pengembangan, sebagian besar kemampuan teknisnya masih jadi rahasia besar bagi pihak barat. Saking rahasianya, pejabat dari biro desain Sukhoi pun tidak bisa berbicara kepada media tentang T-50.

Meskipun informasinya masih samar, jet tempur “PAK FA” tetap menjadi prioritas utama bagi militer Rusia. Jet tempur ini di gadang mampu melakukan misi tempur dalam segala kondisi cuaca, bahkan lapisan pelindung khusus badan pesawatnya dikatakan mampu mereduksi pantulan radar meski terbang pada kecepatan supersonik.

“Ini jet tempur generasi terbaru, jauh lebih nyaman untuk kami terbang meski tidak mengesampingkan kehandalan pesawatnya itu sendiri. Ia bisa terbang rendah dengan aman, bahkan meski mendekati kecepatan nol. Environment kokpit juga baru. Pesawat tempur ini memberikan dukungan data-link intelijen antar pilot dan ground base,” kata Sergey Bogdan, salah seorang pilot penguji PAK FA.

Pengembangan T-50 direncanakan bakal tuntas pada 2015. Dan ketika pengembangannya tuntas, jet tempur F-35 AS sudah masuk lini produksi jauh meninggalkan pesaingnya, Rusia dan China. ©alutsista


Diposkan oleh dsofandi di 8:25 AM

Label:

Pesawat Baru, 2020

Selasa, 21 Februari 2012 23:30 WIB |

Rusia Operasikan Pesawat Baru Pada 2020

Moskow (ANTARA News) – Pengiriman pesawat tempur SU-25SM kepada Angkatan Udara Rusia akan dimulai pada 2020, kata juru bicara AU Kolonel Vladimir Drik.

“Sejumlah unit di AU akan menerima pesawat tersebut pada 2020,” kata Drik pada Senin.

Dia mengatakan AU akan mengganti pesawat serang darat Sukhoi 25SM Frogfoot yang berkemampuan tinggi secara bertahap.

Menurut Drik pesawat yang baru itu akan memenuhi kebutuhan di medan tempur modern serta mengadopsi elemen teknologi siluman dan mampu mengusung segala ukuran persenjataan taktis.

Su-25SM juga memiliki radar yang modern serta sistem navigasi yang canggih.

Sementara itu Rusia akan melanjutkan peningkatan kemampuan pesawat serang darat Su-25 yang lama menjadi versi Su-25SM yang memiliki tingkat selamat yang lebih baik dan kemampuan tempur mumpuni.

Saat ini AU Rusia memiliki lebih dari 30 Su-25SM yang beroperasi dan berencana untuk meningkatkan kemampuan sekitar 80 Su-25S hingga 2020, tambah Drik.

Pesawat yang bermesin ganda tersebut memiliki rentang sayap sepanjang 14,36 meter dan panjang 15,33 meter serta tinggi 4,80 meter.

Pesawat dapat terbang dengan kecepatan 950 kilometer per jam dengan radius tempur sejauh 375 kilometer.

Su-25 yang mendapat julukan “Frogfoot” oleh Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) memiliki 11 cantelan senjata untuk beragam bom serta roket serta satu senapan canon GSh-30-2 dengan 250 peluru berdiameter 0,30 milimeter, demikian RIA Novosti-OANA.

(Uu.B019/H-RN)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

About these ads

1 Response to “Alutsista : Jet Tempur Generasi Ke-5 Rusia”


  1. 1 Batozay
    March 27, 2013 at 8:45 am

    wow…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 1,999,038 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 108 other followers

%d bloggers like this: