22
Jan
12

Perekonomian : Ekonomi Indonesia Tahun Naga 2012

http://jakarta45.files.wordpress.com/2011/12/jakarta-452.png?w=637&h=609&h=609

Ekonomi Naga ?

TEMPO.COTEMPO.CO
Bagaimana Ekonomi Indonesia di Tahun Naga ?

TEMPO.CO, Jakarta – Tahun naga air bakal menjadi titik balik perbaikan ekonomi Indonesia setelah krisis moneter 1998. Naga yang merupakan simbol perubahan menjadi kuncinya. Berdasarkan fengshui, pada tahun naga ini banyak kode keuangan di Indonesia.

Ahli fengshui Xiangyi telah memprediksi kebangkitan ekonomi Indonesia pada tahun naga 2012 sejak tujuh tahun lalu. Kunci perubahan itu pada tahun naga. Ia menuturkan pada 2004 atau 2005 lalu banyak yang bertanya kapan Indonesia bangkit lagi. Ia telah memperkirakan sekitar 2012. “Kenyataannya sudah bisa dilihat dari tingkat investasi yang mulai naik pada akhir tahun ini,” kata ahli fengshui Xiangyi saat ditemui di kediamannya di daerah Pluit, Kamis 19 Januari 2012.

Xiangyi menjelaskan ekonomi Indonesia pada 1998 “ngos-ngosan”. Kalau bertemu dengan sang naga akan membaik. Nah, memang pada 2000 juga tahun naga. Namun sayangnya jaraknya terlalu dekat, sehingga tidak memungkinkan membawa banyak perubahan. “Tahun ini berarti sudah 12 tahun, sehingga ada kekuatan untuk naik,” kata Xiangyi.

Berdasarkan pengamatannya Xiangyi melihat ekonomi di Tanah Air akan tetap bagus di tahun naga air. »Investasi masih akan tetap di Indonesia, tapi yang paling penting penguasa harus bisa menyiapkan prasarana dengan baik, seperti infrastruktur,” katanya.

Kondisi ekonomi yang bagus bisa menjadi lahan bagus untuk mengembangkan usaha. Di Indonesia bisnis properti bakal makin baik, saham akan bergejolak, dan ada peluang menjadi orang kaya baru.

Menurut Xiangyi, pergantian tahun kelinci menjadi naga air bukan terjadi pada saat perayaan Imlek pada 23 Januari besok, melainkan pada 4 Februari mendatang sekitar pukul 18.48 WIB. “Ini sesuai dengan perhitungan,” katanya.

RINA WIDIASTUTI

Untuk berita terbaru, ikuti Yahoo! Indonesia di Twitter dan Facebook

Berita Lainnya

Exclamation Inilah Negara yang Paling ‘Rajin’ Kasih Hutang ke RI

Jakarta- Bank Indonesia (BI) merilis data utang luar negeri pemerintah dan swasta di Indonesia menurut kreditornya. Jepang menjadi kreditor yang paling besar memberikan utangnya kepada RI hingga mencapai US$ 45,137 miliar atau sekitar Rp 406,23 triliun hingga November 2011.”Posisi utang luar negeri Indonesia menurut kreditornya berdasarkan negara pemberi pinjaman itu mencapai US$ 157,85 miliar,” jelas BI dalam paparan External Debt January 2012, Kamis (19/1/2012).Utang luar negeri Indonesia yang merupakan pinjaman dari negara mencapai 71,2% dari total utang luar negeri Indonesia. Sedangkan dari organisasi Internasional mencapai 11,9% atau mencapai US$ 26,31 miliar.”Organisasi internasional seperti Asian Development Bank (ADB) dan International Monetary Fund (IMF),” jelas BI.Adapun total utang luar negeri Indonesia hingga November 2011 mencapai US$ 221,6 miliar. Terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar US$ 119,555 miliar dan utang swasta US$ 102,044 miliar.

Berikut negara-negara pemberi pinjaman terbesar ke Indonesia:

  • Jepang : US$ 45,137 miliar (20,4%)
  • Singapura : US$ 35,388 miliar (16,0%)
  • AS : US$ 26,915 miliar (12,1%)
  • Belanda : US$ 13,580 miliar (6,1%)
  • Jerman : US$ 3,844 miliar (1,7%).

Sumber: Inilah Negara yang Paling ‘Rajin’ Kasih Hutang ke RI

http://www.suarapembaruan.com/home/ada-kekuatan-politik-besar-yang-akan-runtuh-di-tahun-naga-air/16291#Scene_1

Politik Naga Air
Sabtu, 21 Januari 2012 | 8:39

Ada Kekuatan Politik Besar yang Akan Runtuh di Tahun Naga Air

Suhu Hengky [SP/Sahat Oloan Saragih]Suhu Hengky [SP/Sahat Oloan Saragih]

[PONTIANAK]  Tahun 2012 -menurut penanggalan Tionghoa adalah tahun Naga air, yaitu naga melambangkan kekuasaan dan kekuatan. Akan tetapi naga juga merupakan salah satu hewan yang kuat dan indentik dengan amarah yang dapat menyemburkan api dari mulutnya. Kondisi ini mengharuskan kita untuk Inilah yang menjadikan kita untuk berhati-hati ditahun naga 2012 ini.

Hal itu dikatakan Suhu Hengky kepada SP baru-baru ini  tentang ramalan tahun 2012 yang merupakan tahun “naga Air”. Ia mengatakan,  “tahun naga air “ ini akan dimulai pada 4 Februari dan ramalan ini akan mulai berlaku sejak 4 Ferbruari.

Dimana pada tahun ini akan banyak kejadian. Dalam bidang politik katanya, akan terjadi pergolakan politik, salah satunya kekuatan yang selama ini menjadi kekuatan besar akan runtuh. Artinya   tidak ada satu kekuatan yang kuat  selama ini ada kekuatan yang dianggap kuat tetapi pamor nya sudah runtuh dan tidak kuat lagi.

Selanjutnya bencana akan banyak terjadi di wilayah Indonesia seperti gunung berapi karena aka nada semburan api dari naga.. Untuk itu, mari di tahun naga 2012 ini kita saling menjaga emosi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Ramalan bencana alam tahun 2012 adalah akan banyaknya gunung merapi yang meletus sebagai simbol semburan api di mulut naga.   Kita semua diminta untuk mengendalikan emosi agar tidak terjadi konflik yang merugikan diri sendiri. Jangan melakukan spekulasi dengan utang, piutang dan urusan penting lainnya karena bisa menimbulkan suatu masalah sebab tahun ini banyak kejadian yang tak terduga yang datang secara tiba-tiba, paling baik jaga diri dengan berpikiran jernih.

Tahun naga ini dimulai pada tanggal 4 Februari, kita semua akan memasuki babak baru yaitu Tahun Naga Air ( Ren Chen ). Bagi sebagaian orang, tahun ini punya makna mendalam karena karakter naga selalu dilambangkan sebagai sosok kuat dan perkasa.

Bagimana ramalan tentang tahun naga air 2012. Banyak yang mengira tahun Naga Air dimulai pada 23 Januari 2012 bersamaan dengan Tahun Baru Imlek. Bersadarkan perhitungan ilmu feng sui, tahun Naga Air akan dimulai pada 4 Februari 2012 pukul 18.18 WIB.

Tahun naga kali ini disebut tahun Naga Air karena batang langit berunsur air positif  (Ren) dan cabang bumi berunsur tanah positif ( Chen ). Karena tanah membentung air sehingga tahun ini memberikan gambaran  adanya ketidakharmonisan  dalam kehidupan di bumi.

Musibah di tahun Naga Air cukup mengancam. Karena Chen (Naga) juga melambangkan gudang air. Musibah lebih bersifat alamiah seperti gempa, banjir, badai. Suhu Hengky menjelaskan bahwa terdapat 5 unsur yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita, yaitu  air, kayu, emas, api, tanah. Semua unsur masih dibagi menjadi 6 jenis dan memiliki keunggulan masing-masing.

Seperti Unsur AIR, air mengalir, mata air, air jurang,  air laut,  air sungai air kayangan. Selanjutnya Unsur KAYU yaitu kayu pohon beringin kayu pohon liu, kayu hutan kayu pohon delima kayu pohon sensui, kayu tanah datar.   Unsur emas, yaittu emas lilin putih , emas diujung pedang, emas di laut, emas konde, emas putih, emas dalam pasir, unsur api, yaitu api atas gunung , api dalam tanggul, api langit, api kayangan, api bawah gunung. Unsur tanah  yaitu tanah diatas atap, tanah diatas benteng, tanah dipinggir jalan, tanah dalam pasir,  tanah lapang tanah dinding  [146]


Arti Tahun Naga

RepublikaRepublika –  Jum, 20 Jan 2012
Arti Tahun Naga : Ledakan Bayi Cina di Penjuru Asia
  • Naga, satu-satunya makhluk mitos dalam 12 zodiak Cina

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG – Tahun Naga adalah tahun favorit bagi keluarga Cina untuk mendapat keturunan. Seperti pula, Alicia Loo, warga Singapura yang mengaku hamil 12 tahun, keluarga suaminya begitu gembira karena si bayi diperhitungkan bakal lahir di tahun naga.

Hampir setiap keluarga Cina di penjuru dunia meyakini itu adalah berkah besar. Naga, satu-satunya makhluk mitos dalam 12 hewan di zodiak Cina dipandang sebagai simbol kekuatan dan kecerdasan. Dalam budaya Cina kuno, dragon selalu diasosiasikan dengan kaisar.

Bocah yang lahir di tahun naga, khusunya laki-laki disebut ditakdirkan menjadi sukses dan sejahtera. Tahun naga berikut akan dimulai pada 23 Januari, hari pertama Kalender Cina.

Banyak bayi-bayi ‘naga’ dijadwalkan akan hadir ke dunia. Pada tahun naga sebelumnya, Cina, Hongkong, Taiwan dan negara-negara seperti Singapura dengan diaspora Cina kuat mengalami ledakan angka kelahiran bayi. Pada 2000, di Hongkong terjadi peningkatan angka kelahiran hingga 25 persen ketimbang tahun-tahun lain, demikian menurut data statistik pemerintah.

Bulan lalu, kantor berita Cina, Xinhua melaporkan Cina tengah mengantisipasi 5 % pertambahan kelahiran bayi pada tahun ini. Bukan hanya pemerintah, para produsen dan perusahaan pembuat produk-produk bayi mulai menawarkan layanan prakelahiran dan perawatan bayi yang dipandang sebagai prospek bisnis cerah.

Berdasar laporan Bloomberg yang mengutip Euromonitor International, diperkirakan penjualan popok di Cina akan meningkat hingga 17 persen menjadi 28,4 milyar yuan atau setara Rp40 triliun. Untuk sekedar popok bayi angka itu tentu sulit dibilang sedikit.

Ongkos popok bukanlah satu-satunya kecemasan yang musti dihadapi para orang tua bayi naga. “Itu bakal berpengaruh pula ketika mereka beranjak dewasa, saat sekolah, hingga di pasar tenaga kerja. Banyak orang berarti kompetisi kian sengit,” ujar guru besar dari Departemen Sosiologi, Tong Yuying di Universitas Hongkong.

Sekolah bisa jadi menambah kapasitas mereka. Namun tetap saja itu berarti lebih banyak anak harus bertempur di ujian nasional untuk memasuki sekolah-sekolah terbaik.

http://www.suarapembaruan.com/home/inilah-ramalan-shio-anda-di-tahun-naga-air/16292#Scene_1

Inilah Ramalan Shio Anda di Tahun Naga Air
Sabtu, 21 Januari 2012 | 8:59

Ilustrasi Tahun Naga Air [google]Ilustrasi Tahun Naga Air [google]

 [PONTIANAK] Pada tahun 2012 ini, adalah tahun bagi NAGA DALAM HUJAN. Suhu Hengky mengatakan, Orang yang dilahirkan terhitung 4 februari 2012 maka dirinya akan diberkahi kekuatan naga dalam hujan dan berunsur air mengalir.  

Untuk mencapai kesuksesan dalam tahun ini maka harus melakukan berbagai cara yaitu

1.     Lakukanlah perubahan ke arah perbaikan

2.     Harus percaya diri dengan kemampuan sendiri dan harus lebih berhati-hati

3.     Harus tahu kapan harus bertindak cepat, kapan harus berhenti, serta kapan harus mengevaluasi pekerjaan.

4.     Selalu pelajari permasalahan dengan teliti dan ukur kemampuan diri anda. Kalau permasalahannya tidak jelas, sebaiknya tunda saja rencana anda.

5.     Harus bisa menahan diri dan mengendalikan emosi. Jangan membesar-besarkan urusan yang tidak selalu bisa diselesaikan dengan cara damai/mudah.  

Warga Shio Tikus di tahun Naga Air :akan mengalami naik pamor karena banyak mendapat banyak kesempatan baik dan usaha juga lancar. Kesempatan ditahun Naga Air dapat diwujudkan dengan cara kerja keras dan bersikap hati-hati dalam mengambil keputusan penting.

Tahun ini akan banyak mengalami godaan yang bisa berakhir dengan polemik percintaan yang merugikan. Kalau ada problem keluarga , solusi yang terbaik adalah melakukan introspeksi diri.

Warga Shio Kerbau ditahun Naga Air : akan banyak mengalami tekanan yang cukup berat. Segala keputusan dan tindakan yang dikerjakan sering mendapat gangguan dari orang-orang yang iri hati terhadap anda. Urusan yang mudah sering berubah menjadi rumit hingga menuju jalan buntu. Kalau mengambil keputusan tidak dengan sikap hati-hati maka menimbulkan kerugian dibidang karier dan rejeki bahkan hingga ke jalur hukum.  

Warga Shio Macan di tahun Naga Air: keberuntungan sedang tidak memihak artinya warga xio macan kurang mendapat bantuan dari teman dan kerabat serta famili. Kalau ingin mendapat sesuatu atau sukses harus mengandalkan kecerdikan dan kekuatan dari diri sendiri.

Tahun ini tidak terlalu menggembirakan bagi warga xio macan wanita, kemungkinan ada berita sedih atau dilanda hal yang kurang baik. Jika tidak penting sebaiknya hindari melayat  orang meninggal atau menjenguk orang sakit keras. Hindari sikap emosional anda karena akan mengundang perselisihan, disaat situasi kurang baik jangan terburu-buru mengambil keputusan agar tidak memperumit keadaan.

Warga Kelinci di tahun Naga Air :termasuk Xio yang kurang baik dan banyak mengalami kerugian di tahun ini, harus bisa menjaga diri dari berbagai kemungkinan yang merugikan.

Karier dan usaha banyak mengalami hambatan oleh orang-orang yang iri atau tidak senang. Walau demikian, warga Xio Kelinci masih disinari Bintang Matahari ( Thai Yang ) sehingga ada perlindungan untuk meraih keberuntungan. Warga kelinci di tahun Naga Air harus meningkatkan kewaspadaan, menumbuhkan semangat pantang menyerah serta tekun melaksanakan pekerjaan  atau tantangan.  

Warga Shio Naga ditahun Naga Air :Keberuntungan belum memihak pada warga Xio Naga. Pada Tahun Naga Air akan banyak mengalami konflik batin yang bisa berasal dari lingkungan kerja atau keluarga. Semangat juang dan gairah hidup juga turun.

Hati-hati ada jebakan dan pengkhianatan yang merugikan karier. Bersikap waspada, jangan terlalu mengikuti kata hati. Daripada mengalami tekanan batin, lebih baik cari kesibukan yang berguna atau bermanfaat. Dalam melaksanakan pekerjaan harus berhati-hati agar terhindar dari benturan dan kecelakaan termasuk saat berkendara.  

Warga Shio Ular di Tahun Naga Air :cukup baik dalan segala hal tetapi jangan cepat puas dengan sedikit keberhasilan dan kemudian mengabaikan atau meremehkan semua urusan kecil tapi penting. Kalau semua permasalahan tidak ditangani dengan baik, api kecil pun bisa membakar emosi sehingga terjadi perpecahan.   Warga Xio Ular harus mawas diri dalam pergaulan di sepanjang tahun ini terutama yang sudah berumah tangga, seperti lagu “awalnya biasa aja”, senandung lagu itu akan mengalun indah dalam relung hati dan pikiran hingga membuat mabuk asmara.  

Warga Shio Kuda di Tahun Naga Air : sangat baik karena bertemu dengan bintang perlindungan. Bagi yang bisa memanfaatkan peluang emas dari sisi karier semoga tahun ini bisa meningkat ke posisi yang lebih baik dan mapan.   Bagi Warga Xio Kuda yang tidak konsentrasi dan hanya memikirkan kesenangan, hidupnya akan semakin buruk baik dalam keluarga dan maupun kehidupannya.  

Warga Shio Kambing di tahun Naga Air :  berhati-hatilah, karena tahun 2012 banyak sekali benalu yang berdatangan, bilamana dituruti akan berakibat kehancuran masalah keuangan. Bagi warga xio kambing yang masih yang masih lajang, hendaklah menunda perkawinan demi kelangsungan bahtera rumah tangga berjalan mulus.  

Warga Shio Kera di tahun Naga Air :bintang keberuntangan warga xio kera kurang baik. Warga xio kera terlalu pelit dan amat perhitungan dalam pengeluaran uang, justru dalam tahun ini uang disimpanan akan mengalir keluar dengan sendirinya karena berbagai keperluan tak terduga tanpa bisa dicegah. Ibarat kran air yang ditutup rapat hingga sekian lama tak pernah dibuka, akhirnya kran berkarat dan membuka sendirinya.Banyak kendala yang dialami dalam usaha.  

Warga Shio Ayam di tahun Naga Air : Baik pria atau wanita dikarunia kekuatan baru untuk meraih rezeki keberuntungan serta keberhasilan, juga sukses melimpah. karena ayam dan naga memiliki hubungan yang serasi. Diharapkan warga xio ayam bisa secepatnya berbenah diri untuk mencari kesempatan yang baik disegala bidang.   Walalupun dilindungi bintang yang kuat, sebaiknya tetap berjaga diri/waspada. Bertindaklah berdasarkan kemampuan sendiri. Jangan mengikuti emosi . Apabila timbul keserakahan, semua keberuntungan yang seharusnya diraih bisa berubah menjadi petaka yang merugikan.  

Warga Shio Anjing di tahun Naga Air :merupakan posisi yang terburuk diantara ke 12 Xio dan tahun ini keberuntungan belum memihak dalam segala hal, baik karier, usaha, rumah tangga, dan kehidupan bermasyarakat. Bagi Warga shio Anjing hendak selalu waspada dalam masalah keuangan, kesehatan, rumah tangga. Untuk mengatasi berbagai masalah ini.

a menyarankan, sebaiknya jangan mengikuti emosi dengan begitu semua benturan dan masalah bisa dikecilkan bahkan bisa dilewati. Harus hati-hati mengambil suatu keputusan dan kerjakan terus apa yang merupakan bidang anda. Jangan spekulasi diluar kemampuan diri. Disarankan lakukan banyak amal, jika tidak penting jangan melayat kerumah duka atau menjenguk orang sakit keras.  

Warga Babi di tahun Naga Air : keberuntungan warga xio Babi cukup baik, tetapi pribadinya sering mengalami konflik kepentingan dengan internal keluarga sehingga mudah terjebak dalam dua pilihan yang sulit diputuskan, Sang Babi menduduki peringkat terakhir dari 12 Xio dan membawa lambang kemakmuran juga keharmonisan, makhluk ini ibarat buah manggis, kulitnya keras dalamnya manis.

Sepanjang tahun ini, warga xio Babi melangkah dihamparan jalan yang mulus dan hanya sedikit kerikil tajam yang wajib diwaspadai. Bintang nasib anda memancar terang dimana banyak peluang untuk memperoleh segala hal yang sudah sekian lama diharapkan, jangan abaikan kesempatan untuk  “ mendulang emas.” Tahun depan warga xio babi akan mengalami  tahun yang suram dan kelam, Suhu Hengky menyarankan agar ingat beramal dan berdoa.

Suhu Hengky menyarankan agar kita semua banyak beramal dan berdoa agar di Tahun Naga Air Hujan ini mendapatkan berkah dan keberuntungan yang berlimpah. Tuhan akan terus menjaganya, memberikan kesehatan dan melapangkan rezekinya.[146]

http://www.sinarharapan.co.id/content/read/imlek-dalam-perspektif-keseimbangan-alam/

21.01.2012 13:24

Imlek & Alam

Penulis : Aju

Imlek dalam Perspektif Keseimbangan Alam

Senin (23/1) mendatang, masyarakat Tionghoa di seluruh dunia merayakan Tahun Baru China yang biasa disebut Imlek. Seluruh rangkaian kegiatan Imlek ditutup secara lebih meriah pada 15 hari kemudian tiap tahunnya dengan sebutan Cap Goh Meh.

Cap Goh Meh pada 2012 jatuh pada Rabu (8/2). Dalam perspektif pariwisata dari seluruh rangkaian kegiatan Imlek yang paling mempunyai nilai jual tinggi adalah Cap Goh Meh.

Di Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) yang penduduknya mayoritas etnis Tionghoa pasti merayakan Cap Goh Meh setiap tahun. Bahkan, kegiatan ini sudah masuk kalender pariwisata internasional. Pemesanan kamar hotel sudah penuh sejak November 2011 menjelang perayaan itu.

Permainan tatung dan barongsai menjadi salah satu daya tarik tersendiri pada setiap Perayaan Cap Goh Meh di Singkawang, Kalbar. Ratusan ribu manusia tumpah di jalan, menyaksikan atraksi permainan seru para tatung.

Wisatawan terhipnotis, kagum menyaksikan para tatung memperagakan kebolehannya memainkan benda-benda tajam menusuk hidung, telinga, dan mulut tapi tidak mengeluarkan darah.

Dalam sekejap, setelah seluruh rangkaian ritual dinyatakan selesai, para tatung pulih kembali dengan tidak meninggalkan bekas luka sama sekali di sekujur tubuh.

Dalam kalender Tionghoa, Imlek 2012 masuk di dalam tahun atau Shio Naga. Naga kali ini disebut tahun Naga Air karena batang langit berunsur air positif (Ren) dan cabang Bumi berunsur tanah positif (Chen). Istilah akademik pada ilmu feng shui disebut tahun Ren Chen.

Batang langit air positif dengan cabang Bumi tanah positif memiliki hubungan yang destruktif. Ini karena tanah membendung air sehingga tahun ini memberikan gambaran adanya ketidakharmonisan dalam kehidupan di Bumi. Namun, ketidakharmonisan ini relatif lebih baik dibanding tahun Kelinci Logam pada 2011.

Pakar feng shui mengilustrasikan di tahun Naga Air ini bahaya relatif mengancam, bukan hanya datang dari pertikaian yang melibatkan senjata, melainkan lebih bersifat alamiah seperti gempa dan banjir. Ini karena Chen (Naga) juga melambangkan gudang air.

Pada 2012, Pakar Feng Shui memperkirakan curah hujan masih akan tinggi hingga akhir April atau awal Mei dan akan sangat besar pada November serta Desember, sedangkan gempa perlu diwaspadai pada Juli dan Oktober.

Tahun ini, angka feng shui yang berjalan adalah angka enam yang melambangkan logam positif yang mencerminkan kewibawaan, karisma, dan pemimpin yang tegas. Dengan demikian, mudah-mudahan para pemimpin tidak menyia-nyiakan efek positif dari tahun ini untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

Keseimbangan Ekosistem

Sektor terbaik untuk tahun ini adalah sektor barat yang kedatangan bintang nomor delapan yang memberikan efek positif untuk kesejahteraan.

Anda yang memiliki rumah yang menghadap ke barat dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk meningkatkan pemasukan keuangan. Lalu, sektor timur laut mendapat bintang nomor sembilan yang memberikan efek datangnya banyak kesempatan bagus.

Namun perlu kejelian dalam memilih kesempatan-kesempatan tersebut agar mendapatkan hasil yang paling optimal. Lainnya, sektor selatan mendapat bintang nomor satu yang memberikan efek kebijaksanaan dan kreativitas. Bagi yang memiliki rumah menghadap arah selatan dapat memanfaatkan hadirnya bintang bagus ini untuk meningkatkan kesejahteraan.

Rumah yang menghadap arah utara perlu menjalankan gaya hidup sehat agar energi penyakit yang dibawa oleh bintang nomor dua tidak melumpuhkan aktivitas.

Wali Kota Singkawang, Hasan Karman alias Bong Sau Fan mengatakan, Imlek pada 2012 diilustrasikan sebagai shio Naga dan dikaitkan dengan situasi konkret di Tanah Air. Bencana alam datang silih berganti akibat curah hujan yang relatif tinggi. Kondisi itu dapat menjadi bahan perenungan semua pihak.

Perenungan dalam perspektif pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem agar bencana alam tidak terus-menerus mengusik ketenangan dan kenyamanan umat manusia. Puluhan nyawa orang tidak berdosa akibat bencana banjir di sejumlah daerah di awal tahun 2012, telah mengundang keprihatinan banyak pihak.

Hukum toleransi ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik. Dengan demikian, aliran energi menuju suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme.

Matahari sebagai sumber dari semua energi yang ada. Dalam ekosistem, organisme dalam komunitas berkembang bersama-sama dengan lingkungan fisik sebagai suatu sistem.

Kehadiran, kelimpahan, dan penyebaran suatu spesies dalam ekosistem ditentukan oleh tingkat ketersediaan sumber daya serta kondisi faktor kimiawi dan fisis yang harus berada dalam kisaran yang dapat ditoleransi oleh spesies tersebut. Inilah yang disebut dengan hukum toleransi.

Seekor panda memiliki toleransi yang luas terhadap suhu, namun memiliki toleransi yang sempit terhadap makanannya, yaitu bambu. Panda dapat hidup di ekosistem dengan kondisi apa pun asalkan dalam ekosistem tersebut terdapat bambu sebagai sumber makanannya.

“Berbeda dengan makhluk hidup yang lain, manusia dapat memperlebar kisaran toleransinya karena kemampuannya untuk berpikir, mengembangkan teknologi, dan memanipulasi alam. Sayangnya, karena terjebak kerakusan ekonomi, manusia akhirnya kurang bijak dalam memandang pentingnya keseimbangan ekosistem, sehingga bencana alam pun datang,” kata Hasan Karman menambahkan.

About these ads

1 Response to “Perekonomian : Ekonomi Indonesia Tahun Naga 2012”



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 2,157,092 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 118 other followers

%d bloggers like this: